Waspada Gejala Awal Sipilis Pada Wanita Sebelum Mengobatinya

gejala awal sipilis pada wanita

Hindari bahaya penyakit sipilis dengan mengenali gejala awal sipilis pada wanita. Sipilis atau penyakit raja singa merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian jika tidak segera diatasi. Penyakit sipilis ini tidak hanya menginfeksi wanita saja, namun juga bisa menular kepada pasangan seksualnya.

Dengan cara apa penularan penyakit sipilis terjadi? Sipilis dapat menular melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui hubungan seks. Berhubungan seks secara anal, oral, maupun vaginal dengan penderita penyakit sipilis berisiko menyebabkan penularan. Penularan penyakit sipilis ini hampir mirip dengan penyakit HIV AIDS. Transfusi darah dan penggunaan jarum suntik maupun pisau cukur juga berisiko menularkan bakteri sipilis. Kapankah kita harus mengatasi sipilis agar tidak menular? mari kenali lebih jauh mengenai apa itu penyakit sipilis dan gejala awal sipilis pada wanita.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Mengenal Apa Itu Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis atau penyakit raja singa merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Bakteri ini mulai menampakkan gejalanya sekitar 21 hari setelah menyebabkan infeksi. Gejala khas yang muncul akibat penyakit sipilis ini adalah luka chancre. Luka chancre merupakan luka yang mirip sariawan yang berukuran kecil dan kemerahan. Luka ini dapat muncul di rektum, vagina, maupun mulut jika penularannya terjadi melalui seks oral.

Biasanya gejala awal sipilis pada wanita muncul di sekitar organ-organ tersebut. Luka chancre ini dapat berkembang sekitar 10-90 hari setelah infeksi terjadi. Selain di bagian luar tubuh, gejala ini juga bisa muncul di bagian dalam organ reproduksi seperti leher rahim maupun bukaan vagina. Tentu saja gejala ini sering tidak disadari oleh penderitanya. Hal ini menyebabkan wanita menyadari bahwa dirinya terinfeksi sipilis, setelah gejala awalnya telah lama muncul. Tidak sedikit yang tanpa sengaja mengetahui dirinya terinfeksi sipilis ketika melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Untuk mewaspadai penyakit yang satu ini, Anda perlu mengetahui apa saja faktor pemicu yang menyebabkan sipilis serta gejala awal sipilis pada wanita yang biasa muncul.

gejala awal sipilis pada wanita

Gejala Sipilis Berdasarkan Fase Penularannya

Fase penularan bakteri sipilis dapat dilihat dari gejala awal sipilis pada wanita yang biasa muncul. pada setiap fase menunjukkan gejala yang berbeda-beda, sehingga perlu dikenali agar tidak terlambat melakukan pengobatan. Pasalnya, penularan sudah bisa terjadi meskipun penderitanya belum mengalami gejala. Sipilis bahkan memiliki fase dimana tidak muncul gejala sama sekali, namun bakteri penyebab penyakit sipilis tetap aktif menginfeksi organ tubuh bagian dalam. Jika dibiarkan, tentu saja sipilis dapat menyebabkan komplikasi yang sulit untuk disembuhkan. Berikut beberapa gejala sipilis berdasarkan fase penularannya.

• Gejala Sipilis Fase Primer
Dikenal juga dengan gejala awal sipilis pada wanita, luka chancre mulai muncul setelah bakteri sipilsi menginfeksi sekitar 21 hari. Gejala ini mulai dialami oleh penderita dan muncul pada bagian mulut, anus, vagina, maupun bagian dalam kewanitaan. Pada wanita, gejala yang mirip dengan sariawan ini dapat muncul di bagian dinding rahim. Sebaiknya Anda mulai melakukan pengobatan sipilis jika gejala awal ini mulai muncul.

