Apa Itu Penyakit Servisitis Kronik?

penyakit servisitis kronik

Banyak yang mempertanyakan apakah penderita servisitis kronik bisa hamil. Servisitis merupakan kondisi dimana serviks atau leher rahim mengalami peradangan. Penyakit ini biasa dikenal sebagai infeksi serviks, pembengkakan, dan juga peradangan pada saluran serviks. Penyebab utama munculnya penyakit ini adalah infeksi jamur atau pun parasit. Jika tak segera ditangani, peradangan serviks bisa  berujung pada kondisi yang kronik,

Beberapa Gejala Servisitis Pada Wanita

Sebagian besar penderita servisitis kronik tidak merasakan gejala apapun ketika terinfeksi. Penderitanya baru menyadari adanya penyakit ini dalam tubuh setelah menjalani pemeriksaan. Namun, pada beberapa orang gejala penyakit servisitis akan muncul dengan ciri-ciri sebagai berikut:

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

  • Keluarnya cairan tidak biasa dari organ kelamin dalam jumlah banyak.
  • Munculnya rasa sakit luar biasa ketika buang air kecil.
  • Terjadi pendarahan dari kemaluan saat melakukan hubungan seksual.
  • Terasa nyeri pada organ kelamin dan panggul seperti tertekan.
  • Sakit pada punggung, nyeri panggul serta perut.

Peradangan ini bisa berlanjut menjadi lebih parah atau servisitis kronik. Jika seseorang telah sampai pada kondisi ini, maka biasanya akan ditandai dengan luka terbuka atau keluar cairan dari kemaluan berupa nanah. Penyebab penyakit servisitis kronik tak hanya melalui bakteri atau virus, namun juga beberapa kondisi seperti:

  • Reaksi alergi, biasanya terjadi akibat spermisida atau bahan lateks dari kondom.
  • Pertumbuhan flora normal atau bakteri baik yang tidak terkendali di kemaluan.
  • Akibat adanya iritasi atau cedera setelah memakai tampon saat menstruasi.
  • Ketidakseimbangan hormon sehingga tubuh sulit  mempertahankan kesehatan serviks.
  • Menderita penyakit kanker atau efek samping akibat perawatan kanker.

Bagaimana Penanganan Terhadap Infeksi Serviks?

Sebelum pengobatan terhadap servisitis kronik dilakukan, dokter biasanya akan melakukan diagnosis. Diagnosis dilakukan berdasarkan gejala yang muncul dan melalui pemeriksaan fisik. Pemeriksaan meliputi pengamatan pada bagian panggul untuk melihat area yang mengalami peradangan serta melihat kondisi organ kelamin dan serviks menggunakan alat spekulum. Untuk memastikan hasil diagnosis, dokter juga perlu melakukan pemeriksaan lanjutan, seperti pap smear. Jika diagnosis telah diketahui, maka pengobatan bisa segera dilakukan, yakni berupa:

  • Antibiotik, diberikan untuk mengatasi servisitis akibat infeksi dari bakteri, seperti gonore, klamidia, dan vaginosis bakterialis.
  • Antivirus, diberikan guna mengatasi servisitis akibat dari infeksi virus, seperti herpes genital dan kutil kelamin.
  • Antijamur, merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi servisitis akibat infeksi dari jamur,

Jika servisitis kronik sudah terjadi, maka dokter akan menyarankan beberapa metode pengobatan lain. Metode pengobatan tersebut, berupa cryosurgery dengan membekukan jaringan yang terinfeksi, bedah listrik dengan menggunakan aliran listrik, dan terapi laser dengan memakai alat khusus yang dapat mengeluarkan gelombang cahaya kuat.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Lakukan Pemeriksaan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyakit servisitis kronik bisa dicegah dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih dan berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa menjadi pilihan banyak orang untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan kelamin karena dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Salah satu fasilitas unggulan yang dimiliki klinik ini, yaitu layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

71400cookie-checkApa Itu Penyakit Servisitis Kronik?