Ternyata Penyebab Vaginitis Adalah Hal Berikut Ini

vaginitis adalah

Penyakit vaginitis adalah penyakit yang ditandai dengan gejala keputihan berbau tidak sedap. Keputihan yang keluar dari vagina dan menyebabkan rasa gatal. Keputihan ini terjadi akibat adanya peradangan pada bagian vagina. Hampir setiap wanita mengalami keputihan, namun yang perlu diwaspadai dari gejala keputihan ini adalah warna serta tekstur cairan keputihannya. Jika keputihan normal cairannya tidak berbau dan tidak kental, maka gejala vaginitis adalah keputihan dengan bau tidak sedap dan dapat menyebabkan vagina gatal.

Penyebab vaginitis salah satunya adalah penyakit menular seksual. Jika vaginitis terjadi pada ibu hamil, maka harus segera diobati, pasalnya vaginitis dapat menyebabkan pertumbuhan bayi tidak maksimal dan risiko melahirkan prematur. Selain karena penyakit menular seksual, vaginitis juga dapat disebabkan oleh adanya perkembangan jamur yang terlalu banyak pada vagina. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai gejala maupun penyebab vaginitis, mari simak penjelasannya berikut ini.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Faktor Penyebab Vaginitis

Vaginitis adalah salah satu dari beberapa gangguan kesehatan yang dapat terjadi karena penyakit menular seksual. Selain karena penyakit menular seksual, berikut beberapa faktor penyebab yang dapat memicu terjadinya vaginitis:

  • Penyakit menular seksual klamidia, herpes kelamin, dan trikomoniasis.
  • Penipisan dinding vagina akibat menopause maupun operasi histerektomi.
  • Adanya infeksi jamur pada vagina.
  • Alergi maupun iritasi yang diakibatkan oleh penggunaan produk pembersih organ kewanitaan.

Sebenarnya, penyebab utama penyakit vaginitis adalah karena infeksi bakteri, namun akan lebih sering terjadi akibat faktor berikut ini:

  • Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
  • Mengontrol kehamilan dengan KB spiral.
  • Perubahan hormon yang terjadi karena mengonsumsi pil KB maupun akibat kehamilan.
  • Efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Memakai celana dalam yang ketat dan lembab.

Selain faktor di atas, penderita diabetes juga lebih rentan terkena vaginitis, jika Anda merasa memiliki faktor tersebut, waspadailah penyakit vaginitis ini dengan mengetahui gejala yang mungkin muncul.

vaginitis adalah

Gejala- Gejala Vaginitis

Agar dapat mendeteksi penyakit vaginitis, paling tidak kita harus mengenal gejala penyakit vaginitis. Gejala yang biasa muncul di antaranya adalah:

  • Keluarnya cairan dari vagina yang berbau tidak sedap.
  • Cairan yang keluar banyak .
  • Rasa sakit ketika buang air kecil.
  • Rasa sakit ketika berhubungan seksual.
  • Iritasi yang menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman pada area sekitar vagina.
  • Keluar bercak darah maupun pendarahan.

Gejala yang diderita oleh setiap wanita tidak selalu sama, jadi ada kemungkinan ada gejala lain yang mungkin muncul pada penderita vaginitis. Untuk gejala keluarnya cairan dari vagina, biasanya warnanya tergantung dari penyebab vaginitis itu sendiri. Untuk lebih yakin gejala yang Anda temui merupakan gejala vaginitis atau tidak, lakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis penyakit yang Anda alami. Periksakan ke Klinik Utama Sentosa yang merupakan salah satu klinik kelamin terbaik di Jakarta.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Solusi Untuk Mengobati Vaginitis

Secara umum, vaginitis adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, namun adanya penyakit menular seksual maupun virus bisa menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mengobati vaginitis, tentu perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya, pengobatan vaginitis harus disesuaikan dengan penyebab vaginitis itu sendiri. Apalagi gejala yang muncul juga biasanya berbeda tergantung dari penyebabnya.

Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pengobatan dengan menggunakan antibiotik mungkin akan dibutuhkan. Untuk pengobatannya, Anda tidak usah khawatir. Serahkan saja pada dokter kami, yang terpenting Anda melalukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mendiagnosis penyebab vaginitis yang Anda alami. Gejala vaginitis adalah hal yang mengganggu kenyamanan kita. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai vaginitis, gejala, penyebab, hingga pengobatannya, silahkan datang  ke klinik kami, atau hubungi layanan hotline kami di nomor 081366657878.

77040cookie-checkTernyata Penyebab Vaginitis Adalah Hal Berikut Ini

Bagikan Artikel ini :

  • tombol share ke instagram