Mengenal dan Memahami Tahapan Penyakit Sifilis

Tahapan penyakit sifilis bisa agak membingungkan dan terjadi sekitar waktu yang sama. Dan kemungkinan ada saat ketika Anda tidak memiliki gejala sama sekali namun infeksi tetap ada hingga Anda diobati. Gejala dapat bervariasi pada setiap tahapan penyakit sifilis dan mungkin tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama bagi setiap orang.

<<<Informasi Lebih Lanjut Klik Disini>>>

Infeksi sifilis bersifat licik, sebab Anda atau pasangan mungkin tidak memiliki gejala yang Anda lihat atau rasakan. Pada sebagian besar waktu, orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit kelamin sifilis, itu sebabnya mengapa sangat penting untuk di uji terutama bagi Anda yang aktif secara seksual dan baru saja melakukan hubungan seksual tanpa kondom.

Penyakit sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan infeksi bakteri Neisseria gonorhoeae, menular melalui aktivitas hubungan seksual vaginal, anal, atau oral, atau menyebar melalui kontak langsung dengan luka. Risiko Anda tertular penyakit kelamin sifilis akan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah pasangan seksual dan melakukan hubungan seksual tanpa kondom.

Berikut, tahapan penyakit sifilis yang harus diketahui

Sifilis Primer

Sifilis primer umumnya dimulai dengan penampilan luka (chancre) setelah paparan awal. Luka akan berkembang pada titik kontak, yang paling sering pada vagina, serviks, penis, anus, dubur, atau mulut. Mungkin ada satu atau lebih lesi dengan ukuran satu inci atau lebih. Karena luka tidak menyebabkan rasa sakit, mereka dapat terlewatkan begitu saja. Kelenjar getah bening yang membengkak dapat terjadi, umumnya di dekat lokasi infeksi. Luka akan sembuh dengan atau tanpa pengobatan. Namun jika tidak diobat, tahapan penyakit sifilis akan terus berlanjut.

Sifilis Sekunder

Umumnya gejala muncul beberapa minggu sejak munculnya chancre. Selama dalam tahap ini, seseorang mungkin akan merasa sakit dan demam, sakit tenggorokan, kelelahan, dan sakit kepala. Salah satu gejala yang khas di tahap ini adalah ruam yang menyebar luas dan tidak gatal, yang paling jelas ada di telapak tangan dan kaki. Penampilan ruam dapat bervariasi secara dramatis. Lesi mungkin datar atau terangkat, dan bahkan dapat bermanifestasi dengan lepuh yang berisi nanah. Umumnya gejala sifilis sekunder akan sembuh dengan atau tanpa pengobatan.

Sifilis Laten

Tahapan penyakit sifilis laten dimana gejala tidak ada sama sekali, namun jika di tes darah positif. Selanjutnya dibagi dalam 2 tahap, yaitu sifilis laten awal (periode kurang dari setahun dari tes darah terakhir), dan sifilis laten lanjut.

Sifilis Tersier

Sifilis tersier adalah tahapan penyakit sifilis yang paling serius dan ditandai dengan 3 komplikasi utama, yaitu:

  • Menyebabkan pembentukan lesi yang lunak seperti tumor (gumma), menyebabkan luka borok besar pada kulit dan mulut, mengikis jaringan jantung, hati, tulang, otot, dan organ vital lainnya.
  • Dapat menyebabkan peradangan yang parah pada aorta dan perkembangan aneurisme aorta.
  • Sementara infeksi sifilis dapat dibersihkan selama tahap tersier, kerusakan apapun yang disebabkan jantung, ginjal, atau organ lainnya mungkin permanen dan menyebabkan kegagalan organ stadium akhir. Perawatan akan ditentukan jenis tahapan penyakit sifilis dan tingkat kerusakan.

<<<Konsultasi Langsung Dengan Dokter, Klik Disini>>>

Kapan saya harus menemui dokter?

Karena gejala infeksi sifilis sangat mudah terlewatkan atau salah diagnosis dengan infeksi lain, Anda perlu mengambil tindakan sejak dini jika Anda mencurigai terinfeksi. Selain itu, jika Anda atau pernah berada dalam risiko pajanan seksual, baik karena hubungan seksual tanpa kondom, banyak pasangan, atau menjadi postif HIV, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk tes PMS terlepas dari Anda memiliki gejala atau tidak, sebab sifilis awal dapat dengan mudah disembuhkan.

Kami, Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi. Kami mengerti dan memahami kondisi Anda, hadir dengan metode pengobatan terbaru memberikan perawatan dan penanganan medis intesif yang berkualitas dan terarah. Jangan abaikan luka lecet yang muncul pada alat kelamin Anda atau mendiagnosis sendiri dan melakukan pengobatan sembarangan sebab tindakan ini dapat menyebabkan masalah baru pada alat kelamin.

Klinik Utama Sentosa dengan dokter kelamin terlatih, didukung peralatan medis canggih dengan biaya yang relatif terjangkau. Untu informasi lebih lanjut terkait penyakit kelamin wanita atau pria, silahkan klik website kami dan konsultasi online gratis 24 jam langsung dengan tenaga medis kesehatan profesional, atau hubungi kami di 081366657878.

124220cookie-checkMengenal dan Memahami Tahapan Penyakit Sifilis