Begini Cara Menangani Infeksi Saluran Kemih Laki Laki

infeksi saluran kemih laki laki

Infeksi saluran kemih laki laki dapat terjadi dan berisiko tinggi pada usia yang lebih lanjut. Organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yakni ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra merupakan bagian yang mungkin terinfeksi bakteri. ISK pada pria jarang sekali terjadi pada usia muda dan lebih sering dialami oleh pria di atas 50 tahun. Infeksi yang terjadi dalam kandung kemih dan uretra akan disebut dengan ISK bawah. Sementara pada ginjal dan sekitarnya disebut ISK bagian atas.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Beberapa Faktor Risiko Serta Gejala ISK Pada Pria

Selain usia, terdapat beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terjangkitnya infeksi saluran kemih pada laki laki, yakni pembesaran kelenjar prostat, batu ginjal, diabetes, penggunaan kateter, serta kondisi kesehatan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Gejala infeksi saluran kemih laki laki hampir sama seperti pada wanita, yakni sebagai berikut:

  • Meningkatnya rasa ingin berkemih dan sulit ditahan.
  • Air urin yang dikeluarkan hanya sedikit atau bahkan tidak ada.
  • Terasa nyeri dan perih ketika buang air kecil.
  • Muncul rasa tidak nyaman dan nyeri di perut bagian bawah.
  • Bau urin yang dikeluarkan menyengat hingga busuk.
  • Warna urin berubah menjadi keruh dan terkadang bercampur darah.
  • Badan terasa lelah, tidak enak, hingga nyeri.
  • Perasaan jika urin tidak keluar sepenuhnya saat berkemih.

Penanganan terhadap infeksi saluran kemih laki laki bisa dilakukan jika gejala seperti di atas cepat dikenali. Gejala yang disertai dengan demam, meriang, menggigil, mual, muntah, serta nyeri pada bagian pinggang serta punggung bisa menunjukkan adanya infeksi pada ginjal. Untuk itu, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter dan lakukan pengobatan sebelum terlambat.

infeksi saluran kemih laki laki

Metode Penanganan Masalah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih laki laki dapat diatasi dengan mengonsumsi antibiotik untuk membunuh bakteri dengan cepat. Biasanya, antibiotik digunakan tidak lebih dari tujuh hari, karena jika terlalu lama mengonsumsi obat tersebut dapat membuat bakteri di dalam tubuh menjadi resisten atau kebal. Karena itu, konsumsi antibiotik harus sesuai dengan dosis anjuran dokter atau sesuai dengan kondisi yang dialami.

Untuk mendapatkan kesembuhan yang maksimal, infeksi saluran kemih laki laki perlu dicegah dengan melakukan beberapa cara. Tindak pencegahan yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Bersihkan orang kelamin terutama daerah bawah kulup secara rutin.
  • Konsumsi banyak cairan setiap hari, terutama air putih.
  • Jangan biasakan menahan air urin terlalu lama dalam kandung kemih.
  • Segera buang air kecil setelah dan sebelum melakukan hubungan seksual.
  • Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
  • Hindari penggunaan sabun dan bedak wangi pada organ kelamin.
  • Kenakan pakaian dalam dari bahan katun dan hindari celana ketat.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Lakukan Konsultaasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan infeski saluran kemih laki laki terbaik dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Perawatan juga akan ditangani oleh tim dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.

Klinik Utama Sentosa memiliki lingkungan yang nyaman, bersih, dan aman sehingga pasien merasakan kepuasaan setelah melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Karena itu, segera periksakan kondisi tubuh Anda sebelum penyakit menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

210950cookie-checkBegini Cara Menangani Infeksi Saluran Kemih Laki Laki