Para Wanita, Waspadai Gejala Sifilis Ini

Penanganan gejala sifilis pada wanita di Klinik Utama Sentosa bisa diperoleh saat ini dengan mengunjungi Klinik Utama Sentosa. Tiap penyakit yang menginfeksi tentunya bisa diidentifikasi dari tanda-tandanya, termasuk sifilis. Gejala suatu penyakit sangat penting dipahami agar bisa mengambil tindakan medis yang diperlukan. Apabila muncul tanda-tanda seperti tanda penyakit sifilis namun dibiarkan, bakteri penyebabnya justru akan semakin menyebar hingga menjadi ancaman serius pada kesehatan orang bersangkutan.

Gejala-gejala Sifilis pada Wanita

Sebagai penyakit menular seksual yang berbahaya, gejala penyakit sifilis harus ditanggapi secara serius karena infeksi sifilis itu mungkin saja telah mencapai tahap yang tidak diinginkan.

Berikut ini gejala sifilis berdasarkan tingkatan-tingkatannya dan penanganan gejala sifilis pada wanita di Klinik Utama Sentosa disesuaikan dengan gejalanya.                          

  • Gejala fase primer

Pada tingkat primer ini, gejala penyakit sifilis yang umum ditemukan adalah timbulnya lesi pada area di mana terjadi infeksi bakteri penyebab sifilis.  Lesi tersebut tidak sakit, dan timbulnya lesi ini menandakan orang bersangkutan telah terinfeksi  setidaknya sejak tiga 3 minggu sebelumnya. Secara lebih jelas, tanda-tanda terkena sifilis tingkat primer adalah:

:. lesi tersebut biasanya muncul di sekitar selangkangan seperti paha, ujung atau batang penis, vulva atau leher rahim dan organ sekitar alat kelamin dan anus, juga pada lubang anus dan tenggorokan. Lesi itu tidak menimbulkan rasa sakit;

:. lesi pada wanita, terutama bila tumbuh pada organ dalam cenderung tidak diketahui karena tak terlihat;

:. lesi akan sembuh dengan sendiri setelah muncul antara 3 sampai 6 minggu.

  • Gejala fase sekunder

Tingkat sekunder tampak a ruam yang muncul setelah sembuhnya lesi atau bahkan sebelum sembuh. Ruam tersebut bisa menyebar di seluruh tubuh tetapi utamanya di telapak tangan dan telapak kaki. Melalui ruam tersebut, dapat diketahui bahwa bakteri penyebab sifilis menjangkau seluruh bagian tubuh.

Tanda-tanda terkena sifilis pada tingkat ini akan lebih jelas melalui hal-hal berikut.

:. Warna ruam bisa coklat kemerahan dan berupa kulit terangkat atau luka yang ukurannya kecil, dan tampak padat.

:. Apabila ruam atau menjadi luka dan terbuka, tampak selaput lendir yang mengandung nanah atau luka seperti kutil.

:. Ruam kulit akan sembuh dengan sendirinya setelah muncul selama kurang lebih dua bulan.

  • Gejala fase laten

Sifilis mencapai tingkat laten (tersembunyi) apabila gejala pada dua tahap sebelumnya tetap dibiarkan tanpa penanganan medis. Tingak ini ditandai dengan “menghilangnya” gejala-gejala sifilis pada orang bersangkutan. Bakteri sifilis yang bersembunyi ini bisa terjadi selama 1 hingga 20 tahun.

Karena tersembunyi, sifilis akan sulit terdiagnosis. Cara terbaik untuk tahu adalah melalui uji darah, memeriksa riwayat kesehatan. Pada wanita, tanda sifilis laten ini juga akan disadari dari sifilis bawaan anaknya pada saat lahir.

  • Gejala fase tersier

Tingkat terakhir ini biasanya disebut juga tingkat terlambat. Tingkat terjadi setelah masa “istirahat” bakteri dalam tubuh berakhir. Tingkat ini ditandai dengan adanya berbagai ancaman serius melalui komplikasi yang timbul. Penyakit-penyakit yang timbul akibat komplikasi di antaranya adalah:

:.  gummata (timbul pada tubuh bagian dalam atau bagian luar [kulit])

:.  sifilis kardiovaskular (gangguan jantung dan pembuluh darah);

:.  neurosifilis (gangguan atau rusaknya sistem saraf, otak).

Apabila Anda menemukan gejala atau tanda-tanda sifilis, segeralah konsultasikan dengan dokter agar diagnosis terhadap penyakit Anda menjadi jelas. Diagnosis sangat penting untuk menentukan tingkat sifilis Anda sehingga penanganan medis dapat disesuaikan.

Penanganan khusus terhadap gejala sifilis pada wanita di Klinik Utama Sentosa sangat terpercaya. Salah satu klinik ternama dan terpercaya di Jakarta. Anda juga bisa menghubungi kami di nomor  081366657878 atau dengan melakukan konsultasi secara online dengan petugas kesehatan kami di bawah ini.

231070cookie-checkPara Wanita, Waspadai Gejala Sifilis Ini