Ini Penyebab Uretritis Yang Harus Dihindari

Penyebab uretritis harus segera diketahui agar tidak perlu mengalami bahayanya

Penyebab uretritis harus segera diketahui agar tidak perlu mengalami bahayanya. Saluran kencing atau uretra merupakan saluran yang bertugas mengangkut urin ke luar tubuh dari kandung kemih. Ketika uretra mengalami pembengkakan maka akan menyebabkan rasa nyeri dan meningkatnya dorongan buang air kecil pada penderitanya. Kondisi inilah yang dinamakan dengan uretritis.

Selain gejalanya dapat menimbulkan gangguan buang air kecil, uretritis juga merupakan infeksi menular seksual. Artinya, jika tidak segera diobati, maka gangguan uretritis ini dapat menular ke pasangan. Penyebaran bakterinya dapat terjadi melalui aktivitas berhubungan seksual. Bagi Anda yang aktif berhubungan seksual terutama yang sering bergonta-ganti pasangan seksual sebaiknya mewaspadai penyakit yang satu ini. Pasalnya salah satu faktor penyebab uretritis ini adalah berhubungan seksual dengan banyak pasangan tanpa menggunakan pengaman.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Faktor Penyebab Uretritis

Penyebab uretritis adalah infeksi virus maupun bakteri. Berdasarkan penyebabnya, uretritis dibagi menjadi dua jenis yaitu uretritis gonore dan uretritis non gonore. Secara umum penyebab dari penyakit uretritis ini adalah bakteri penyebab penyakit menular seksual gonore dan klamidia. Tak hanya bakteri, uretritis juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

  • Trikomonas, parasit yang menyebabkan trikomoniasis.
  • Virus penyebab penyakit herpes (HSV), HPV, maupun cytomegalovirus.
  • Mengalami cedera.
  • Iritasi akibat bahan kimia pada kulit uretra.

Selain penyebab di atas, faktor lain yang memperbesar risiko terjadinya gangguan uretritis adalah sering bergonta-ganti pasangan seksual dan tidak menggunakan alat pengaman, seperti kondom misalnya. Seseorang yang pernah menderita penyakit menular seksual juga lebih mudah terkena infeksi pada uretra atau uretritis ini. Dengan mengenali gejalanya, pengobatan terhadap uretritis dapat dilakukan dengan segera. Apalagi uretritis yang dibiarkan saja tanpa pengobatan dapat menular kepada pasangan.

Penyebab uretritis harus segera diketahui agar tidak perlu mengalami bahayanya

Gejala Terkena Uretritis

Uretritis merupakan gangguan kencing yang terjadi akibat adanya pembengkakan pada uretra yang bertugas membawa cairan urin ke luar tubuh. Untuk mengetahui Anda mengalami uretritis atau tidak, dapat dilihat dari beberapa gejala yang sering dialami oleh penderitanya. Gejala uretritis yang dapat dialami oleh pria dan wanita bisa saja berbeda.

Gejala uretritis pada wanita biasanya meliputi:

  • Nyeri pada perut dan juga panggul.
  • Demam disertai menggigil.
  • Rasa tidak nyaman dan seperti terbakar saat buang air kecil.
  • Keputihan.
  • Rasa sakit pada vagina yang muncul sebelum, setelah atau ketika berhubungan seksual.

Sedangkan gejala uretritis pada pria biasanya adalah sebagai berikut:

  • Rasa nyeri ketika ejakulasi maupun berhubungan seksual.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar selangkangan.
  • Pembengkakan pada penis yang disertai rasa gatal.
  • Keluar cairan dari alat penis.

Secara umum, gejala yang dialami ketika seseorang terkena penyakit uretritis adalah gangguan kencing seperti rasa nyeri yang dirasakan ketikan buang air kecil.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Bagaimana Diagnosis dan Pengobatan Uretritis?

Untuk mengetahui penyebab uretritis, maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik, maupun pemeriksaan lanjutan. Anda dapat melakukan berbagai pemeriksaan untuk memastikan apakah gejala yang Anda alami adalah akibat uretritis dan apa penyebabnya. Perawatan terhadap gejala yang dialami penderita uretritis juga biasanya membutuhkan penanganan agar tidak bertambah parah.

Jika bingung ingin melakukan pemeriksaan dimana, silahkan datang saja ke Klinik Utama Sentosa. Dengan peralatan medis yang lengkap serta tenaga medis yang profesional, Anda akan diberikan pengobatan untuk mengatasi masalah kesehatan yang Anda alami terutama mengenai penyebab uretritis, gejalanya, hingga pengobatan dan perawatan yang perlu dilakukan. Selain perawatan dan pengobatan secara langsung, kami juga menyediakan layanan konsultasi online di nomor 081366657878.

128480cookie-checkIni Penyebab Uretritis Yang Harus Dihindari