Penyebab dan Gejala Penyakit Uretritis

penyakit uretritis

Pernah merasa panas atau terbakar ketika buang air kecil? Ya, ini merupakah salah satu gejala penyakit uretritis. Uretritis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian uretra. Uretra adalah saluran yang membawa urin ke luar tubuh dari kandung kemih. Ketika uretra mengalami pembengkakkan, maka penderitanya akan merasakan dorongan buang air kecil yang meningkat.

Uretritis adalah salah satu infeksi menular seksual yang harus diwaspadai jika terkena penyakit ini. Selain mengganggu aktivitas buang air kecil, penyakit ini juga dapat menular kepada orang terdekat kita dan untuk mencegahnya maka perlu dilakukan pengobatan untuk penyakit uretritis ini. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan uretritis ini, mulai dari bakteri, virus, hingga bahan kimia.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apa Itu Penyakit Uretritis?

Penyakit uretritis merupakan masalah kesehatan yang dapat terjadi pada wanita maupun pria, hanya saja yang lebih sering mengalami penyakit ini adalah wanita. Uretritis dapat menular melalui hubungan seksual. Melakukan seks bebas tanpa menggunakan kondom berisiko besar menyebabkan gangguan uretritis. Gejala yang dialami oleh wanita dan pria bisa saja berbeda.

Uretritis ini dibagi menjadi dua jenis yaitu uretritis gonore dan uretritis non gonore berdasarkan penyebabnya. Beberapa bakteri yang paling sering memicu uretritis ini adalah bakteri penyebab penyakit menular seksual chlamydia dan gonore. Neisseria gonorrhoeae yang merupakan penyebab penyakit gonore dan Chlamydia trachomatis penyebab klamidia adalah penyebab yang paling sering ditemukan.

penyakit uretritis
Penyakit Uretritis 02

Gejala Penyakit Uretritis

Untuk mengetahui apakah Anda menderita uretritis atau tidak, silahkan simak gejala penyakitnya yang mungkin saja Anda temukan pada orang disekitar Anda.

Gejala uretritis yang biasanya dialami oleh wanita adalah:

  • Nyeri pada perut dan panggul.
  • Keputihan.
  • Rasa tidak nyaman maupun terbakar ketika buang air kecil.
  • Demam dan menggigil.

Sedangkan gejala pada pria, meliputi:

  • Kencing bercampur darah.
  • Keluar cairan dari penis disertai rasa gatal dan bengkak pada penis.
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening.
  • Rasa terbakar saat buang air kecil.
  • Rasa nyeri saat ejakulasi maupun berhubungan seksual.

Ketika Anda maupun pasangan mengalami gejala seperti dia atas, maka waspadalah karena bisa saja infeksi uretritis ini telah menular. Lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan bakteri penyebab uretritis telah menular atau belum. Dengan mengetahui infeksi utretritis lebih awal, maka pengobatan juga dapat segera dilakukan.

Penyebab Penyakit Uretritis

Uretritis dapat terjadi dan disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya adalah:

  • Bakteri penyebab penyakit menular seksual chlamydia.
  • Bakteri penyebab gonore.
  • Virus penyebab penyakit herpes, cytomegalovirus, dan HPV.
  • Iritasi kulit akibat bahan kimia.
  • Trikomonas.

Selain penyebab di atas, ada pula beberapa faktor pendukung terjadinya penyakit uretritis, seperti berhubungan seks dengan lebih dari satu pasangan tanpa kondom, serta pernah menderita infeksi menular seksual sebelumnya. jika tidak ingin mengalami gejala uretritis, maka sebaiknya Anda hindari faktor penyebab uretritis di atas. Jika telah terjadi infeksi, maka Anda akan lebih mudah terkena infeksi menular seksual lainnya. Dan bisa jadi infeksinya menular kepada orang di sekeliling Anda.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Pengobatan Untuk Uretritis

Untuk mengobati penyakit satu ini sebaiknya Anda melakukan diagnosis yang tepat karena untuk mengatasinya perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Diagnosis untuk penyakit uretritis dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa pemeriksaan lanjutan seperti tes darah, tes usap rektal, tes kehamilan, maupun tes urin.

Jika mengalami gejala uretritis dan ingin mendiagnosisnya, sebaiknya lakukan di Klinik Utama Sentosa. Setelah melakukan diagnosis, baru pengobatannya dapat dilakukan untuk mengatasi gejalanya. Gejala uretritis yang terus berlanjut dapat mengganggu aktivitas kita. Jika Anda memiliki keluhan terkait uretritis ini, silahkan konsultasikan dengan dokter kami di nomor 081366657878.

84670cookie-checkPenyebab dan Gejala Penyakit Uretritis

Bagikan Artikel ini :

  • tombol share ke instagram