Pernah Alami Anyang-anyangan? Ini Penyebabnya!

Penyebab anyang-anyangan Klinik Utama Sentosa

Anyang-anyangan adalah kondisi di mana seseorang merasa sering kebelet kencing tapi saat kencing, hanya sedikit urine yang keluar. Kondisi ini bisa diatasi dengan datang ke klinik kami untuk mengatasi penyebab anyang-anyangan di Klinik Utama Sentosa. Orang yang mengalami anyang-anyangan biasanya tidak tenang karena harus sering ke toilet.

Anyang-anyangan ini bisa terjadi pada siapa saja, tidak membedakan usia dan jenis kelamin. Tapi dibanding dengan pria, wanita lebih berisiko mengalami anyang-anyangan. Mengatasi penyebab anyang-anyangan di Klinik Utama Sentosa adalah pilihan cerdas untuk benar-benar terhindar dari anyang-anyangan.

Gejala Anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah suatu kondisi yang bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit. Tandanya bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung kondisi yang mendasarinya.

Gejala umum yang dirasakan bila terjadi anyang-anyangan adalah rasa sakit atau nyeri saat kencing. Meski demikian, tidak berarti gejala itu selalu muncul sebagai tanda awal anyang-anyangan. Gejala yang biasa muncul antara lain:

:. sering kebelet kencing;

:. kandung kemih sulit dikontrol;

:. tidak nyaman saat buang air kecil;

:. urine tampak keruh, gelap, atau pekat;

:. kadangkala urine disertai darah;

:. penderita kadang mengalami demam.

Gejala yang disebutkan belum tentu semuanya muncul sebagai tanda awal anyang-anyangan. Bila Anda mengalami gejala mecam itu, segera konsultasikan untuk dengan kami untuk bisa mengatasi penyebab anyang-anyangan di Klinik Utama Sentosa.

Penyebab Anyang-anyangan

Anyang-anyangan biasanya dipicu oleh infeksi bakteri yang mengarah pada infeksi saluran kemih. Tapi ada hal lain yang bisa menjadi pemicu yakni sebagai berikut.

  • Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Gejala umum dari ISK adalah sering buang air kecil tapi urine yang keluar sedikit, disertai rasa nyeri. Ini terjadi akibat infeksi bakteri dan memicu peradangan pada kandung kemih. ISK ini menjadi salah satu kondisi yang memicu terjadinya anyang-anyangan karena peradangan pada organ kemih seperti uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal.

Kaum perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena ISK dibanding laki-laki karena uretranya lebih pendek. Uretra pendek ini memungkinkan bakteri penyebab ISK yang ada di sekitar anus bisa dengan mudah mencapi kandung kemih.

  • Aktivitas Kandung Kemih yang Berlebihan

Kandung kemih yang terlalu aktif bisa juga memicu anyang-anyangan. Hal ini menyebabkan seseorang tiba-tiba merasa ingin kencing. Dorongan untuk kencing secara tiba-tiba ini terjadi akibat kontraksi otot kandung kemih, yang bisa berujung pada kebocoran urine (inkontinensia).

  • Batu Kandung Kemih

Batu kandung kemih terbentuk karena sering kencing tidak tuntas. Urine yang tertinggal dalam kandung kemih dapat mengkristal menyerupai gumpalan keras pada kandung kemih.  Kondisi batu kandung kemih ini menjadi salah satu pemicu timbulnya anyang-anyangan.

  • Adanya Iritasi pada Organ Vital

Khusus untuk perempuan, risiko iritasi pada bagian vital semakin besar jika sering membersihkan vagina dengan cara menyemprotkan air atau apa saja ke dalam vagina menggunakan penyemprot. Hal ini lama kelamaan akan  menimbulkan iritasi dan memicu gejal sakit pada vagina seperti anyang-anyangan.

  • Faktor Hormonal

Salah satu foktor yang bisa memicu anyang-anyangan adalah berkurangnya hormon yang dibutuhkan untuk membasahi vagina menjelang menopause dan benar-benar habis atau kering pasca menopause. Kondisi ini menyebabkan vagina menjadi kering dan menimbulkan sakit seperti anyang-anyangan.

Mengatasi Anyang-anyangan

Tindakan yang diperlukan untuk mengatasi anyang-anyangan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hal paling penting untuk mengatasi anyang-anyangan adalah dengan meencari tahu terlebih dulu apa pemicunya. Untuk mengetahui penyebab anyang-anyangan, datang saja ke klinik kami. Kami akan membantu Anda mengatasi penyebab anyang-anyangan di Klinik Utama Sentosa.

Klinik kami adalah salah satu klinik ternama dan terpercaya di Jakarta yang mampu menangani setiap masalah reproduksi. Untuk itu, mengatasi penyebab anyang-anyangan di Klinik Utama Sentosa, Anda bisa menghubungi kami di nomor 081366657878 atau dengan melakukan konsultasi secara online dengan petugas kesehatan kami.

224320cookie-checkPernah Alami Anyang-anyangan? Ini Penyebabnya!