Adakah Cara Agar Sunat Tidak Sakit?

sunat tidak sakit

Adakah cara agar melakukan sunat tidak sakit? Simak penjelasan mengenai sunat berikut ini untuk mengetahui jawabannya. Sunat atau khitan adalah prosedur pemotongan kulup penis yang dilakukan oleh pria. Selain dilakukan dengan alasan tradisi maupun keyakinan, sunat juga dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tertentu.

Kondisi tertentu yang dimaksud diantaranya adalah gangguan kulup panjang atau fimosis. Fimosis merupakan gangguan pada penis yang sering dialami oleh anak-anak yang belum menjalani sunat. Selain itu, gangguan lain pada penis lainnya juga dapat diatasi dengan metode sunat. Jika ingin sunat tidak sakit, maka pilihlah metode dimana Anda dapat menggunakan obat bius. Sunat pada umumnya dilakukan pada saat muda atau saat anak-anak. Tapi, sunat bisa juga dilakukan ketika seseorang sudah dewasa terutama ketika terjadi kondisi yang mengharuskan kita untuk menjalani sunat seperti masalah kelamin.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Pengertian Sunat

Sunat merupakan prosedur pemotongan kulup atau kulit penis sebagian dengan tujuan tertentu. Sunat atau khitan di Indonesia dikenal sebagai salah satu prosedur yang dilakukan karena keyakinan maupun tradisi. Dalam istilah medis, sunat memiliki nama sirkumsisi. Sunat ini biasanya dilakukan ketika masih muda. Tapi sunat saat dewasa juga sebenarnya tidak masalah. Hanya saja, resiko yang dihadapi akan berbeda dibandingkan sunat saat kecil dan sunat memiliki berbagai manfaat.

Penis berisiko mengalami berbagai masalah kelamin jika belum disunat. Contohnya seperti gangguan fimosis atau kulup panjang dimana kulup tidak dapat ditarik ke belakang. Kulup atau kulit penis yang biasanya semakin elastis seiring bertambahnya umur. Namun, ada pula yang kulupnya tetap tidak elastis meskipun telah dewasa. Yang sering mengalami fimosis ini anak-anak yang berusia hingga 11 tahun. Biasanya kulup penis yang tidak bisa ditarik pada anak-anak dapat diatasi dengan menggunakan minyak ataupun salep tertentu dan ditarik perlahan. Namun, jika masalah ini dialami oleh pria dewasa, maka dapat menyebabkan berbagai masalah. Tidak hanya dapat memicu infeksi, masalah ini juga mengganggu kehidupan seksualnya. Kondisi fimosis dimana kulit penis rapat dengan penis dapat menyebabkan rasa sakit ketika digunakan untuk berhubungan seksual. Baik bagi anak-anak dan orang dewasa dapat menggunakan obat bius agar sunat tidak sakit. Namun setelah prosedur sunat selesai, biasanya sakit akibat luka akan tetap terasa selama beberapa hari.

Jenis Jenis Metode Sunat

Untuk memilih metode sunat yang paling tepat, maka kenali dulu beberapa metode sunat yang manakah metode sunat tidak sakit. Metode ini dapat digunakan untuk anak-anak maupun dewasa. Berikut jenis metode sunatnya.

• Sunat konvensional
Untuk metode sunat konvensional ini masih sering digunakan oleh dokter maupun mantri. Alat yang digunakan dalam metode sunat ini juga telah menggunakan alat medis yang lengkap dan memadai. Proses sunatnya menggunakan obat bius agar sunat tidak sakit saat kulit penis dipotong. Pemotongan kulit penis dengan metode sunat ini menggunakan alat berupa pisau bedah atau gunting. Setelah selesai dipotong, kulit penis dijahit untuk disatukan kembali. Kelebihan metode sunat ini jika dibandingkan dengan metode sunat tradisional adalah sunat tidak sakit saat prosesnya karena menggunakan obat bius. Hanya saja proses sunat ini masih membutuhkan waktu lama.

• Sunat tradisional
Metode sunat ini mungkin sekarang sudah jarang digunakan. Apalagi bagi masyarakat di perkotaan. Metode sunat tradisional ini masih menggunakan alat yang sederhana serta tidak menggunakan obat bius. Resiko pendarahan yang lebih banyak membuat sunat itu sudah kurang diminati.


