Penyebab Infeksi Saluran Kemih Berulang

infeksi saluran kemih berulang

Infeksi saluran kemih berulang (ISK) merupakan salah satu gangguan pada sistem saluran kencing. Penyakit ini dapat dialami baik pria, wanita, maupun anak-anak. Gejala yang disebabkan oleh gangguan infeksi saluran kemih ini memang cukup mengganggu aktivitas. Infeksi saluran kemih ini disebabkan oleh adanya infeksi oleh bakteri. Salah satu gejala yang menyertai gangguan buang air kecil ini adalah rasa nyeri yang terasa pada bagian perut bawah.

Hati-hati, karena gejala infeksi saluran kemih ini cukup mengganggu, makanya sebaiknya kita ketahui bagaimana cara untuk mencegah gejala infeksi tersebut agar tidak berlanjut ke infeksi saluran kemih berulang. apalagi jika yang Anda alami merupakan saluran kemih berulang yang jika terjadi pada anak-anak akan sangat mengganggu. Untuk mengenali bahwa Anda terkena oleh gejala infeksi menular seksual, maka dapat dilakukan dengan melakukan tes urine.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah salah satu gangguan kesehatan yang menyerang sistem kemih. Ketika terjadi infeksi bakteri pada uretra, kandung, kemih, ureter. Maupun ginjal, maka penderitanya akan mengalami gejala infeksi saluran kemih. Sistem kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra yang memiliki fungsi masing-masing dalam mengolah dan membawa urine hingga keluar dari tubuh.

Ketika terjadi infeksi pada salah satu organ pada sistem tersebut, maka aktivitas buang air kecil juga akan mengalami gangguan. ISK ini dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bagian yang terinfeksi. Jenis yang pertama adalah ISK bawah dimana infeksinya terjadi pada organ kemih yang berada di bagian bawah yaitu uretra dan kandung kemih. Sedangkan ISK atas merupakan infeksi yang terjadi pada ginjal dan ureter.

infeksi saluran kemih berulang

Bahaya Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat dilakukan diagnosisnya dengan melakukan tes urine di klinik terdekat. Untuk mencegah bahaya dari infeksi saluran kemih berulang dapat dilakukan dengan mengenali gejala yang mungkin dialami oleh penderitanya, yaitu :

• Buang air kecil tidak tuntas
• Nyeri ketika buang air kecil
• Urine yang dikeluarkan berwarna lebih keruh
• Saat buang air kecil, urine bercampur dengan darah
• Merasa tidak enak badan
• Nyeri pada bagian kemaluan
• Demam dan menggigil

Gejala infeksi saluran kemih di atas jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih berulang. jika sudah sampai pada tahap ini masih belum diobati, maka penderitanya dapat mengalami gangguan ginjal. Infeksi ini paling sering dialami oleh wanita karena bentuk uretra wanita jauh lebih pendek dibandingkan dengan pria. Selain itu uretra wanita juga lebih dekat letaknya dengan anus sehingga lebih mudah terinfeksi oleh jamur, virus, maupun bakteri. infeksi yang terjadi pada uretra disebut dengan penyakit uretritis.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Tips mencegah dan Mengobati ISK berulang

Ketika Anda mengalami infeksi saluran kemih berulang, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Namun untuk mencegah adanya infeksi ini, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan, yaitu:

• Tidak menahan buang air kecil.
• Konsumsi air putih yang cukup
• Membersihkan organ intim dengan benar setelah buang air yaitu dari depan ke belakang.
• Mencuci tangan ketika memegang organ intim baik sebelum maupun sesudahnya.

Selain itu juga disarankan untuk buang air kecil setelah berhubungan intim. , dan bersihkan organ intim usai melakukan hubungan seksual. Perlu diingat bahwa berhubungan seksual yang tidak aman seperti gonta ganti pasangan juga dapat memicu terjadinya infeksi menular seksual. Untuk informasi mendetail mengenai infeksi saluran kemih berulang serta pengobatannya silahkan kunjungi dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Dapat juga menghubungi nomor 081366657878.

175680cookie-checkPenyebab Infeksi Saluran Kemih Berulang