Gejala Infeksi Saluran Kemih Akut

tanda tanda sifilis
Waspada, Ini Tanda Tanda Sifilis
14/03/2020
apa itu gonore atau gonorrhea
Apa Itu Gonore atau Gonorrhea?
14/03/2020
gejala infeksi saluran kemih akut

gejala infeksi saluran kemih akut

Gejala infeksi saluran kemih akut dapat terjadi jika penanganan bersama dokter tidak segera dilakukan. Infeksi saluran kemih sendiri merupakan kondisi dimana organ yang termasuk sistem kemih mengalami infeksi. Namun, pada umumnya infeksi saluran kemih menyerang kandung kemih dan uretra. Infeksi ini akan menyebabkan ketidaknyaman, rasa sakit, serta meningkatkan keinginan buang air kecil.

Gejala Akibat Terkena Infeksi Saluran Kemih

Sebagian besar kasus gejala infeksi saluran kemih akut akan menyebabkan beberapa penyakit, seperti infeksi kandung kemih atau sistitis, infeksi uretra atau uretritis, serta infeksi ginjal atau pielonefritis. Selain itu, infeksi saluran kemih akut juga juga bisa memunculkan urosepsis atau infeksi yang telah menyebar hingga ke aliran darah. Urosepsis sangat serius karena berkembang dengan cepat hingga mengancam jiwa.

Urosepsis masih dapat berkembang menjadi infeksi berbahaya sehingga sulit untuk dikendalikan dengan menggunakan obat-obatan. Karena itu, dalam kasus yang sudah parah bisa mengakibatkan kegagalan pada organ multisistem. Identifikasi dini pada infeksi saluran kemih akut perlu dilakukan bersamaan dengan perawatan penyakit. Sebelum melakukan perawatan, pasien perlu mengetahui beberapa gejala umum dari infeksi saluran kemih, seperti berikut ini:

  • Adanya sensasi terbakar ketika buang air kecil.
  • Merasa nyeri atau adanya tekanan pada bagian panggul.
  • Bau urin yang keluar kuat dan menyengat.
  • Urin yang dikeluarkan lebih sering dari biasanya.
  • Warna urin mengalami perbuahan menjadi lebih keruh.
  • Tidak dapat menahan urin terlalu lama di dalam kandung kemih.
  • Merasa tidak tuntas meski baru saja selesai berkemih.
ini dia cara menangani infeksi saluran kemih akut

ini dia cara menangani infeksi saluran kemih akut

Ini Dia Cara Menangani Infeksi Saluran Kemih Akut

Sejumlah komplikasi lain yang akan muncul akibat infeksi saluran kemih akut bisa dihindari dengan segera berkonsultasi. Tak hanya itu, sebelum terjadi infeksi saluran kemih kronis pengobatan harus segera dilakukan. Biasanya, dokter akan melakukan pengobatan berdasarkan tingkat keparahan penyakit. Infeksi saluran kemih umumnya bisa ditangani dengan memberikan obat antibiotik.

Jika ISK sering kambuh, dokter akan menganjurkan konsumsi antibiotik dalam dosis rendah setiap hari selama 6 bulan atau lebih. Sementara, untuk kondisi infeksi saluran kemih yang lebih berat maka penderita akan diberikan antibiotik dalam bentuk suntikan. Untuk mendapatkan kesembuhan, masalah infeksi saluran kemih ini perlu disertai dengan tindak pencegahan, yakni berupa:

  • Jauhi kebiasaan sering menahan urin terlalu lama di dalam kandung kemih.
  • Bersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang setelah berkemih.
  • Perbanyak konsumsi air minum untuk membantu mengeluarkan bakteri.
  • Hindari penggunaan semprotan untuk membersihkan kemaluan.
  • Biasakan membersihkan organ genital sebelum melakukan hubungan seksual.
  • Buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk menyingkirkan bakteri.
  • Tidak menggunakan celama dalam untuk waktu lama atau hingga berhari-hari.
  • Gunakan pakaian bawahan yang tidak terlalu ketat atau berbahan katun.

Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Pengobatan terhadap gejala infeksi saluran kemih akut bisa dilakukan dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini sendiri merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Pasien akan mendapatkan pelayanan terbaik karena perawatan penyakit akan ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten serta menggunakan peralatan medis yang modern.

Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga mempermudah pasien baru yang ingin melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Melakukan penanganan dengan segera dapat membantu menghindari adanya konplikasi penyakit lebih serius. Karena itu, untuk informasi lebih lanjut pasien bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

1 Comment

  1. […] dibiarkan bisa berakibat fatal karena berpotensi memunculkan komplikasi. Karena itu, beberapa gejala anyang anyangan perlu dikenali, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *