Ketahui, Kelamin Wanita Gatal Gejala dari Vaginitis

kelamin wanita gatal

Kelamin wanita gatal bisa mengindikasikan adanya penyakit vaginitis di dalam tubuh. Vaginitis merupakan inflamasi atau infeksi yang terjadi pada organ kelamin wanita. Penyakit ini mengakibatkan adanya pembengkakan, rasa gatal, dan perih di daerah yang meradang. Gejala lain yang menyertai penyakit ini adalah keputihan, muncul bau tidak sedap, pendarahan ringan, dan sakit saat seks atau buang air kecil.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Bagaimana Gejala Penyakit Vaginitis Pada Wanita?

Penyakit vaginitis yang mengakibatkan kelamin wanita gatal disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau jamur, penyakit menular seksual, dan iritasi akibat bahan kimia. Selain kelamin wanita gatal, gejala dapat dibedakan berdasarkan faktor penyebabnya, seperti vaginosis bakterialis, trikomoniasis, kandidiasis vulvavagina, dan vagina atrofi. Penjelasan mengenai gejala penyakit berdasarkan penyebabnya, adalah sebagai berikut:

  • Vaginosis bakterialis

Gejala penyakit vaginitis yang disebabkan oleh vaginosis bakterialis, dapat berupa muncul bau amis yang tidak sedap, keluarnya cairan dari organ kelamin berwarna keabuan, serta kelamin wanita gatal. Namun, penyakit akibat vaginosis bakterialis terkadang tidak menimbulkan nyeri maupun kemerahan pada area sekitar organ kelamin.

  • Trikomoniasis

Infeksi yang disebabkan oleh trikomoniasis akan menyebabkan munculnya bau menyengat yang busuk, keluar cairan berbusa dari organ kelamin dengan warna kuning kehijauan, rasa sakit ketika melakukan berhubungan seksual, muncul kemerahan akibat iritasi, dan terasa sakit saat buang air kecil.

  • Kandidiasis vulvavagina

Gejala yang disebabkan oleh kandidiasis vulvagina adalah adanya rasa gatal pada area kemaluan serta muncul luka bekas garukan. Tak hanya itu, gejala lain yang akan ditemukan, yakni kemerahan pada kulit, rasa terbakar di area kelamin, sakit ketika buang air kecil, dan keluarnya cairan berwarna putih serta kental dari organ kelamin.

  • Vaginitis atrofi

Gejala yang akan muncul karena penyebab dari vaginitis atrofi adalah iritasi serta kemerahan. Keluhan ini banyak dirasakan oleh penderitanya saat menopause terjadi. Selain itu, gejala lain yang akan dirasakan, dapat berupa nyeri ketika berhubungan seksual akibat kondisi organ kelamin yang kering.

kelamin wanita gatal

Diagnosis Serta Penanganan Penyakit Vaginitis

Diagnosis yang dilakukan dokter pada kelamin wanita gatal adalah dengan menanyakan gejala yang dirasakan dan riwayat penyakit penderita vaginitis. Pemeriksaan lain yang mungkin dilakukan dokter biasanya berupa pengambilan sampel cairan dari organ kelamin wanita. Hal ini dilakukan guna mengidentifikasikan jenis organisme yang menginfeksi daerah sekitar organ kelamin. Setelah hasil diagnosis diketahui, langkah penanganan yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Antibiotik, merupakan obat pilihan yang disarankan dokter untuk menangani penyakit vaginitis akibat infeksi bakteri.
  • Antijamur, biasanya diberikan pada penderita penyakit vaginitis yang disebabkan oleh infeksi dari jamur.
  • Terapi pengganti hormon, diberikan jika penyakit vaginitis diakibatkan oleh menurunnya kadar hormon estrogen.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Konsultasikan Penyakit dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik pada gejala kelamin wanita gatal dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, proses penyembuhan dapat berlangsung dengan cepat karena ditangani oleh dokter berpengalaman serta berkompeten di bidangnya.

Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis serta dengan biaya perawatan yang cukup terjangkau. Salah satu keunggulan dari Klinik Utama Sentosa, yakni layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lengkap mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

74620cookie-checkKetahui, Kelamin Wanita Gatal Gejala dari Vaginitis