Penggunaan Obat Antibiotik Untuk Infeksi Saluran Kemih

obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih

Obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati gangguan ISK. Namun, penggunaan obatnya juga tergantung dari jenis infeksi saluran kemih yang dialami. Pasalnya ada beberapa jenis infeksi saluran kemih yang dapat terjadi pada manusia, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Untuk mengetahui ISK yang Anda alami berat atau tidak silahkan kunjungi dokter untuk mengetahui jawabannya.

Infeksi saluran kemih merupakan sebuah kondisi yang disebabkan oleh infeksi yang menyerang sistem saluran kemih. Yang termasuk ke dalam organ sistem saluran kemih di antaranya adalah kandung kemih, ureter, ginjal, dan juga uretra. Infeksi saluran kemih dapat dianggap sebagai gangguan yang berbahaya jika telah menginfeksi sistem saluran kemih bagian atas terutama ginjal. Segera gunakan obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih agar bakterinya tidak sampai menyebar.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apakah Infeksi Saluran Kemih?

Kondisi infeksi saluran kemih disebabkan oleh adanya infeksi bakteri pada organ sistem saluran kemih. Sistem saluran kemih atau yang dikenal juga dengan sistem urinaria merupakan sistem organ yang memiliki fungsi menyaring sekaligus membuang zat sisa pada tubuh melalui urine. Infeksi saluran kemih hanyalah salah satu dari beberapa gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada sistem saluran kemih.

Ketika seseorang terkena infeksi saluran kemih, maka gejala yang mungkin dapat dijadikan tanda adalah gangguan berkemih atau buang air kecil. Fungsi sistem saluran kemih dalam mengeluarkan urin dimulai dari ginjal lalu melalui ureter menuju ke kandung kemih. Kandung kemih merupakan tempat untuk menampung urin sebelum nantinya dikeluarkan melalui uretra hingga ke luar tubuh. Jika infeksi terjadi pada salah satu bagian dari sistem ini, maka aktivitas mengeluarkan urin atau berkemih akan mengalami gangguan. Gejala yang dirasakan penderitanya pun bisa berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Salah satu gejala yang paling umum terjadi pada penderita infeksi saluran kemih adalah rasa sakit maupun nyeri ketika buang air kecil. Untuk lebih lengkapnya mari kita mengenal apa saja gejala dari infeksi saluran kemih ini. Salah satu cara mengatasi gejala ISK adalah dengan menggunakan obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih.

obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih

Mengenal Gejala ISK

Infeksi saluran kemih (ISK) ini dapat dikenali dari beberapa gejalanya yang muncul, di antaranya adalah:

• Demam

Salah satu gejala yang mungkin dialami oleh penderita infeksi saluran kemih adalah demam. Jika Anda mengalami demam disertai gejala lain dari ISK, maka segera gunakan obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih. Namun untuk pemakaiannya sebaiknya sesuai dengan saran dokter. Jangan asal memakai obat antibiotik karena dosis yang tidak tepat dapat menyebabkan resistensi bakteri yang dapat membuat bakteri kebal terhadap obat.

• Nyeri setiap kali buang air kecil

Gejala lainnya adalah gangguan buang air kecil yang disertai dengan rasa nyeri. Rasa nyeri yang dirasakan dapat semakin parah jika infeksinya telah naik hingga ke organ sistem saluran kemih bagian atas, terutama ginjal.

• Terdapat darah pada urine

Ketika anda menemukan darah pada urine padahal tidak sedang dalam masa menstruasi, maka jangan abaikan. Bisa jadi hal tersebut adalah gejala infeksi saluran kemih.

• Perut dan panggul terasa sakit

Gejala nyeri pada perut ini biasanya dialami oleh wanita, sedangkan pada pria, bagian rektum akan terasa nyeri. Gejala ini biasanya dialami oleh mereka yang mengalami infeksi saluran kemih pada sistem saluran kemih bagian bawah.

• Urin berwarna lebih keruh

Warna urin yang dikeluarkan oleh penderita infeksi saluran kemih cenderung lebih keruh dari biasanya. Selain itu baunya juga tidak sedap. Bahkan terkadang terdapat darah dalam urin atau yang dikenal juga dengan istilah hematuria.

