Gejala Infeksi Saluran Kemih Akut

Infeksi Saluran Kemih Akut 01

Infeksi saluran kemih akut terjadi saat infeksi sampai ginjal dan jika dibiarkan bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Gejala infeksi saluran kemih yang sudah akut juga dapat menyebabkan berbagai gejala yang tidak nyaman. Kondisi yang terjadi akibat adanya infeksi pada sistem saluran kemih ini merupakan masalah yang dapat dialami oleh siapa saja. Bahkan anak-anak juga dapat mengalaminya.

Tingkat infeksi saluran kemih ini berbeda-beda tergantung seberapa parah infeksi yang disebabkan, Ketika infeksi saluran kemih telah mengenai organ sistem saluran kemih bagian atas terutama ginjal, maka hal inilah yang menyebabkan infeksi saluran kemih akut. Urine merupakan zat sisa yang disaring oleh ginjal dari darah. Jika sistem saluran kemih mengalami infeksi dan peradangan, maka hal ini dapat menyebabkan adanya gangguan buang air kecil. Proses pengeluaran urine yang tidak berjalan lancar juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) yang tidak segera diobati dapat memicu naiknya bakteri hingga ke ginjal. ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh dimana jika ginjal ini tidak menjalankan fungsinya dengan benar maka dapat menyebabkan adanya gangguan kesehatan lain. Agar infeksi saluran kemih dapat diobati dengan segera, maka kita harus menyadarinya terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan mengenali dari gejala yang disebabkannya.

• Nyeri setiap kali buang air kecil
• Mudah lelah
• Kencing yang disertai darah
• Demam
• Sakit dan rasa seperti terbakar tiap kali buang air kecil
• Rasa nyeri pada perut bagian bawah
• Terdapat darah pada urine
• Warna urine lebih gelap

Gejala infeksi saluran kemih akut ini sebaiknya segera diberikan perawatan jika tidak ingin gejalanya menjadi lebih parah. Jika Anda mengalami gejala seperti di atas, maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. pasalnya infeksi saluran kemih akut dapat menyebabkan berbagai bahaya. Salah satunya adalah penyempitan uretra pada pria. jika uretra pria mengalami penyempitan, aktivitas buang air kecil jadi lebih sulit. Dan yang perlu diingat bahwa infeksi saluran kemih ini dapat menular jika dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan. Jika infeksi ini terjadi pada wanita hamil, bahaya akan lebih fatal karena dapat menyebabkan kelahiran prematur dimana seharusnya bayi masih dalam kandung namun harus dilahirkan lebih awal dengan berat badan yang kurang.

Infeksi Saluran Kemih Akut

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih akut dapat dicegah dengan berbagai cara seperti berikut :

• Minum air yang cukup
Mengonsumsi air yang cukup setiap harinya dapat membantu melancarkan fungsi organ dalam tubuh. Selain itu, mereka yang minum air putih lebih banyak akan sering pula buang air kecil. Infeksi saluran kemih dapat terjadi akibat bakteri yang menular melalui hubungan seksual, dengan sering buang air kecil dapat membantu mengeluarkan bakteri yang masuk ke uretra dan berpotensi menyebabkan infeksi saluran kemih. Ketika bakteri pada uretra naik hingga ke ginjal, maka kondisi inilah yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih akut.

• Buang air kecil setiap kali habis berhubungan, tujuannya sama dengan yang dijelaskan di atas.

• Menjaga kebersihan alat kelamin
Bagaimana cara menjaga kebersihan alat kelamin yang benar? Pertama gantilah celana dalam secara teratur. Selain itu, bersihkan alat kelamin sehabis dan sebelum melakukan hubungan seksual. Setelah buang air kecil, keringkan dengan benar. Gunakan juga produk pembersih alat kelamin yang terbuat dari bahan yang aman sehingga tidak menyebabkan adanya iritasi pada kemaluan.

