Penyebab Anyang Anyangan Berkepanjangan Pada Wanita

anyang anyangan berkepanjangan

Anyang anyangan berkepanjangan pada wanita merupakan hal yang mengganggu dan perlu segera diatasi. Pernahkah Anda mendengar mengenai infeksi saluran kemih yang terjadi pada wanita? Gangguan kesehatan yang dialami oleh wanita ini dapat menyebabkan berbagai efek. Salah satunya adalah gangguan buang air kecil atau anyang anyangan. Gangguan ini dapat terjadi pada pria maupun wanita, namun paling sering dialami oleh wanita.

Faktor utama penyebab ISK lebih sering terkena pada wanita karena letak uretra wanita yang lebih dekat dengan anus. Selain itu, bentuknya yang lebih pendek membuat bakteri penyebab infeksi saluran kemih lebih mudah naik hingga ke sistem saluran kemih bagian atas. Jika sampai ke ginjal, infeksi ini dapat menyebabkan bahaya yang fatal. Buang air kecil merupakan aktivitas yang dilakukan setiap har. Jika ISk terjadi, maka buang air kecil menjadi lebih sering disertai dengan rasa sakit di sekitar perut bagian bawah maupun pada saluran kencing.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Penjelasan Mengenai Anyang Anyangan

Anyang anyangan berkepanjangan pada wanita dapat terjadi ketika kondisi infeksi terjadi pada sistem saluran kemih. Sistem saluran kemih adalah bagian yang mengatur pengeluaran urin atau zat sisa tubuh hingga ke luar tubuh, jika salah satu organ yang bertugas menyimpan dan mengangkut urin mengalami masalah, tentu saja aktivitas berkemih akan ikut mengalami masalah. Untuk itu, jika ingin anyang anyangan berkepanjangan pada wanita sembuh, maka temukan dahulu penyebab infeksi sekaligus bagian yang terkena infeksinya.

Bagian dari sistem saluran kemih ini diantaranya adalah ginjal, ureter, uretra, dan juga kandung kemih. Infeksi saluran kemih dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bagian yang terkena infeksi. Infeksi pada saluran kemih ini dapat terjadi karena bakteri yang ada di dalam tubuh maupun akibat bakteri yang masuk dari luar tubuh. Perkembangan bakteri baik yang terlalu banyak juga berisiko menyebabkan infeksi saluran kemih. Zat sisa yang ada di dalam darah mengalami proses penyaringan disaring sebelum dikeluarkan. Proses penyaringan ini terjadi di bagian ginjal. Jika ginjal sampai terkena infeksi, maka kemungkinan gangguan berkemih akan semakin parah.

Infeksi saluran kemih (ISK) dibagi menjadi dua jenis berdasarkan terjadinya infeksi. Jenis pertama adalah ISK atas yaitu infeksi saluran kemih yang terjadi pada organ sistem kemih. Organ yang termasuk ke dalam sistem saluran kemih bagian atas adalah ginjal dan ureter. Sedangkan ISK bawah yaitu kondisi infeksi yang terjadi pada organ bagian bawah. Organ sistem saluran kemih yang mengalami infeksi saluran kemih bawah yaitu uretra dan kandung kemih. ISK atas harus diwaspadai dan segera diobati atau dapat memicu terjadinya urosepsis. Apa Itu Urosepsis? Urosepsis merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika infeksi bakteri pada ginjal mulai masuk ke aliran darah. Jika bakterinya telah masuk hingga ke darah, maka penularan dan penyebaran bakterinya lebih cepat terjadi. Tubuh manusia terdiri dari berbagai pembuluh darah. Dan jantung memompa darah ke seluruh tubuh, dapat dibayangkan sejauh apa infeksinya bisa menyebar.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Efek anyang anyangan berkepanjangan pada wanita dapat naik hingga ke ginjal jika tidak segera diobati. Jika ginjal sudah terkena infeksinya, maka fungsi organ lainnya juga akan ikut terganggu. Lalu, Bagaimana caranya kita mengenali infeksi saluran kemih agar dapat segera mengatasi dan mencegah penularannya?

Ketahui gejala infeksi saluran kemih di bawah ini:

• Gangguan rasa sakit pada bagian panggul maupun perut.
• Nyeri setiap kali kencing.
• Demam.
• Mudah lelah.
• Terdapat darah pada urin.
• Warna urin lebih gelap.

