Beginilah Cara Penularan Penyakit Sifilis

cara penularan penyakit sifilis

Untuk menghindari penularannya, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara penularan penyakit sifilis. Hal ini dilakukan agar tidak mengalami bahaya dari penyakit menular seksual ini. Sifilis adalah satu dari beberapa jenis penyakit menular seksual yang terjadi pada mereka yang aktif dalam berhubungan seksual. Dalam penyebarannya, sifilis dapat menular dengan berbagai cara, salah satunya yaitu melalui hubungan seksual.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Penyakit sifilis adalah penyakit yang berbahaya karena selain bisa menular dengan berbagai cara penularan penyakit sifilis, juga dapat menyebabkan berbagai bahaya dari mulai kebutaan hingga kematian. Perlu dilakukan tindakan pengobatan yang cepat agar apat menyembuhkan gejala penyakit sifilis. Penyakit yang dapat menginfeksi pria maupun wanita ini lebih sering menginfeksi wanita. Apalagi bagi mereka yang hobi bergonta-ganti pasangan seksual.

Gejala Sifilis Yang Perlu Dikenali

Untuk mewaspadai penularannya, pertama-tama kita harus mengenali seperti apa gejala atau tanda dari penyakit sifilis ini. Biasanya pada awal infeksi, sifilis cenderung tidak menampakkan gejala, padahal proses cara penularan penyakit sifilis dapat terjadi sejak bakteri penyebab sifilis mulai menginfeksi. Namun, mengetahui gejala setidaknya dapat meminimalisir penularannya. Berikut beberapa gejala yang mungkin dialami oleh penderita penyakit sifilis.

  • Muncul luka chancre

Luka ini biasanya muncul pada fase sifilis sekunder yang merupakan tahap kedua setelah masa inkubasi. Luka chancre ini bentuknya keras pada bagian pinggirnya, namun ditengahnya tidak mengandung air. Jika dibiarkan luka ini dapat melebar dan membuat lubang pada alat kelamin.

  • Luka ruam

Selanjutnya ada luka ruam yang biasanya muncul di bagian telapak tangan maupun telapak kaki. Ruam ini tidak gatal dan tidak sakit, beda halnya dengan ruam yang terjadi pada penyakit penderita alergi. Namun, keduanya memiliki kemiripan dan sering menyebabkan salah diagnosis jika tidak dilakukan pemeriksaan lanjutan.

  • Gangguan saraf

Untuk gejala yang satu ini biasanya muncul pada fase tersier atau fase yang paling parah. Hal ini karena bakteri penyebab sifilis yaitu Treponema pallidum telah masuk ke dalam aliran darah dan menginfeksi organ dalam maupun sistem saraf.

Jika sampai ke tahap yang paling parah yaitu tersier, maka penyakit sifilis akan semakin sulit untuk disembuhkan. Bahan jika tidak dapat disembuhkan, maka penyakit sifilis dapat berujung kematian. Itulah mengapa mengenali gejala penyakit sifilis merupakan salah satu langkah penting untuk mencegah cara penularan penyakit sifilis.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Cara Menghindari Bahaya Penyakit Sifilis

Cara penularan penyakit sifilis ini hampir seperti penyakit HIV AIDS. Tak hanya menular melalui hubungan seksual, sifilis juga dapat menular melalui penggunaan jarum suntik yang sama dengan penderita. Bahkan melalui transfusi darah sifilis juga bisa ditularkan. Nah, untuk menghindari bahaya penyakit sifilis ini tentu kita harus bisa menjauhi cara penularan penyakit sifilisnya. Berikut beberapa cara mencegah penularan sekaligus menghindari bahaya dari penyakit sifilis.

  • Tidak melakukan seks bebas.
  • Tidak memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
  • Menggunakan alat pengaman saat berhubungan seksual.
  • Tidak berhubungan seksual dengan orang yang memiliki riwayat menderita penyakit sifilis.
  • Saat pasangan terkena penyakit sifilis, lakukan pemeriksaan sekaligus tidak berhubungan seksual sebelum pasangan dinyatakan benar-benar sembuh.
cara penularan penyakit sifilis

Cara Mengobati Gejala Penyakit Sifilis

Penyakit sifilis dapat disembuhkan asalkan didiagnosis sejak masih pada gejala awal. Pasalnya jika sudah memasuki tahap parah seperti tahap tersier, maka penyakit sifilis akan sulit untuk disembuhkan. Pasalnya telah terjadi komplikasi dimana yang terinfeksi tidak hanya alat kelamin saja, namun juga organ dalam yang memiliki peran penting dalam mengatur segala aktivitas dalam tubuh. Cara penularan penyakit sifilis harus dihindari untuk mencegah bahayanya.

Saat bakteri penyebab sifilis telah masuk ke dalam aliran darah dan menginfeksi sistem saraf, maka dapat terjadi kebutaan, kelumpuhan, bahkan kematian. Untuk mencegah proses infeksi semakin menyebar, salah satu pengobatan yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan obat antibiotik. Perlu diingat jika pengobatan sebaiknya dilakukan sesuai dengan saran dokter. Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, silahkan periksakan diri Anda ke dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk melihat tahap infeksi sekaligus penyebabnya sehingga dapat mencegah cara penularan penyakit sifilisnya terutama untuk penderita sifilis yang sedang hamil. Untuk konsultasi dapat pula dilakukan melalui layanan konsultasi hotline di nomor 081366657878.

73320cookie-checkBeginilah Cara Penularan Penyakit Sifilis