• Memakai celana dalam yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Celana dalam maupun baju yang terlalu ketat dapat menyebabkan iritasi pada bagian kemaluan. Selain itu, suhu di area kemaluan juga menjadi lebih hangat dimana hal tersebut dapat menyebabkan lebih mudah berkeringat. Ketika kemaluan berkeringat dan bakteri ini mulai berkembang biak, maka infeksi dapat terjadi dan akhirnya menyebabkan infeksi saluran kemih.

• Mengontrol kadar gula darah bagi penderita penyakit diabetes. Diabetes merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya infeksi saluran kemih karena penderita diabetes cenderung memiliki sistem imun yang rendah. Untuk itu kontrollah kadar gula Anda agar tidak mengalami diabetes.

• Menghubungi dokter dan mengkonsumsi obat sesuai resep dokter
Jika Anda mengalami gejala infeksi saluran kemih, maka segera hubungi dokter untuk menjalani pemeriksaan dan mendiagnosis apakah benar Anda mengalami infeksi saluran kemih. Setalh itu lakukan tindakan perawatan terhadap gejala infeksi saluran kemih dan pengobatan terhadap infeksinya. Untuk pengobatannya, gunakan obat yang memang aman dan pemakaiannya pun sesuai dengan saran dokter. Pasalnya pengobatan yang kurang tepat dapat menyebabkan gejalanya semakin bertambah parah.

• Hindari hal-hal yang dapat menjadi penyebab infeksi saluran kemih seperti di bawah ini.

Apa Penyebab Infeksi Saluran Kemih Akut?

Untuk mencegah infeksi saluran kemih akut, maka hindarilah penyebab dan faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih akut berikut ini:

• Bakteri escherichia coli

Penyebab utama infeksi saluran kemih adalah bakteri Escherichia Coli, atau yang sering dikenal dengan nama bakteri E. coli. Bakteri ini dapat muncul karena terlalu sering memakai panty liner. Jadi untuk mencegah adanya bakteri ini janganlah terlalu sering memakai panty liner.

• Cara membersihkan kelamin yang salah

Salah satu cara bakteri dapat menyebabkan infeksi pada uretra adalah akibat cara membersihkan kelamin yang salah. Membersihkan kelamin yang benar seharusnya dilakukan dari depan ke belakang, bukannya sebaliknya. Karena bakteri di sekitar anus dapat masuk melalui saluran kencing dan menginfeksi kandung kemih, bahkan hingga naik ke ginjal sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih akut.

• Setelah berhubungan seksual tidak buang air

Proses mengeluarkan urine atau buang air kecil dapat digunakan sebagai salah satu cara mengeluarkan bakteri maupun virus pada tubuh kita. Bakteri penyebab infeksi saluran kemih akut dapat masuk ke tubuh melalui hubungan seksual. Untuk itu buar air kecil setelah berhubungan adalah hal penting agar jika ada bakteri di uretra dapat dikeluarkan bersama urine.

• Kurang minum air

Minum air secukupnya setiap hari dapat membantu mengeluarkan urine beserta racun dan bakteri dalam tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Jika konsumsi air tidak cukup, maka infeksi dapat terjadi.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Sedangkan untuk mengobati adanya gejala infeksi saluran kemih akut, dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi obat untuk infeksi saluran kemih. Konsumsi obatnya juga lebih baik mengikuti resep dari dokter. Untuk mengatasi infeksi bakteri, diperlukan adanya obat antibiotik agar infeksi saluran kemih tidak menular. Jangan biarkan gejala infeksi saluran kemih menjadi lebih parah dan memicu infeksi saluran kemih akut. Pengobatan terhadap gangguan kesehatan yang satu ini dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa. Jika Anda memiliki kekhawatiran terkait gangguan ISK, silahkan hubungi dokter kami di layanan konsultasi kami di 081366657878.

181560cookie-checkGejala Infeksi Saluran Kemih Akut