Jauhi Penyebab Erosi Serviks Berikut Ini!

penyebab erosi serviks

Apakah penyebab erosi serviks? Mari simak penjelasan berikut ini. untuk mengetahui apa itu erosi serviks dan apa yang dapat menyebabkan erosi serviks. Erosi serviks adalah salah satu gangguan kesehatan yang biasanya dialami oleh wanita yang masih muda. Erosi serviks dikenal juga dengan nama ektropian dimana gejala maupun tanda terjadinya kondisi ini lumayan minim. Hal ini membuat wanita kurang menyadari bahwa dirinya mengalami erosi serviks.

Erosi serviks sendiri merupakan sebuah kondisi dimana sel-sel kelenjar yang melapisi bagian dalam serviks justru menyebar ke luar dan menyebabkan radang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah akibat perubahan hormon di dalam tubuh, namun dapat juga terjadi karena kehamilan maupun akibat mengosumsi pil KB. Minimnya gejala, membuat erosi serviks sulit untuk dideteksi dan terkadang adanya penyebab erosi serviks baru diketahui setelah Anda mengalami gangguan kesehatan.

Penyebab Terjadinya Erosi Serviks

Erosi serviks mungkin bukan termasuk penyakit berbahaya yang menular, namun tetap saja kondisi yang satu ini tidak boleh kita biarkan begitu saja. Pasalnya, erosi serviks yang didiamkan tanpa pengobatan dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan. Erosi serviks sendiri biasanya disebabkan oleh adanya perubahan hormon dalam tubuh kita. Wanita hamil biasanya sering mengalami erosi serviks ini.

Selain kedua hal tersebut penyebab erosi serviks bisa jadi karena aktivitas mengonsumsi pil KB. Saat terjadi erosi serviks, biasanya aka nada gejala atau ciri-ciri yang muncul seperti peradangan di bagian leher Rahim maupun zona transformasi. Zona transformasi merupakan daerah di luar serviks yang menyentuh sel kelenjar yang berasal dari dalam serviks.

Tanda Atau Ciri-Ciri Anda Terkena Erosi Serviks

Minimnya gejala yang muncul pada seseorang yang mengalami erosi serviks membuat kita harus ekstra waspada dengan ciri-ciri yang dapat dilihat untuk mendeteksi terjadinya erosi serviks. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah :

  • Rasa sakit saat berhubungan intim.
  • Keluarnya cairan keputihan dalam jumlah yang banyak, namun tidak berbau. Keputihan akan menjadi berbau jika erosi serviks mulai mengakibatkan infeksi.
  • Terjadi pendarahan maupun terasa nyeri saat melakukan pap smear maupun pemeriksaan panggul.
  • Terjadi pendarahan baik setelah ataupun selama berhubungan seksual.
  • Keluar bercak darah diluar masa menstruasi.

Jika Anda mengalami gejala seperti di atas, tidak selalu mengacu pada erosi serviks. Ada juga penyakit kelamin yang memiliki gejala mirip seperti yang telah disebutkan di atas. Yang terpenting adalah ketika Anda mengalami gejala seperti di atas, jangan ragu untuk memeriksakannya kepada dokter. Konsultasikan kondisi kesehatan Anda, mungkin saja itu gejala tersebut muncul akibat penyebab erosi serviks. Penanganan yang cepat dapat mencegah berbagai bahaya yang jika kita lambat menyadarinya maka dapat menyebabkan hal yang lebih buruk.

penyebab erosi serviks

Bagaimana Kita Memastikan Adanya Erosi Serviks?

Karena gejalanya tidak selalu tepat dan dialami oleh semua orang, jadi cara terbaik untuk memastikan apakah positif terkena erosi serviks atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Datang saja langsung ke klinik untuk memeriksakan apakah keluhan yang Anda alami akibat penyebab erosi serviks atau tidak . Salah satu klinik yang dapat Anda kunjungi jika ingin berkonsultasi mengenai erosi serviks adalah Klinik Utama Sentosa. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai kondisi yang Anda alami.

Diagnosis erosi serviks dapat diketahui dengan melakukan beberapa pemeriksaan seperti pap smear, biopsi, maupun kolposkopi. Erosi serviks tidak boleh dibiarkan karena dapat menyebabkan banyak bahaya seperti infeksi, fibroid, dan yang paling bahaya adalah kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit yang banyak menjadi penyebab kematian pada wanita. Untuk mencegah terjadinya infeksi akibat erosi serviks, maka mengetahui ciri-cirinya sangatlah penting. Setelah itu, baru langkah berikutnya adalah memeriksakan diri ke dokter untuk mendiagnosis dan mencari tahu penyebab erosi serviks sekaligus melakukan pengobatan. Klinik kami juga menyediakan layanan konsultasi gratis bagi yang ingin berkonsultasi secara online di 081366657878.

71240cookie-checkJauhi Penyebab Erosi Serviks Berikut Ini!