Apakah Fungsi Operasi Selaput Dara?

Operasi selaput dara adalah prosedur bedah untuk mengatasi masalah selaput dara yang robek. Selaput dara letaknya di vagina bagian dalam. Selaput dara dapat robek karena berbagai hal, bukan hanya karena hubungan seksual saja, karena selaput dara merupakan selaput tipis yang bahkan dapat robek jika terkena jari.

Kondisi selaput dara sering dihubung-hubungkan dengan keperawanan seorang wanita, padahal robeknya selaput dara tidak hanya karena hubungan seksual. Pada orang yang sering melakukan aktivitas ekstrim seperti atlit bisa saja mengalami selaput dara robek. Namun, memang masyarakat masih banyak yang menilai keperawanan seorang dari selaput daranya, makanya ada yang ingin mengembalikan keperawanan mereka dengan cara melakukan operasi selaput dara. Padahal hal tersebut tidak dapat mengembalikan keperawanan, namun dapat memperbaiki selaput dara yang robek.

Apa Itu Selaput Dara?

Selaput dara adalah selaput tipis yang terdapat pada vagina bagian dalam. Selaput dara bentuknya tipis dengan lubang yang sebesar jari. Selaput ini dapat dengan mudah robek jika dimasuki dengan paksa atau karena digunakan untuk melakukan aktivitas ekstrim seperti berkuda, bersepeda dengan posisi duduk yang salah, dan masih banyak lagi.

Selaput dara ini biasanya akan robek jika digunakan untuk berhubungan seksual. Jika selaput dara robek, tidak hanya dapat merusak keindahan vagina saja, namun bagi yang asih perawan tentu akan menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan jika robeknya vagina masih sering menjadi ukuran keperawanan wanita. Dan untuk mengatasi selaput dara yang robek adalah dengan melakukan operasi selaput dara.

Seperti Apa Tanda Selaput Dara Yang robek?

Saat selaput dara robek, tidak menimbulkan adanya pendarahan ataupun rasa sakit, jadi tidak semua wanita menyeadari bahwa selaput daranya telah robek. Bahkan tak sedikit yang belum mengetahui posisi selaput dara ini di sebelah mana. Belum lagi letaknya yang berada di vagina bagian dalam membuat kita sedikit kesulitan untuk mengetahui selaput dara kita telah rusak atau tidak.

Untuk mengetahuinya, kita dapat mengeceknya sendiri dengan bantuan senter dan cermin, namun untuk mengetahui lebih jelas, maka sebaiknya datang langsung saja ke klinik. Salah satu klinik yang melayani masalah kelamin termasuk memeriksakan sekaligus melakukan operasi selaput dara adalah Klinik Utama Sentosa. Jika selaput dara sudah tidak utuh, maka itu artinya selaput dara sudah robek.

Penyebab Selaput Dara Robek

Robeknya selaput dara dapat disebabkan oleh berbagai hal, tak melulu karena berhubungan seksual. Selaput dara juga dapat mengalami robek akibat aktivitas ekstrim seperti berkuda, bersepeda, atau gerakan senam yang berpotensi membuat selaput dara robek. Bahkan memasukkan jari ke dalam vagina juga dapat menyebabkan robeknya selaput dara. Namun, perlu diketahui jika bentuk selaput dara pada setiap orang bisa saja berbeda.

Adanya tes keperawanan yang terkadang digunakan untuk masuk ke akademi tertentu, ataupun digunakan untuk mengecek keperawanan wanita yang akan menikah merupakan salah satu alasan kenapa orang melakukan operasi selaput dara. Seorang yang mengalami pemerkosaan juga dapat menggunakan operasi ini untuk membantu memulai hidup yang baru dengan memperbaiki selaput daranya.

Hal-Hal Yang Berkaitan Operasi Selaput Dara

Operasi untuk rekosntruksi selaput dara tidak sakit, hanya saja mungkin akan menyebabkan beberapa ketidaknyamanan pasca operasi seperti tidak dapat melakukan hal atau gerakan tertentu. Untuk risikonya, hampir sama dengan operasi pada umumnya seperti adanya pendarahan yang untuk saat ini sudah jarang terjadi. Tidak perlu khawatir jika Anda ingin merekonstruksi atau memperbaiki selaput dara Anda.

JIka Anda memutuskan untuk memperbaiki selaput dara yang robek dengan melakukan operasi selaput dara, maka silahkan datang langsung ke klinik kami. Untuk informasi lebih lanjut mengenai selaput dara dan operasi rekosntruksinya silahkan tanyakan pada dokter kami yang juga dapat dilakukan melalui layanan konsultasi gratis di 081366657878.

67740cookie-checkApakah Fungsi Operasi Selaput Dara?