• Buang air kecil menjadi lebih sering

Dorongan untuk buang air kecil bertambah frekuensinya dan hal ini menyebabkan penderitanya merasa lemas karena kehilangan banyak cairan. Dengan frekuensi buang air kecil yang semakin bertambah disertai dengan rasa nyeri membuat gejala ini cukup mengganggu aktivitas dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Bakteri penyebab infeksi saluran kemih dapat naik melalui aliran darah hingga ke organ sistem saluran kemih atas yaitu ginjal. Jika infeksinya telah sampai ke ginjal, maka penderitanya akan mengalami gejala mual dan muntah. Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka dapat memicu terjadinya penyempitan saluran kencing pada pria. Untuk mencegah gejala infeksi saluran kemih semakin parah dan memicu bahaya ISK, maka segera gunakan obat antibiotik untuk infeksi menular seksual. pemakaian obat antibiotik ini tidak boleh sembarangan, dosisnya harus sesuai dengan yang dibutuhkan.

obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih

Bahaya Gangguan ISK

Selain mengenali gejala infeksi saluran kemih, bahaya gangguan ISK juga perlu Anda waspadai. Mencegah ISK dengan menggunakan obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih. Berikut ini beberapa bahaya yang dapat terjadi jika gejala infeksi saluran kemih menyebar ke organ lain dan gejalanya tidak segera diatasi.

• Kelahiran prematur

Bahaya ini dapat terjadi pada penderita infeksi saluran kemih yang sedang hamil. Kelahiran dapat terjadi lebih cepat ketika berat badan bayi ketika lahir masih rendah.

• Striktur uretra

Bahaya selanjutnya dari infeksi saluran kemih ini adalah striktur uretra atau penyempitan saluran kencing pria. Penyempitan ini akan menghambat aliran urin yang harus dikeluarkan dari tubuh. Bahaya ini lebih sering dialami oleh pria, namun meskipun jarang dapat juga dialami oleh wanita maupun bayi yang baru lahir. Jika striktur uretra terjadi, maka penis dapat mengalami pembengkakan disertai rasa nyeri. Untuk mencegah bahaya ini gunakan obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih.

• Sepsis

Kondisi berbahaya lainnya yang dapat dipicu oleh infeksi saluran kemih adalah sepsi. Apa itu Sepsis? yaitu komplikasi yang diakibatkan oleh infeksi. Komplikasi ini dapat berupa penurunan tekanan darah secara drastis maupun kerusakan pada banyak organ sekaligus yang dapat menyebabkan kematian. Namun sepsis ini dapat dicegah dengan menggunakan obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih.

Solusi terbaik untuk mencegah bahaya infeksi saluran kemih adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu ISK dan melakukan pengobatan. Penggunaan obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih dapat dijadikan sebagai salah satu solusinya. Namun, perlu diingat bahwa pemakaian obat antibiotik lakukan sesuai dengan saran dan resep dokter.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Bentuk pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati infeksi saluran kemih adalah dengan pemberian obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih. Jenis obat antibiotik yang diberikan biasanya tergantung pada kondisi penderita ISK. Untuk itu, sebelum menggunakan obat antibiotik, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi Anda saat ini.

Pemeriksaan juga diperlukan untuk mengetahui sejauh mana infeksi saluran kemihnya telah terjadi. Jika telah sampai ke organ sistem saluran kemih bagian atas, maka perlu dilakukan pengobatan infeksi slauran kemih yang lebih intensif. Selain meredakan gejala, obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih juga dapat membantu mencegah bakterinya menyebar. infeksi saluran kemih gejalanya dapat muncul kembali setelah dinyatakan sembuh, jadi agar gejala tak lagi muncul, konsultasikan cara terbaiknya dengan dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Untuk konsultasi gratis melalui hotline dapat dilakukan di nomor 081366657878.

187650cookie-checkPenggunaan Obat Antibiotik Untuk Infeksi Saluran Kemih