Ketahui Lebih Dini, Penyebab ISK Pada Pria

penyebab ISK pada pria

Penyebab ISK pada pria dapat beragam, namun yang paling utama adalah bakteri. Bakteri penyebab ISK pada pria lebih dikenal dengan nama Escherichia Coli atau E.coli dan umumnya hidup di dalam usus besar manusia. Infeksi saluran kemih terjadi akibat masuknya bakteri ke dalam saluran kencing yang kemudian bergerak menuju uretra. Jika infeksi tak segera ditangani, bakteri akan menyebar ke organ lain hingga menyebabkan infeksi pada kandung kemih dan ginjal.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apa Saja Penyebab Terjadinya ISK Pada Pria

Bakteri penyebab ISK pada pria yang sudah berada di dalam saluran kemih dapat menimbulkan infeksi pada uretra atau urethritis, infeksi kandung kemih atau sistitis, infeksi ureter atau urethritis, dan infeksi ginjal atau pielonefritis. Beberapa penyebab ISK pada pria secara umum, antara lain:

  • Tidak membersihkan kelamin dengan benar

Penyebab ISK pada pria yang paling utama adalah masuknya bakteri ke dalam tubuh melalui saluran uretra. Biasanya, penyebaran bakteri rentan terjadi ketika membersihkan organ kelamin. Bakteri akan masuk dengan cara menempel dan kemudian berkembang biak dengan cepat di dalam tubuh.

  • Tidak buang air kecil setelah melakukan seks

Salah satu penyebab ISK pada pria, yakni kegiatan seksual. Buang air kecil sangat dianjurkan pada wanita maupun pria seusai berhubungan seksual. Hal ini dikarenakan, biasanya bakteri disebarkan ketika aktivitas seksual dengan menstranfernya dari usus melewati uretra.

  • Kurang konsumsi air mineral

Tubuh yang kurang mendapatkan asupan air putih dapat menyebabkan ginjal kehilangan cairan. Kurangnya cairan pada ginjal akan memicu bakteri untuk menyerang tubuh sehingga muncul infeksi pada saluran kemih. Selain itu, ginjal yang kekurangan cairan akan menyebabkan air urin menjadi lebih pekat.

penyebab ISK pada pria

Metode Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Setelah mengetahui penyebab ISK pada pria, sebaiknya segera lakukan penanganan bersama dokter. Pengobatan penyakit ISK dilakukan dengan mengonsumsi obat antibiotik selama 3 hingga 10 hari. Penderitanya juga dianjurkan untuk perbanyak konsumsi air putih guna membantu mengeluarkan bakteri melalui urin. Selain penanganan dengan obat, proses penyembuhan penyakit akan berlangsung cepat jika disertai dengan beberapa hal, seperti:

  • Hindari membersihkan organ kelamin dengan menggunakan semprotan air.
  • Hentikan kebiasaan menahan urin terlalu lama di dalam kandung kemih.
  • Tidak menggunakan alat kontrasepsi diafragma berpelumas spermisida.
  • Bersihkan kemaluan setiap hari dengan air, terutama jika belum disunat.
  • Rutin menggati celana dalam jika sudah terasa basah atau kotor.
  • Biasakan membersihkan kemaluan sebelum dan sesudah berhubungan seksual.
  • Rutin konsumsi obat sesuai dengan resep yang dokter berikan.
  • Hindari menggunakan produk pembersih kewanitaan karena dapat mengiritasi.
  • Gunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan berbahan dasar katun.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyebab ISK pada pria bisa diatasi dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan ditangani oleh dokter spesialis yang didukung dengan peralatan yang canggih serta modern.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Penyakit yang dibiarkan terlalu lama dalam tubuh bisa menyebabkan kondisi tubuh semakin buruk. Karena itu, segera hubungi Klinik Utama Sentosa agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan penyakit lebih lanjut.

141060cookie-checkKetahui Lebih Dini, Penyebab ISK Pada Pria