Apa Kegunaan Antibiotik Untuk Servisitis?

antibiotik untuk servisitis

Antibiotik untuk servisitis memang mampu membantu mengurangi munculnya gejala penyakit. Servisitis merupakan penyakit yang diderita oleh wanita akibat adanya peradangan pada daerah serviks atau leher rahim. Penyakit ini termasuk ke dalam bentuk komplikasi dari vaginitis yang berlanjut. Biasanya, wanita bisa terinfeksi penyakit servisitis karena tertular penyakit kelamin oleh pasangan saat berhubungan seksual.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Bagaimana Gejala Servisitis Secara Umum?

Pada dasarnya, penyakit servisitis pada wanita tidak memunculkan gejala yang jelas pada penderitanya. Namun, beberapa wanita akan mengeluhkan sakit atau nyeri ketika berhubungan seksual, keluarnya keputihan yang berlebihan, pendarahan di luar siklus menstruasi, dan keluar darah saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Jika infeksi ini menyebar hingga uretra, maka akan mengakibatkan nyeri pada saat berkemih atau infeksi saluran kencing.

Kemungkinan munculnya gejala servisitis ini bisa disebabkan oleh bakteri dan virus yang ditularkan melalui kontak seksual. Selain itu, penyakit servisitis juga dapat timbul karena reaksi alergi yang berasal dari spermisida kontrasepsi atau lateks di dalam kondom. Penyebab lain seorang wanita bisa menderita servisitis, yakni perilaku seksual, memiliki riwayat infeksi menular seksual, dan melakukan seks yang tidak aman.

Jika gejala dibiarkan tanpa memberikan pengobatan dengan antibiotik untuk servisitis, maka penyakit bisa menyebabkan komplikasi serius. Infeksi dapat berlanjut ke organ wanita lebih dalam, termasuk uterus atau rahim, tuba fallopi, hingga ovarium. Kondisi ini biasa disebut dengan inflamasi pelvis yang bisa menyebabkan hilangnya nyawa penderita. Karena itu, dokter biasanya akan memberikan antibiotik sistemik yang memenuhi syarat.

antibiotik untuk servisitis

Diagnosis Serta Pengobatan Penyakit Servisitis

Sebelum dokter memberikan antibiotik untuk servisitis, pemeriksaan fisik akan dijalani oleh penderita guna menunjang hasil diagnosis. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasukkan kedua jari ke dalam liang vagina untuk mencari ada tidaknya kelainan. Prosedur pemeriksaan lain juga dilakukan dengan bantuan spekulum yang kemudian diperiksakan ke laboratorium. Pada dasarnya, penderita tidak memerlukan perawatan jika penyebabnya bukan karena infeksi menular seksual.

Tujuan utama pengobatan servisitis adalah untuk menghilangkan infeksi dan mencegah penyebaran ke rahim dan saluran telur. Antibiotik untuk servisitis diberikan pada penderitanya berdasarkan jenis organisme yang menyebabkan infeksi. Selain itu, antijamur juga akan diberikan jika kecurigaan penyebab penyakit mengarah pada jamur. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal, pencegahan perlu dilakukan seperti:

  • Membatasi jumlah kontak seksual serta memperhatikan riwayat seks pasangan.
  • Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.
  • Lakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan seksual secara teratur.
  • Hindari penggunaan pewangi organ kelamin karena bisa memicu iritasi.
  • Bersihkan organ kelamin setelah melakukan hubungan seksual.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Segera Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Pemberian antibiotik untuk servisitis biasanya diresepkan dokter setelah melakukan pemeriksaan. Anda dapat berkonsultasi dan memeriksakan kondisi kesehatan dengan Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih dan berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa menjadi pilihan banyak orang untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan kelamin karena dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Salah satu fasilitas unggulan yang dimiliki klinik ini, yaitu layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

75400cookie-checkApa Kegunaan Antibiotik Untuk Servisitis?