Tanda Tanda Penyakit Sifilis

tanda penyakit sifilis

Penyakit menular seksual (PMS) yang umum terjadi adalah penyakit sifilis atau disebut raja singa. Biasanya penyakit sifilis menular melalui hubungan seksual. Penyakit sifilis disebabkan oleh bakteri bakteri bernama Treponema Pallidum yang bersifat kronis dan menahun. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir. Dan sifilis berkembang melalui proses dan tahapan dengan memiliki gejala yang tidak sama.

Penularan utama penyakit sifilis terjadi dengan melalui kontak seksual, namun infeksi juga dapat menular dari ibu ka bayi selama masa kehamilan, atau ketika proses persalinan, yang menyebabkan infeksi sifilis kongenital. Tanda-tanda sifilis pada wanita dan pria tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama. Infeksi sifilis berkembang secara bertahap serta gejala yang bervariasi dalam setiap tahapnya.

Gejala penyakit sifilis

Tanda dan gejala sifilis pada wanita berlangsung 3 hingga 4 minggu, kemudian muncul benjolan pada sekitar area kelamin. Terkadang disertai dengan pusing serta nyeri pada tulang seperti flu, yang akan hilang dengan sendirinya tanpa di obati. Bercak kemerahan pada tubuh 6 sampai 12 minggu setelah hubungan seksual. Gejala akan hilang sendiri dan seringkali penderita tidak memperhatikan hal ini.

Sedangkan tanda-tanda sifilis pada pria yang tertular memiliki gejala yang mirip dengan apa yang dialami wanita. Namun perbedaan utamanya adalah pada tahap pertama, chancre akan muncul pada area penis. Dan pada tahap yang kedua, muncul luka-luka pada penis, atau pada mulut, tenggorokan, dan penis.

Cara mengobati sifilis

Penyakit sifilis dapat disembuhkan dan berhasil jika pengobatan dilakukan pada tahap awal, tanda-tanda sifilis yang sudah sembuh berupa hilangnya gejala dan tidak muncul kembali. Perawatan sifilis sejak dini dengan menggunakan penisilin sangat penting, sebab paparan jangka panjang terhadap penyakit dapat menyebabkan konsekuensi yang akan mengancam dini. Pengobatan sifilis sebaiknya dilakukan dokter ahli kelamin, tidak dianjurkan melakukan sembarangan tanpa saran dokter. Pengobatan sifilis yang efektif adalah beradsarkan gejala dan tahapan yang muncul, misalnya pengobatan pada tahap tersier dan tahap sekunder itu berbeda. Untuk itu penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil pengobatan yang sempurna.

Kapan waktu yang aman untuk melakukan hubungan seksual? Kontak seksual sebaiknya dihindari sampai segala perawatan telah selesai, dan tes darah menegaskan bahwa penyakit telah sembuh serta gejala tidak muncul lagi. Sebaiknya selalu konsultasikan kondisi Anda kepada dokter.

Pencegahan penyakit sifilis

Tindakan pencegahan dapat dilakukan untuk meminimalisir risiko terinfeksi penyakit ini, dengan cara:

  • Tidak melakukan hubungan seksual bebas.
  • Menggunakan kondom ketika melakukan hubungan seksual, walau hanya melindungi terhadap luka genital.
  • Tidak berbagi mainan seks.
  • Sebaiknya menghindari alkohol serta obat-obatan yang berpotensi menyebarkan praktik seksual yang tidak aman.
45840cookie-checkTanda Tanda Penyakit Sifilis