>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<


• Sunat dengan Electric cauter
Metode sunat ini sempat populer dan banyak dipilih untuk sunat anak anak maupun orang dewasa. Nama metode sunat ini adalah metode electric cauter. Metode sunat ini yang awalnya sering dikenal sebagai sunat laser. Padahal jika dilihat dari pemotongan kulit penis pada sunat ini tidaklah menggunakan laser. Pemotongan kulit penis pada metode sunat ini menggunakan alat penembak yang dialiri listrik. Metode sunat ini kelebihannya adalah kulit penis dipotong dalam waktu yang cepat dan sunat tidak sakit. Risiko pendarahan juga tidak banyak. Sebenarnya metode ini mirip dengan sunat konvensional. Hanya saja, metode ini menggunakan alat yang lebih modern sehingga kulit penis dapat dipotong lebih cepat.

• Sunat dengan metode klem
Proses sunat dengan metode klem ini dilakukan dengan cara menjepit kulit penis yang akan dipotong dengan pisau bedah maupun gunting. Alat yang digunakan dalam sunat klem ini adalah tabung plastik khusus dengan ukurannya yang bervariasi. Alat yang digunakan untuk metode klem banyak jenisnya, tapi dengan metode yang sama. Setelah selesai dipotong, kulit penis yang dipotong dengan metode ini tidak perlu dijahit.

• Sunat dengan Laser CO2
Inilah metode laser yang sebenarnya. Proses sunat ini menggunakan obat bius agar sunat tidak sakit. Dengan metode sunat laser, pemotongan sama sekali tidak menyebabkan darah menetes jadi resiko pendarahan dapat dihindari.

Masing-masing metode sunat yang telah kita bahas di atas memiliki kelebihan dan kekurangan tentunya. Dari ulasan di atas dan informasi lainnya Anda dapat terbantu untuk memutuskan untuk menggunakan metode sunat mana. Karena beberapa faktor, seperti bentuk maupun ukuran penis setiap orang berbeda, makanya sunat pada setiap orang memiliki kecocokan yang berbeda. Agar tidak salah memilih metode sunat yang sesuai lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter sebelum melakukan sunat. Anda juga bisa konsultasi mengenai metode sunat tidak sakit.

sunat tidak sakit

Kelebihan dan Kekurangan Metode Sunat Laser

Metode laser yang sebenarnya adalah yang menggunakan laser CO2 ini. Metode sunat ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan metode sunat yang lain. Proses sunat ini menggunakan obat bius agar sunat tidak sakit. Dengan metode sunat laser, pemotongan sama sekali tidak menyebabkan darah menetes karena efek laser. Jadi, resiko perdarahan dari sunat laser ini dapat dihindari. Metode ini juga menggunakan alat klem untuk menjepit dan menarik kulit penis agar mudah dipotong. Setelah selesai proses pemotongan, penis akan dijahit agar penyembuhan lebih cepat dan hasil sunatnya bagus.

Kekurangan dari sunat laser ini jika tidak dilakukan oleh tenaga profesional dapat menyebabkan terpotongnya ujung penis. Selain itu luka bakar akibat laser juga dapat terjadi. Makanya pilihlah tempat sunat yang terpercaya agar hasil sunat bagus dan sunat tidak sakit. Metode ini biasanya dapat dilakukan di klinik atau rumah sunat terdekat.

sunat tidak sakit
Kelebihan dan Kekurangan Metode Sunat Klem

Proses sunat dengan metode klem ini dilakukan dengan cara menjepit kulit penis yang akan dipotong dengan pisau bedah maupun gunting. Kelebihan dari metode sunat klem ini diantaranya adalah alat yang digunakan. Sunat klem ini adalah tabung plastik khusus dengan ukurannya yang bervariasi. Kelebihan lainnya setelah proses pemotongan selesai, kulit penis tidak perlu dijahit seperti halnya sunat konvensional.

Sedangkan kekurangannya adalah klemnya baru dilepas setelah luka dari sunat telah mengering. Hal ini berisiko terjadi masalah dengan klemnya. Salah satu klinik yang menyediakan layanan ini adalah Klinik Utama Sentosa. Klinik ini melayani reservasi untuk pemeriksaan maupun melakukan sunat secara online sehingga lebih memudahkan Anda. Hubungi saja dokter kami di nomor 081366657878.

192310cookie-checkAdakah Cara Agar Sunat Tidak Sakit?