Cairan Kental dari Vagina? Ini Penyebabnya

Keluar cairan kental dari vagina klinik utama sentosa

Klinik kami merupakan solusi mengatasi keluar cairan kental dari vagina di Klinik Utama Sentosa. Sebagai kondisi fisiologis normal, keluar cairan kental atau keputihan kental seringkali menjadi indikator kesehatan reproduksi. Selain keputihan kental, ada beberapa tanda yang mengindikasikan adanya masalah pada organ reproduksi seperti keputihan berwarna hijau atau kuning, berbau busuk, atau volumenya yang berlebihan. Keputihan dengan ciri semacam itu, terutama jika keputihan tersebut sangat berbeda dengan yang biasanya dialami.

Cairan kental dari vagina itu normal?

Keluar cairan kental dari vagina bisa berbeda antara wanita yang satu dengan yang lain dan coraknya sangat ditentukan oleh siklus menstruasi bulanan mereka. Cirinya juga bisa berbeda-beda, di antaranya  tidak berbau atau aromanya lemah, kental atau tampak encer, dan warnanya bisa bervariasi dari putih bening hingga coklat. Variasi warna semacam itu dengan konsistensi dan tekstur biasanya dikaitkan dengan kadar hormon dan kondisi tubuh  orang bersangkutan saat itu, dan tentunya dipengaruhi juga siklus menstruasi. Pada sebagian wanita, keputihan juga bisa tampak agak kekuningan namun itu masih normal mengingat banyak hal yang mempengaruhinya, tetapi dengan catatan selama tidak disertai dengan rasa gatal, tidak nyaman, atau aroma tidak sedap. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi kami untuk mendapatkan perawatan keluar cairan kental dari vagina di Klinik Utama Sentosa.

Beberapa indikasi cairan kental berkaitan dengan kondisi reproduksi

Keputihan yang mengalir keluar tampah tipis dan melar biasanya menunjukkan wanita bersangkutan sementara subur, karena menunjukkan adanya pelepasan sel telur dari indung telur. Sementara bila keputihan yang keluar cenderung tebal dan warnanya putih menunjukkan bahwa serviks dalam kondisi tidak subur.

Terlepas dari hal itu semua, keputihan membantu jaringan vagina tetap lentur, terlindungi dari infeksi kuman dan sehat. Selama sekresi tidak disertai dengan gejala-gejala yang menggelisahkan misalnya warnanya berbeda dengan biasanya, muncul ruam, gatal, bau busuk, rasa nyeri, atau memerah, keputihan masih disebut normal.

Alasan patologis keluar cairan kental dari vagina

Selain karena kondisi fisiologis, keputihan kental juga bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu pada organ reproduksi, terlebih jika keputihan kental tersebut warnanya tampak berbeda, disertai rasa gatal, dan jumlahnya berlebihan. Berikut ini masalah yang mungkin mengakibatkan keputihan kental.

  • Penyakit menular seksual (PMS)

Keputihan yang kental bisa jadi merupakan akibat adanya penyakit menular seksual. Ada berbagai penyakit menular seksual dan karena itu, dan salah satu gejala yang mungkin dialami karena penyakit menular seksual adalah keputihan kental, aroma busuk dan disertai dengan berbagai gejala keputihan patologis.

  • Infeksi jamur

Penyebab lain yang mungkin adalah karena adanya infeksi jamur. Efek dari infeksi jamur bisa berupa keputihan yang kental, jumlahnya berlebih, aroma busuk dengan beberapa gejala patologis lain.

  • Alergi

Keputihan yang kental dan jumlahnya berlebih juga bisa jadi karena penggunaan alat kontrasepsi. Alergi vagina terhadap penggunaan alat kontrasepsi bisa tampak melalui keputihan patologis.

  • Kondom

Kondom dipakai untuk mencegah kehamilan atau untuk melindungi diri dari infeksi menular seksual. Namun sebagian wanita justru alergi terhadap kondom terlebih yang dengan aroma wangi. Respon terhadap kondom bisa muncul melalui sekresi vagina yang kental dan berlebih.

  • Infeksi saluran kemih (ISK)

ISK mungkin menjadi salah satu alasan timbulnya keputihan yang tidak wajar. Ketidakwajaran itu bisa tampak melalui jumlahnya yang berlebih, kental, bau tidak sedap dengan warna tertentu.

Apabila timbul gejala tertentu pada organ kelamin Anda, segeralah konsultasikan dengan dokter agar mendapat diagnosis yang pasti terkait penyakit Anda. Hal ini sangat penting mengingat banyaknya faktor yang bisa menyebabkan keluar cairan kental dari vagina.

Penanganan khusus terhadap masalah keluar cairan kental dari vagina di Klinik Utama Sentosa bisa Anda dapatkan dengan datang langsung ke tempat kami. Salah satu klinik ternama dan terpercaya di Jakarta. Anda juga bisa menghubungi kami di nomor 081366657878 atau dengan melakukan konsultasi secara online dengan petugas kesehatan kami.

241360cookie-checkCairan Kental dari Vagina? Ini Penyebabnya