Cegah Bahayanya Dengan Menghindari Penyebab Vaginitis

penyebab vaginitis

Mengetahui penyebab vaginitis dapat membantu kita untuk menghindari bahayanya. Vaginitis dapat disebabkan oleh jamur, bakteri, virus, maupun parasit. Gejala yang mungkin dialami oleh penderita vaginitis adalah keputihan abnormal dan beberapa gangguan pada bagian vagina.

Untuk mengobati vaginitis, maka harus diketahui terlebih dahulu penyebab vaginitis tersebut. Pasalnya banyak hal yang menjadi penyebab vaginitis. Vaginitis ini dapat menyebabkan berbagai gangguan buang air kecil jika tidak segera diobati. Pengobatan yang digunakan juga harus tepat agar tidak menyebabkan berbagai bahaya yang akan memperburuk gejala yang dialami.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apa Itu Vaginitis?

Vaginitis merupakan kondisi pembengkakan yang terjadi di bagian vagina yang disebabkan oleh infeksi. Penyebab infeksi ini bisa bakteri, bisa juga virus. Vaginitis merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada wanita. Vaginitis ini dapat diderita oleh wanita berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebenarnya vaginitis ini merupakan gangguan kesehatan yang umum pada wanita, hanya saja tingkat keparahan yang dialami oleh setiap orang berbeda-beda.

Pasalnya untuk yang belum terlalu parah, vaginitis sering terjadi dan sembuh sendiri, makanya banyak wanita yang mengabaikan gejalanya. Vaginitis ini jika sudah parah memang tidak boleh kita abaikan. Jadi kalau memang gejala yang dialami sudah parah, sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mencegah adanya gangguan kesehatan yang lebih menggangu.

Apa Saja Penyebab Vaginitis?

Vaginitis dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, virus, maupun parasit. Berikut ini beberapa faktor penyebab yang dapat menyebabkan terjadinya vaginitis:

  • Trikomoniasis

Yang menyebabkan adanya infeksi ini adalah bakteri bernama Trichomonas vaginalis. Keluarnya cairan keputihan agak kehijauan merupakan gejala yang muncul pada penderita vaginitis yang disebabkan oleh hal ini. Nyeri di bagian perut serta keluarnya bercak darah di vagina juga bisa dialami oleh penderita vaginitis yang disebabkan oleh bakteri ini.

  • Bakterial vaginosis

Selain itu ada juga bakteri gardnerella vaginalis yang juga dapat menyebabkan adanya infeksi pada vagina. Biasanya keluarnya cairan ini disertai adanya rasa nyeri dan juga gatal pada alat kelamin. Keputihan kehijauan yang berbau amis menjadi salah satu tanda vaginitis karena bakteri ini. Rasa nyeri sekaligus gatal juga dirasakan saat buang air kecil.

Selain infeksi oleh kedua bakteri di atas yang dapat menjadi penyebab vaginitis bisa juga penyakit menular seksual. Gonore, sipilis, HIV, dan herpes merupakan penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan adanya gejala vaginitis. Jika vaginitis disebabkan oleh PMS, maka jangan remehkan gejala yang muncul. Segera lakukan pemeriksaan di klinik agar infeksinya tidak menyebar ke organ yang lain. Jika sudah terjadi komplikasi, maka akan lebih sulit untuk disembuhkan.

penyebab vaginitis

Gejala Terkena Vaginitis

Saat seseorang terkena vaginitis, biasanya muncul beberapa gejala vaginitis seperti berikut ini:

  • Rasa nyeri saat berhubungan intim.
  • Rasa gatal di arena vagina.
  • Keluarnya cairan atau biasa kita sebut juga dengan keputihan abnormal yang bentuknya bisa saja berbeda antara satu orang dengan orang lainnya tergantung dari penyebab vaginitisnya.
  • Vagina berbau tidak sedap.
  • Terdapat luka di bagian vagina.
  • Rasa nyeri dan seperti terbakar pada organ kewanitaan.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Bagaimana Mengobati Vaginitis?

Untuk mengobati vaginitis, hal terpenting yang harus diketahui adalah penyebab vaginitis. Dari penyebabnya, metode yang dilakukan untuk mengobati vaginitis baru bisa ditentukan. Pengobatan yang dilakukan juga sebaiknya dilakukan sesuai dengan saran dokter. Pengobatan yang kurang tepat hanya akan menghambat proses penyembuhan vaginitis.

Untuk mengetahui penyebab vaginitis sekaligus cara mengobatinya, silahkan konsultasikan keluhan maupun gejala yang Anda alami dengan dokter. Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Sentosa dengan dokter kami atau dengan menggunakan layanan hotline gratis melalui nomor 081366657878.

76190cookie-checkCegah Bahayanya Dengan Menghindari Penyebab Vaginitis