• Gejala Sipilis Fase Sekunder
Di tahap selanjutnya, mulai muncul gejala berupa ruam di sekitar telapak tangan maupun telapak kaki. Ruam ini berwarna kemerahan atau kecoklatan dan dapat muncul di bagian tubuh lain juga. Namun, yang paling sering ditemukan adalah di telapak tangan dan kaki. Gejala ini dapat sembuh tanpa diobati. Namun, gejala ini juga bisa muncul kembali dengan bentuk yang jauh lebih parah. Gejala awal sipilis pada wanita berupa ruam maupun luka chancre dapat muncul berkali-kali dalam setahun jika tidak segera diobati.
• Gejala Sipilis Fase Tersier
Fase yang paling parah adalah fase tersier. Di fase ini, gejala yang muncul adalah kerusakan pada beberapa organ tubuh bagian dalam seperti jantung, hati, maupun sistem saraf. Di fase ini, membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengatasi komplikasi yang disebabkan. Selain itu, jika gejalanya tidak dapat diatasi, maka dapat menyebabkan kematian. Itulah mengapa pengobatan sipilis perlu dilakukan segera setelah gejala awal sipilis pada wanita muncul. segera kunjungi dokter ketika Anda mengalami gejala awal sipilis pada wanita.

Sebenarnya, selain ketiga fase tersebut, sipilis juga memiliki fase laten. Fase ini merupakan fase yang tersembunyi, kenapa disebut demikian? Karena pada fase ini tidak ada gejala sipilis yang terjadi dan dapat dikenali. Di fase ini, bakteri sedang menginfeksi organ tubuh bagian dalam melalui aliran darah. Sistem saraf merupakan salah satu bagian tubuh yang diinfeksi oleh bakteri sifilis di fase ini. Fase ini terjadi sebelum fase tersier. Sebaiknya lakukan pemeriksaan yang intensif untuk mengetahui penyakit sipilis sembuh atau tidak. Pasalnya di fase laten ini sipilis terlihat seolah-olah telah sembuh, namun sebenarnya masih aktif di dalam tubuh.

gejala awal sipilis pada wanita

Mengatasi Sipilis dari Gejalanya

Setelah mengetahui gejala pada setiap fase penyakit sipilis, maka Anda dapat mulai melakukan langkah untuk mengatasi sipilis dimulai dengan mengenali gejala awal sipilis pada wanita. Berikut adalah langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyakit sipilis.

• Memeriksakan diri ke dokter
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyakit sipilis adalah dengan mengunjungi klinik penyakit kelamin. Sampaikan keluhan maupun gejala awal sipilis pada wanita yang Anda alami kepada dokter. Dari gejalanya, dokter dapat melakukan diagnosis, dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk melihat apakah terdapat bakteri treponema pallidum di dalam tubuh Anda.

• Melakukan perawatan yang tepat untuk gejala sipilis
Langkah berikutnya adalah dengan memberikan perawatan yang tepat untuk gejala penyakit sipilis yang Anda alami. Perawatan ini dapat Anda lakukan sesuai dengan resep dokter. Sebenarnya gejala awal sipilis pada wanita dapat sembuh sendiri, namun tetap perlu dilakukan pengobatan di tahap awal infeksi sipilis.

Menggunakan obat antibiotik
Cara lainnya untuk mengatasi gejala awal sipilis pada wanita adalah dengan menggunakan obat antibiotik. Penggunaan obat antibiotik sebaiknya dilakukan dengan resep dokter karena dosis obat antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan resistensi. Untuk itu perlu dilakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menjalani pengobatan.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Tidak disarankan melakukan pengobatan mandiri untuk penyakit sipilis ini. Pasalnya pengobatan di rumah tanpa pengawasan dokter dapat menambah risiko penularan penyakit sipilis kepada orang di sekitar penderita. Konsultasikan segera setelah gejala awal sipilis pada wanita Anda alami. Temui dokter kami di Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan pengobatan yang tepat terhadap penyakit sipilis yang Anda derita. Klinik kami telah dilengkapi dengan alat medis yang canggih sehingga pengobatan untuk penyakit sipilis dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Kami juga menyediakan layanan konsultasi online bagi yang belum bisa datang langsung ke klinik. Untuk konsultasi gratis cukup hubungi nomor ini saja 081366657878.

202150cookie-checkWaspada Gejala Awal Sipilis Pada Wanita Sebelum Mengobatinya