Bahaya Penyakit Sipilis Jika Masuk Tahap Tersier

bahaya penyakit sipilis

Kematian merupakan salah satu bahaya penyakit sipilis yang terburuk. Sipilis bukanlah penyakit yang bisa Anda remehkan. Pasalnya penyakit ini adalah penyakit yang dapat menular. Tak hanya pada pasangan seksualnya, penyakit ini bahkan dapat menular pada bayi jika diderita oleh wanita hamil.

Memang benar gejala penyakit sipilis pada tahap awal dapat sembuh sendiri. Namun, gejalanya dapat kembali muncul jika tidak diobati dengan tuntas. Penyakit sipilis ini tidak hanya menginfeksi organ seksual saja, namun juga organ tubuh lainnya jika tidak dihentikan. Bakteri penyebab bahaya penyakit sipilis dapat masuk melalui aliran darah dan menginfeksi sistem saraf yang memiliki andil besar dalam mengatur fungsi tubuh kita.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Mengenal Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis dikenal juga dengan nama penyakit raja singa. Disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum, sipilis mulai menampakkan gejalanya diantara 9-90 hari setelah infeksinya terjadi. Diantara penyakit menular seksual yang ada, sipilis ini memiliki fase infeksi yang cukup panjang. Salah satu fasenya yang tersembunyi atau fase laten bahkan dapat bertahan hingga belasan tahun tanpa menyebabkan gejala. Namun, pada fase setelahnya penderita penyakit ini akan mulai mengalami kerusakan di berbagai organ akibat infeksinya yang telah menyebar.

Gejala awal yang muncul pada penderita penyakit sipilis dapat muncul dan hilang dengan sendirinya tanpa menyebabkan rasa gatal maupun sakit. Namun, jangan meremehkan gejala yang mirip dengan gejala alergi ini. Perlu diketahui bahwa cara bakteri penyebab penyakit sipilis menularkan infeksinya adalah melalui hubungan seks. Ketika Anda berhubungan seksual baik secara oral, anal, maupun vagina dengan penderita sipilis maka Anda berpotensi tertular infeksinya. Penyakit sipilis ini dapat diatasi ketika masih di tahap awal. Namun, jika telah masuk ke tahap akhir atau tahap tersier, maka akan sulit untuk disembuhkan.

bahaya penyakit sipilis

Gejala Penyakit Sipilis

Masa inkubasi dari bakteri Treponema pallidum bakteri ini tergolong pendek. Dalam jangka waktu antara 9-90 hari setelah infeksi terjadi penyebab penyakit sipilis mulai memunculkan gejala. Gejala penyakit sipilis tidak selalu dialami oleh penderitanya, terutama pada wanita. Gejala yang dialami oleh penderita sipilis biasanya menandai sejauh mana tahap infeksi dari bakteri penyebab bahaya penyakit sipilis telah menyebar.

Gejala sipilis pada tahap awal
Pada tahap awal penyakit sipilis ini gejala yang muncul adalah munculnya luka chancre. Pada tahap sipilis yang dikenal dengan fase primer ini gejala dapat bertahan selama 2-4 minggu. Luka yang bisa muncul di mulut, penis, vagina, maupun anus ini dapat sembuh sendiri. Namun waktu sembuhnya luka chancre pada setiap orang tidak selalu sama. Ada yang lukanya sembuh hanya dalam waktu seminggu, ada juga yang lukanya bertahan sampai 5 minggu.

Gejala sipilis tahap kedua
Tahap infeksi bakteri penyebab penyakit sipilis ini memasuki tahap kedua jika tanda seperti dibawah ini muncul. Gejala yang dapat muncul sebagai tanda pada pada tahap ini adalah ruam. Gejala ini mirip dengan gejala yang muncul pada penderita alergi. Warna ruam yang kemerahan atau kecoklatan dapat menjadi gejala khas dari penyakit sipilis ini. Jangan sampai salah mengira gejala ruam ini sebagai gejala alergi. Pasalnya salah pengobatan dapat membuat bakteri penyebab bahaya penyakit sipilis menyebar bahkan hingga ke pasangan.

Gejala sipilis tahap terakhir
Disebut sebagai tahap terakhir tentu ada alasannya. Pasalnya pada tahap terakhir ini penyakit bakteri sipilis telah menginfeksi organ tubuh bagian dalam yang dapat menyebabkan komplikasi. Tahap yang dikenal dengan fase tersier ini merupakan tahap yang memiliki tingkat kesembuhan paling kecil. Pasalnya yang terinfeksi oleh bakteri sipilis adalah organ vital seperti sistem saraf, hati, jantung, dan bahkan otak.

