Apa Penyebab Vagina Gatal Gatal dan Sakit?

penyebab vagina gatal gatal

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab vagina gatal gatal. Faktor ini merupakan penentu dari pengobatan yang perlu dilakukan untuk mengatasi gangguan gatal-gatal tersebut. Bagaimanapun, gatal pada vagina merupakan hal yang menjengkelkan. Selain mengganggu kenyamanan, hal tersebut juga mengurangi rasa percaya diri karena rasa gatal yang muncul sewaktu-waktu. Terlebih jika gatalnya muncul saat Anda sedang berada di tempat umum.

Vagina yang gatal dapat diatasi dengan menggunakan cara yang alami maupun cara medis tergantung dari penyebabnya. Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun infeksi virus. Rasa gatal jika tidak segera digaruk akan sangat mengganggu. Namun menggaruk kulit yang gatal juga dapat memicu terjadinya iritasi. Jadi, langkah terbaik untuk mengatasi gatal adalah dengan mengatasi penyebabnya. pasalnya ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab vagina gatal gatal bahkan terkadang terasa sakit. Gatal pada vagina dapat menjadi tanda dari gangguan yang remeh hingga yang serius. Untuk mencegah adanya gangguan gatal pada vagina, sebaiknya simak informasi mengenai gatal pada vagina berikut ini.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Berbagai Jenis Penyebab Vagina Gatal

Penyebab vagina gatal gatal mulai dari yang ringan hingga yang paling bahaya biasanya disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

Dampak setelah bercukur


Mencukur rambut vagina merupakan hal yang wajar bagi wanita. setelah rambut vagina dicukur, biasanya akan menyebabkan vagian terasa gatal. Selain akibat pertumbuhan kembali rambur vagina, rasa gatal tersebut juga dapat muncul akibat cara mencukur yang salah maupun penggunaan alat cukur yang kurang bersih. Kulit vagina merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif. Gatal pada vagina akibat aktivitas mencukur vagina ini dapat menyebabkan vagina gatal dan memerah.


Infeksi jamur


Penyebab vagina gatal gatal yang satu ini merupakan penyebab yang paling umum dari gejala gatal pada vagina. Normalnya di sekitar vagina terdapat jamur candida albicans yang merupakan jamur baik. Namun, jika jamur ini berkembang biar hingga jumlahnya terlalu banyak, maka dapat menyebabkan infeksi. Pemicu perkembang biakan jamur albicans yang melebihi batas ini di antaranya adalah menurunnya daya tahan tubuh, perubahan hormon saat sedang hamil, konsumsi obat antibiotik, maupun akibat berhubungan seksual. Gejala vagina gatal akibat infeksi jamur biasanya disertai dengan gejala keputihan tidak normal. Kondisi ini juga kerap dikenal dengan kandidiasis.


Bacterial vaginosis


Berikutnya ada penyebab vagina gatal gatal, bacterial vaginosis (BV). BV juga termasuk salah satu penyebab gatal pada vagina yang sering ditemui. BV merupakan hasil dari peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri ini dapat merubah pH vagina. Penyebab lain dari BV ini adalah melakukan seks tanpa pengaman serta melakukan douching untuk membersihkan vagina. Penyebab vagina gatal gatal ini biasanya sering ditemui pada wanita berusia subur, namun bisa juga menyerang wanita dalam rentang usia lain. Gejala yang dialami oleh penderita gatal vagina akibat BV di antaranya adalah keputihan tidak normal dimana cairan keputihannya berwarna dan berbau busuk.


