Benarkah Penyebab Vagina Sering Gatal Adalah Vaginitis?

penyebab vagina sering gatal

Penyebab vagina sering gatal biasanya akibat adanya infeksi dari jamur, parasit, bakteri, ataupun virus. Vaginitas merupakan peradangan organ kelamin wanita atau vagina yang mengakibatkan pembengkakan, gatal, serta perih. Kebanyakan wanita pernah mengalami vaginitis setidaknya sekali dalam hidupnya. Penyakit vaginitis ini sendiri bisa terjadi di usia berapapun, namun lebih sering diderita oleh wanita muda yang telah aktif secara seksual.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Tanda dan Gejala Umum dari Penyakit Vaginitis

Gejala penyakit vaginitis yang muncul dapat dibedakan menjadi berbagai macam sesuai faktor penyebabnya. Vaginitis biasnaya dibedakan berdasarkan faktor penyebab, seperti vaginosis bakterialis, trikomoniasis, kandidiasis vulvavagina, dan vagina atrofi. Beberapa gejala berdasarkan penyebab timbulnya penyakit vaginitis yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Vaginosis bakterialis

Gejala akibat faktor penyebab vagina sering gatal satu ini ditandai bau amis yang tidak sedap, keluarnya cairan dari organ kelamin yang berwarna keabuan, sering menyebabkan gatal pada kemaluan. Meskipun begitu, terkadang penderitanya juga tidak merasakan nyeri ataupun kemerahan pada area organ kelamin.

2. Trikomoniasis

Tanda akibat adanya bakteri trikomoniasis pada vaginitis, antara lain munculnya bau menyengat yang busuk, adanya cairan berbusa dari organ kelamin serta memiliki warna kuning kehijauan, rasa nyeri ketika berhubungan seksual, muncul kemerahan akibat iritasi, serta rasa sakit ketika buang air kecil.

3. Kandidiasis vulvavagina

Penyebab vagina sering gatal satu ini akan mengakibatkan munculnya rasa gatal pada kemaluan serta luka bekas garukan. Selain itu, gejala lain juga bisa ditemukan berupa kemerahan, rasa terbakar pada area kelamin, sakit saat buang air kecil, keluarnya cairan dari organ kelamin yang berwarna putih dan kental.

4. Vaginitis Atrofi

Gejala akibat faktor penyebab vagina sering gatal adalah iritasi dan kemerahan. Keluhan ini banyak dirasakan saat menopause terjadi. Selain itu, Anda juga akan merasakan nyeri saat berhubungan seksual karena kondisi organ kelamin yang kering, keluarnya cairan kuning kehijauan dan berbau tidak sedap dari organ kelamin.

penyebab vagina sering gatal

Penyebab Vaginitis Serta Cara Pengobatannya

Utamanya, penyebab vagina sering gatal adalah akibat beberapa hal, seperti bacterial vaginosis, infeksi jamur, trichomoniasis, dan vaginitis non infeksius. Jika rasa gatal yang dirasakan semakin intensif, maka segera periksakan bersama dokter ahli agar penyebab pasti dan cara perawatan bisa diketahui. Untuk mengobati penyakit vaginitis, dokter biasanya akan memeriksakan tanda-tanda serta riwayat medis yang penderita miliki.

Dokter akan memberikan resep obat antibiotik guna mengurangi rasa gatal serta menghilangkan gejala penyakit secara total atau tidak kambuh. Selain dengan obat, dokter juga menyarankan beberapa pengobatan rumahan. Anda bisa melakukan perawatan secara mandiri dengan cara menggunakan pengobatan penyakit vaginitis yang dikhususkan untuk infeksi jamur. Lalu, Anda juga bisa menempelkan kompres dingin, seperti handuk pada area labial guna meredakan rasa tidak nyaman.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Lakukan Pemerikaan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebab vagina sering gatal pada wanita dapat ditangani dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan maksimal karena peralatan yang digunakan sudah canggih serta berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, seperti layanan konsultasi online. Melalui konsultasi, Anda bisa mengetahui penyebab vagina sering gatal secara pasti dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda dapat berkonsultasi atau segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

199530cookie-checkBenarkah Penyebab Vagina Sering Gatal Adalah Vaginitis?