Tanda Selaput Dara Robek Dan Cara Memperbaikinya

Keperawanan seringkali disangkut pautkan dengan selaput dara robek. Padahal, tidak sepenuhnya masalah selaput dara mengindikasikan bahwa seseorang telah kehilangan keperawanannya. Selaput dara letaknya di bagian dalam vagina yang merupakan sebuah selaput tipis yang jika dimasuki secara paksa dapat mengalami kerusakan atau robek.

Sebagian besar masyarakat masih percaya bahwa untuk melihat seseorang masih perawan atau tidak dapat dilihat dari kondisi selaput daranya. Padahal selaput dara yang robek tidak selalu karena hubungan seksual. Salah satu penyebab selaput dara yang robek adalah aktivitas ekstrim seperti olahraga berkuda, bersepeda, maupun olahraga senam yang melibatkan bagian tubuh di sekitar alat kelamin wanita. Sebenarnya melakukan rekonstruksi selaput dara tidak dapat mengembalikan keperawanan, namun dapat mengembalikan keindahan bentuk selaput dara.

Cara Melihat Selaput Dara Yang Robek

Untuk melihat apakah selaput dara robek atau tidak, Anda dapat memeriksanya sendiri, atau dengan datang ke klinik dan dibantu pengecekannya oleh dokter. Letaknya yang agak ke dalam membuat pengecekan selaput dara yang robek agak sulit untuk dilakukan. Jika selaput dara bentukannya sudah tidak utuh, maka artinya selaput dara telah robek, dan untuk memperbaikinya dapat dilakukan dengan melakukan rekonstruksi selaput dara.

Rekonstruksi selaput dara disebut juga dengan Hymenoplasty. Prosedur bedah yang satu ini dapat dilakukan di klinik kelamin, contohnya saja seperti Klinik Utama Sentosa. Rekonstruksi selaput dara memang tidak menyakitkan, namun seperti prosedur bedah pada umumnya, tentu saja ada risiko yang mungkin terjadi saat proses bedah maupun pantangan yang tidak boleh dilakukan pasca operasi. Cara ini banyak dilakukan oleh mereka yang mengalami masalah selaput dara robek.

Cara Memperbaiki Selaput Dara Yang Robek

Selaput dara memang tidak semudah itu robek, dan kebanyakan penyebab dari robeknya selaput dara adalah karena hubungan seksual. Memasukkan sesuatu secara paksa ke dalam vagina juga dapat membuat selaput dara robek, bahkan jari sekalipun karena bentuknya yang tipis. Bentuk selaput dara wanita satu dengan yang lainnya tidak selalu sama. Ada yang memiliki lubang, ada pula yang tidak berlubang dimana kondisi ini dapat menyebabkan adanya gangguan menstruasi karena darah tidak dapat keluar.

Pada umumnya selaput dara memiliki lubang, namun adapula kondisi dimana selaput dara tidak memiliki lubang. Jadi, selaput dara yang robek bukan berarti yang memiliki lubang, namun yang selaputnya sudah tidak utuh lagi. Selaput dara yang tidak utuh tentu dapat menyebabkan Anda kurang percaya diri terhadap pasangan, namun hal tersebut dapat diatasi dengan prosedur bedah Hymenoplasty yang bertujuan untuk memperbaiki selaput dara robek. Jika memang telah yakin dengan keputusan untuk memperbaiki selaput dara yang robek, maka Anda dapat melakukan hymenoplasty ini di klinik kelamin.

selaput dara robek

Beberapa Alasan Mengapa Diperlukan Hymenoplasty

Selaput dara yang robek memang tidak berpengaruh terhadap fungsi organ kewanitaan, hanya saja sering dipercaya sebagai tanda keperawanan seorang wanita. Biasanya beberapa alasan inilah yang mendasari seseorang melakukan prosedur Hymenoplasty.

  • Pernah mengalami pemerkosaan

Memasukkan alat kelamin pria ke dalam vagina merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan selaput dara robek, makanya seseorang yang mengalami pemerkosaan terkadang mengambil langkah melakukan hymenoplasty untuk mengembalikan bentuk selaput dara sebagai salah satu cara memulai hidup baru.

  • Mengalami selaput dara robek akibat olahraga ekstrim

Melakukan olahraga yang ekstrim juga dapat membuat selaput dara menjadi robek, makanya terkadang para atlit memilih hymenoplasty untuk merekosntriksi selaput dara mereka yang robek akibat kegiatan yang dilakukan.

  • Untuk keperluan mengikuti seleksi

Wanita yang ingin mengikuti seleksi angkatan dimana salah satu syaratnya adalah perawan dan selama ini banyak menganggap bahwa tanda seseorang masih perawan adalah dilihat dari keutuhan selaput daranya.

Jika Anda mengalami masalah selaput dara robek dan ingin memperbaikinya, maka Anda dapat melakukan hymenoplasty di Klinik Utama Sentosa. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi yang berkaitan dengan rekonstruksi selaput dara, silahkan berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan hotline gratis di 081366657878.

70930cookie-checkTanda Selaput Dara Robek Dan Cara Memperbaikinya