Penyakit kelamin


Penyakit menular seksual juga dapat menjadi penyebab vagina gatal gatal. Ada banyak jenis penyakit kelamin, dan yang dapat menyebabkan gejala gatal pada vagina di antaranya adalah klamidia, trikomoniasis, gonore, serta herpes genital. Penyakit kelamin ini dapat terjadi akibat berhubungan seksual yang tidak menggunakan pengaman. Wanita yang berhubungan seksual sejak usia dibawah 25 tahun juga paling rentan mengalami penyakit ini terutama yang hobi bergonta ganti pasangan seksual.
Selain keempat penyebab tersebut, gatal pada vagina juga dapat disebabkan oleh faktor lain. di antaranya adalah eksim. Apa itu eksim? Eksim merupakan sebuah penyakit kulit yang merupakan salah satu penyebab vagina gatal gatal. Gejala yang dialami penderita penyakit eksim, di antaranya adalah kulit yang kering serta rasa gatal yang tidak tertahankan. Rasa gatalnya semakin parah saat malam hari. penderitanya juga dapat mengalami penebalan pada kulit dan bersisik. Hal ini dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan bahkan bengkak akibat digaruk. Kondisi lainnya yang dapat menjadi penyebab vagian gatal gatal adalah psoriasis. Psoriasis ditandai dengan gejala plak maupun inverse. Gejala yang terlihat akibat psoriasis di antaranya yaitu kulit memerah dan terlihat mengencang. Gangguan pada kulit ini dapat diatasi dengan menggunakan obat oles untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan.

penyebab vagina gatal gatal

Vagina Gatal Akibat Vaginitis

Pernahkah Anda mendengar mengenai vaginitis? Jika belum, maka vaginitis ini merupakan salah satu gangguan kesehatan pada vagina yang menyebabkan rasa gatal pada vagina. Penyebab vagina gatal gatal akibat vaginitis merupakan penyakit menular seksual. Gangguan kesehatan pada vagina ini juga menyebabkan vagina selalu memproduksi cairan secara alami atau mengalami keputihan. Kondisi ini sebenarnya disebabkan oleh adanya peradangan vagina yang disebabkan oleh infeksi menular seksual. gejala lain yang yang dapat dialami oleh penderita vaginitis selain rasa gatal pada vagina adalah keputihan tidak normal. Cairan yang keluar dari vagina berwarna dan berbau tidak sedap. Tak hanya itu, penderitanya juga akan mengalami rasa nyeri dan sakit saat sedang berhubungan seksual.

Jika Anda menemukan gejala seperti di atas yang disertai kemerahan di area vagina dan pendarahan yang terjadi di luar waktu menstruasi, maka segeralah kunjungi dokter. Apalagi jika Anda telah mengalami gejala nyeri pada panggul disertai demam dan menggigil. Jangan tunggu hingga gejalanya memburuk. Anda yang suka bergonta ganti pasangan seksual sangat rentan terkena gangguan vaginitis ini. lakukan pemeriksaan secara rutin agar dapat mendeteksi vaginitis lebih cepat dan dapat segera mengatasi penyebab vagina gatal gatal akibat vaginitis.

penyebab vagina gatal gatal

Bagaimana Cara Mengatasi Vaginitis?

Untuk mencegah gejala sekaligus vaginitis, maka Anda perlu segera melakukan cara untuk mengatasi vaginitis. Vaginitis dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Jika penyebab dari vaginitis adalah bakteri, maka Anda dapat menggunakan obat antibiotik untuk mengatasi vaginitis. Sedangkan vaginitis yang disebabkan oleh jamur dapat diatasi dengan menggunakan obat antijamur. Penurunan hormon estrogen pada tubuh juga dapat menyebabkan terjadinya vaginitis pada wanita. jike penurunan hormon ini merupakan penyebab vagina gatal gatal, maka cara mengatasinya dapat dilakukan dengan menjalani terapi hormon. Bagi Anda yang belum pernah terkena vaginitis, bersyukurlah. Pasalnya gejala pada vaginitis ini cukup mengganggu.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Gangguan vaginitis dapat dicegah dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan vagina dengan baik. Selain itu, mengurangi penggunaan sabun maupun produk pembersih untuk membersihkan vagina merupakan salah satu hal yang dapat Anda lakukan. Biasakan untuk menggunakan pakaian dalam maupun celana yang tidak ketat. Vagina dan selangkangan merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif. Bahkan pemakaian celana yang ketat juga dapat menyebabkan bagian vagina dan selangkangan mengalami iritasi. Mau tahu cara mencegah dan mengatasi penyebab vagina gatal gatal lainnya, silahkan hubungi dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan hotline di nomor 081366657878.

197020cookie-checkApa Penyebab Vagina Gatal Gatal dan Sakit?