Gejala dan Bahaya Penyakit Sipilis Pada Wanita

bahaya penyakit sipilis

Kematian merupakan salah satu bahaya penyakit sipilis yang paling parah. Di antara penyakit menular seksual, sipilis atau penyakit raja singa merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Pasalnya penyakit menular satu ini juga dapat menyebar bakterinya melalui transfusi darah. Apalagi jika penyakit ini diderita oleh wanita hamil.

Penyakit sipilis pada wanita bahkan dapat ditularkan kepada anak yang dikandungnya jika tidak segera diobati. Penyebab penyakit sipilis adalah bakteri Treponema pallidum. Penyakit yang dapat menyerang pria maupun wanita ini ditandai dengan gejala munculnya luka ruam. Gejalanya yang mirip dengan gejala alergi membuat penyakit sipilis sering diremehkan. Padahal di antaranya penyakit menular seksual sipilis ini tergolong yang sulit untuk disembuhkan. Dan bahaya penyakit sipilis juga masih banyak lagi.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Mengenal Penyakit Sipilis

Untuk mengenali penyakit sipilis, kita dapat mulai dari gejala serta penyebabnya. Selain itu, bahaya penyakit sipilis juga perlu diwaspadai. Penyakit sifilis merupakan penyakit yang membuat dilemma. Pasalnya pada awal munculnya gejala, sipilis dapat sembuh sendiri gejalanya. Namun, bakteri penyebabnya masih tetap bisa menginfeksi.
Penyakit raja singa ini bahkan dapat menular melalui hubungan seksual, baik hubungan seks oral, anal, maupun vaginal. Yang paling sering terkena penyakit sipilis ini adalah wanita, karena ada beberapa kondisi yang menyebabkan wanita memiliki kekebalan tubuh yang lemah sehingga lebih mudah terkena infeksi.

Infeksi menular seksual satu membutuhkan pengobatan yang intensif agar tidak kembali kambuh. Jika gejalanya hilang, hal ini tidak selalu menandakan bahkan bakterinya telah mati dan tidak dapat menyebar. Pasalnya pada penyakit sipilis ada tahap laten dimana tidak muncul gejala dalam jangka waktu bertahun-tahun, namun penularan tetap bisa terjadi. Ada beberapa tahap infeksi bakteri penyebab sipilis yang biasa dialami oleh penderitanya. Mulai dari tahap primer hingga tahap tersier atau tahap yang paling parah berisiko menyebabkan bahaya penyakit sipilis hingga kematian.

bahaya penyakit sipilis


Gejala Penyakit Sifilis Pada Wanita

Penyakit sipilis dapat diidentifikasi melalui gejala yang muncul. Pada wanita, gejala sipilis tidak selalu terlihat, namun berikut beberapa gejala yang mungkin dialami oleh penderita penyakit sipilis.

• Muncul luka chancre


Luka ini bentuknya keras pada bagian tepinya dan tidak berisi air di bagian tengahnya. Luka chancre ini biasanya muncul di sekitar vagina maupun anus tergantung dari proses penularannya. Gejala ini biasanya mulai muncul setelah infeksi bakteri sipilis terjadi sekitar 9-90 hari.

• Ruam


Luka ruam yang muncul sebagai gejala sipilis ini berukuran sekitar kurang dari 2 cm. Ruam ini terasa padat dan dapat timbul di berbagai organ tubuh, namun yang paling sering muncul di sekitar telapak kaki dan telapak tangan. Ruam yang muncul dapat berwarna kemerahan maupun kecoklatan. Ruam ini bentuknya mirip dengan gejala akibat alergi. Gejala ini biasanya dapat sembuh sendiri dalam jangka waktu sekitar dua bulan.

• Sakit tenggorokan


Gejala ini biasanya dialami jika melakukan hubungan seks secara oral. Penularan penyakit sipilis yang dapat terjadi melalui berbagai jenis hubungan seksual, membuat gejala yang dialami oleh setiap penderita sipilis bisa saja berbeda.

• Bercak putih pada bagian vagina, mulut, maupun hidung


Gejala ini juga terkadang dialami oleh wanita yang menderita penyakit sipilis.

