Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Sifilis Agar Tidak Menular?

cara mencegah penyakit sifilis

Cara mencegah penyakit sifilis bisa dilakukan setelah berkonsultasi bersama dokter ahli. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini sangat mudah menular terutama ketika melakukan kontak langsung, seperti hubungan seksual. Karena itu, sipilis atau raja singa berisiko besar terjadi pada seseorang yang aktif secara seksual dan memiliki lebih dari satu pasangan seksual.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apa Saja Gejala Umum dari Penyakit Sipilis

Cara mencegah penyakit sifilis dengan tepat bisa dilakukan jika sudah mengetahui gejala yang muncul. Gejala sifilis ditandai dengan munculnya benjolan di sekitar organ kelamin. Kemunculan benjolan ini akan disertai dengan rasa sakit di bagian kepala, demam atau flu, dan nyeri pada tulang. Sebelum mengetahui cara mencegah penyakit sifilis, berikut beberapa gejala berdasarkan tahapannya:

  • Sifilis tahap primer biasanya akan memunculkan gejala-gejala berupa luka yang tidak menimbulkan rasa sakit, terasa kencang, dan berbentuk bulat. Gejala tahap primer ini muncul sekitar 3 minggu setelah terpapar infeksi pertama kali.
  • Sifilis tahap sekunder akan menimbulkan gejala lebih spesifik serta dapat sembuh dan kambuh dalam waktu cepat. Gejalanya, yakni ruam yang tidak terasa gatal, nyeri otot, sakit pada tenggorokan, berat badan menurun, dan kelelahan.
  • Sifilis pada tahap tersier terjadi 10 hingga 30 tahun setelah tahap primer dan sekunder terjadi. Gejala terkadang tidak terlihat namun menyebabkan kerusakan pada jantung, pembuluh darah, hati, tulang, serta sendi, dan gumma atau pembengkakan lunak di bagian tubuh.
cara mencegah penyakit sifilis

Segera Cegah Sipilis Sebelum Menyebar Dengan Cara Berikut

Sebelum melakukan beberapa cara mencegah penyakit sifilis, dokter biasanya akan mendiagnosis berdasarkan sejarah medis. Selain itu, pemeriksaan dengan memperhatikan organ seks, mulut, serta anus juga dilakukan. Tanda yang kecil atau cairan dari tubuh harus diteliti guna mengetahui jenis bakteri yang menginfeksi. Tes darah atau VDRL terkadang perlu disertakan untuk menentukan apakah terdapat antibiotik di dalam darah penderita.

Jika hasil diagnosis sudah didapatkan, pengobatan serta cara mencegah penyakit sifilis bisa segera dilakukan. Penanganan biasanya bergantung pada tahapan yang sedang dihadapi, seperti tahap 1 akan diberikan antibiotik suntik maupun minum. Sementara, penyakit sipilis tahap 2 dan tahap 3 diresepkan antibiotik dengan tambahan dosis. Agar proses penyembuhan lebih cepat, beberapa cara mencegah penyakit sifilis yang bisa Anda dilakukan, antara lain:

  • Tidak berhubungan seksual selama masa perawatan dilakukan.
  • Usahakan tidak bergonta ganti pasangan atau setia pada satu orang saja.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol serta obat-obatan terlarang.
  • Bicarakan riwayat seksual secara terbuka dengan pasangan Anda.
  • Gunakan pelindung atau kondom saat melakukan kontak seksual.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mencegah penyakit sifilis bisa Anda ketahui dan terapkan setelah berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa juga memiliki fasilitas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.

203060cookie-checkBagaimana Cara Mencegah Penyakit Sifilis Agar Tidak Menular?

Bagikan Artikel ini :

  • tombol share ke instagram