Selain mengganggu aktivitas, anyang anyangan berkepanjangan pada wanita juga dapat memicu adanya gangguan kesehatan lain. Tak hanya itu, infeksi saluran kemih juga bisa menular jika dibiarkan. Jangan pernah meremehkan gejala ISK. Pastikan untuk segera memeriksakan kesehatan Anda jika merasakan gejala seperti di atas. Dampak anyang anyangan berkepanjangan pada wanita yang tak kunjung sembuh dapat menyebabkan kelahiran prematur pada wanita yang sedang hamil.

anyang anyangan berkepanjangan

Mendeteksi Penyebab Anyang Anyangan

Mengetahui terjadinya anyang anyangan berkepanjangan pada wanita sangatlah penting. Berikut ini beberapa faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya anyang anyangan berkepanjangan pada wanita.

• Letak uretra pada wanita yang dekat dengan anus
Faktor penyebab anyang anyangan berkepanjangan pada wanita karena letak uretra yang cenderung lebih dekat pada bagian anus. Anus adalah tempat paling disukai oleh bakteri yang jika berkembang biak akan menyebabkan infeksi dan berbagai bahaya.

• Kebiasaan membersihkan alat kelamin yang salah
Sehabis buang air besar kita akan membersihkan alat kelamin. Perlu diingat jika ingin mencegah infeksi saluran kemih harus dilakukan dari depan ke belakang. Kebiasaan membersihkan kemaluan dari belakang ke depan dapat memicu masuknya virus maupun bakteri dari anus masuk dan menginfeksi organ sistem kemih.

Selain penyebab di atas, ada pula beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya infeksi saluran kemih, seperti:

• Pernah menderita infeksi saluran kemih sebelumnya.
• Memiliki kelainan saluran kemih sejak dari lahir.
• Mengalami sumbatan pada saluran kemih, seperti pembesaran kelenjar prostat maupun batu ginjal.
• Memiliki sistem imun yang rendah.
• Hamil.
Wanita hamil akan lebih rentan terkena infeksi saluran kemih.
• Penggunaan kondom dengan pelumas spermisida oleh pria.
• Menopause.
• Efek setelah menjalani prosedur operasi pada saluran kemih.
• Penggunaan kateter urin yang cukup lama.


Jika efek infeksi saluran kemih telah sampai ke ginjal, maka penderitanya dapat mengalami gejala menggigil dan demam. Hindari efek dari infeksi saluran kemih ini dengan menghindari hal-hal yang merupakan penyebab serta faktor risiko terjadinya.

anyang anyangan berkepanjangan

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Jangan sampai saluran kemih menular, cegah efek akibat ISK seperti sepsis, kelahiran prematur pada wanita hamil, hingga penyempitan uretra. Pengobatan anyang anyangan berkepanjangan pada wanita dapat dilakukan dengan cara yang benar jika mengikuti saran dokter. Pengobatan medis yang tepat sebaiknya disertai dengan perawatan yang dilakukan di rumah. Penggunaan obat untuk mengatasi anyang anyangan berkepanjangan pada wanita. Berikut beberapa langkah yang dapat diikuti untuk melakukan pengobatan terhadap ISK. Yang pertama, periksakan diri ke dokter maupun klinik yang memiliki tenaga medis profesional. Lalu lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan obat yang tepat. Obat yang dapat digunakan salah satunya yaitu obat antibiotik. Obat ini sebaiknya disesuaikan dengan kondisi Anda.

Jangan sampai salah mengonsumsi obat malah memperburuk kondisi Anda. Untuk melakukan pengobatan, maka lakukanlah dengan sepenuhnya agar tidak kumat lagi. Sama halnya dengan gangguan kesehatan lain pada alat kelamin, jika tidak diatasi dengan benar maka dapat menyebabkan berbagia bahaya. Untuk pengobatan anyang anyangan berkepanjangan pada wanita dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa, sedangkan untuk konsultasi silahkan hubungi dokter kami di layanan hotline dengan gratis di nomor 081366657878.

194600cookie-checkPenyebab Anyang Anyangan Berkepanjangan Pada Wanita

Bagikan Artikel ini :

  • tombol share ke instagram