• Gangguan sistem saraf


Gejala ini biasanya dialami jika sipilis telah memasuki tahap tersier dimana infeksinya telah menyebar melalui aliran darah. Infeksi bakteri nya telah sampai ke saraf serta organ tubuh bagian dalam yang memicu munculnya gejala gangguan pada sistem saraf. Penderitanya mungkin akan mengalami kelumpuhan, sakit kepala, gangguan reflek, serta ukuran pupil mata yang tidak beraturan dan lebih parahnya dapat menyebabkan kematian. Saat penderita mengalami gejala ini, maka artinya sipilis telah memasuki tahap yang paling akhir yaitu tahap tersier. Pada tahap ini akan terjadi komplikasi yang semakin sulit untuk disembuhkan. Jika tidak dapat disembuhkan, maka dapat menyebabkan kematian.

• Nyeri pada sendi


Pada wanita, penyakit sipilis juga dapat menyebabkan gejala nyeri pada sendi. Gejala ini muncul akibat bakteri penyebab sipilis yang mulai menyebar hingga ke organ lain. Untuk mencegah bahaya penyakit sipilis ini, dapat digunakan obat antibiotik agar infeksi bakterinya tidak semakin menyebar.

• Rambut rontok

Gejala rontoknya rambut ini dapat terjadi pada bagian alis, bulu mata, maupun rambut di sekitar puncak kepala.

Selain gejala tersebut, pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat terjadi. Untuk gejala demam yang terjadi, mungkin kurang disadari oleh penderitanya karena demamnya ringan. Namun, jika demam ini disertai dengan gejala lain, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter. Penyakit menular seksual merupakan penyakit yang menular melalui hubungan seksual, jadi untuk bahaya penyakit sipilis ini juga salah satunya adalah menular kepada pasangan. Bahkan pada wanita hamil, bakterinya dapat menular kepada bayi yang dikandungnya melalui persalinan normal. Untuk itu disarankan untuk melakukan pengobatan pada penderita sipilis yang sedang hamil untuk mencegah komplikasi maupun penularan pada bayi yang dikandungnya. Meskipun kasus ini jarang terjadi, namun Anda tetap harus waspada terhadap kemungkinan tersebut.

bahaya penyakit sipilis


Penularan Penyakit Sifilis

Dalam menyebarkan maupun menularkan bakterinya, sipilis dapat terjadi dengan berbagai cara, yaitu:

• Berhubungan seksual dengan penderita penyakit sipilis


Salah satu bahaya penyakit sipilis adalah menular dan penularan ini dapat terjadi antar pasangan seksual. Cara penularan inilah yang paling berisiko menyebabkan terjadinya penularan penyakit sipilis.

• Melakukan transfusi darah


Penderita penyakit sipilis yang melakukan transfusi darah dapat menularkan bakteri sipilisnya kepada orang yang mendapatkan transfusi darahnya. Makanya, setiap akan melakukan transfusi darah, biasanya pendonor akan diperiksa terlebih dahulu untuk mengetahui apakah sedang menderita penyakit tertentu.

• Melalui persalinan normal


Cara menularnya bakteri penyebab sipilis dari wanita hamil ke bayi yang dikandungnya adalah melalui persalinan normal. Untuk menghindari penularan dengan cara ini, maka dapat dilakukan pengobatan sebelum waktu melahirkan.

Pengobatan untuk wanita hamil harus dilakukan dengan hati-hati. Konsumsi obat yang salah, sangat fatal akibatnya bagi wanita hamil serta bayi yang dikandungnya. Untuk itu, selalu lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan obat tertentu dalam mengatasi suatu penyakit. Apalagi penyakit sipilis yang merupakan penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan kematian. Jangan sekali-kali meremehkan bahaya penyakit sipilis ini.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Pengobatan Penyakit Sipilis

Bahaya penyakit sipilis dapat dicegah penularannya dengan memeriksakan diri ke dokter. Sebelum mengobati penyakit sipilis, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan lanjutan untuk mendiagnosis penyebab dari penyakit sipilis. Setelah diagnosisnya diketahui, maka tindakan penyembuhan bisa mulai dilakukan. Salah satu cara menyembuhkan penyakit sipilis adalah dengan menggunakan obat antibiotik.

Penggunaan obat antibiotik ini sebaiknya dilakukan dengan pengawasan dari dokter. Sedangkan untuk mencegah gejalanya semakin bertambah parah serta bahaya penyakit sipilis, dapat digunakan obat yang sesuai dengan berkonsultasi dengan dokter. Untuk konsultasi pengobatan di Klinik Utama Sentosa, silahkan konsultasi dengan dokter kami dan hubungi nomor ini 081366657878.

189480cookie-checkGejala dan Bahaya Penyakit Sipilis Pada Wanita