Sebenarnya ada satu lagi tahap infeksi sipilis, namun tahap ini kerap kali tidak disadari. Itulah kenapa tahap ini disebut sebagai tahap tersembunyi. Nama lain dari tahap ini adalah fase laten. Penderita seolah-olah sudah sembuh karena gejala tidak muncul dalam waktu yang lama. Namun, sebenarnya bakteri penyebab penyakit sipilisnya masih aktif di dalam tubuh. Tidak adanya gejala yang muncul membuat tahap sipilis yang satu ini sulit untuk dikenali. Apalagi tahap ini juga dapat berlangsung lama bahkan hingga belasan tahun. Namun, untuk mendeteksi tahap sipilis laten ini dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan. Ingat, hindari segala hal yang berisiko menyebabkan penularan penyakit sipilis sebelum Anda dinyatakan benar-benar sembuh dari bahaya penyakit sipilis. Termasuk berhubungan seksual dengan pasangan, karena cara ini yang paling berisiko menyebarkan bahaya penyakit sipilis.

bahaya penyakit sipilis

Komplikasi Penyakit Sipilis

Saat bakteri penyebab penyakit sipilis telah masuk ke aliran darah, artinya dapat terjadi komplikasi. Komplikasi yang dapat terjadi kepada penderita penyakit sipilis yang penyakitnya telah memasuki fase tersier adalah:

Gangguan saraf
Komplikasi ini biasanya terjadi ketika penyakit sipilis telah memasuki tahap tersier atau tahap terakhir.

Gangguan jantung
Bakteri penyebab bahaya penyakit sipilis yang masuk ke aliran darah dapat menyebabkan gangguan jantung. Pasalnya jantung merupakan organ yang mengatur aliran darah ke seluruh tubuh.

Kerusakan pada otak
Kondisi ini dikenal dengan Neurosifilis, yaitu infeksi otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh bakteri penyebab sipilis. Komplikasi ini dapat terjadi jika penyakit sipilis tidak mendapatkan pengobatan sama sekali selama bertahun tahun. Gejala yang muncul akibat neurosifilis ini diantaranya adalah kebutaan, demensia, sakit kepala, kelumpuhan, dan berbagai gangguan akibat kerusakan otak dan sistem saraf lainnya.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Dapatkah Sipilis Sembuh?

Lalu, dapatkah penyakit sipilis sembuh? penyakit sipilis ini dapat disembuhkan asalkan pengobatannya dilakukan sejak gejala awalnya muncul. Membiarkan bakteri penyebab bahaya penyakit sipilis menginfeksi tanpa melakukan langkah pengobatan, artinya Anda harus menghadapi gejala sipilis yang muncul akibat sipilis yang semakin menyebar. Penularan kepada pasangan maupun bayi yang baru dilahirkan juga dapat terjadi tanpa adanya pengobatan penyakit sipilis yang dilakukan. Mengobati penyakit menular seksual dibutuhkan obat antibiotik untuk mencegah bakteri penyebab bahaya penyakit sipilis nya aktif menginfeksi. Apalagi penyakit sipilis dapat kembali kambuh jika penderita penyakitnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Untuk itu, pengobatan penyakit sipilis perlu dilakukan begitu gejalanya muncul.

Apalagi bahaya dari penyakit sipilis ini juga bukan hal yang bisa kita abaikan. Setelah menginfeksi bertahun-tahun, penyakit sipilis yang tidak diobati dapat menyebabkan kematian. Namun, Anda jangan khawatir, untuk mencegah bahaya komplikasi penyakit sipilis, Anda dapat berobat ke Klinik Utama Sentosa. Temukan penyebab bahaya penyakit sipilis dan atasi agar tidak menyebabkan gejala lagi ataupun menular kepada orang tercinta yang ada di sekitar Anda. Untuk pengobatan dan konsultasi mengenai penyakit sipilis, silahkan hubungi saja dokter kami. Bisa datang langsung ke klinik, atau melalui layanan hotline. Reservasi untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan juga dapat dilakukan melalui layanan online dengan menghubungi nomor 081366657878.

191720cookie-checkBahaya Penyakit Sipilis Jika Masuk Tahap Tersier