Simak, Begini Cara Menangani Radang Panggul Akut

radang panggul akut

Radang panggul akut terjadi akibat infeksi akibat bakteri yang juga menjadi penyebab penyakit menular seksual. Bakteri ini menyebar dari organ kelamin hingga ke organ reproduksi bagian atas. Tak hanya itu, bakteri yang biasanya hidup di organ kelamin juga bisa mengakibatkan penyakit radang panggul akut.  Radang panggul akan menjangkiti serviks atau leher rahim, uterus atau rahim, tuba falopi atau saluran indung telur, dan ovarium atau indung telur.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Penyebab Seorang Wanita Bisa Menderita Radang Panggul

Penyakit radang panggul akut biasanya akan berkaitan dengan beberapa faktor risiko, seperti keguguran, tindakan aborsi, berhubungan seksual tanpa pengaman atau kondom, memiliki riwayat radang panggul serta infeksi menular seksual sebelumnya, dan menggunakan alat kontrasepsi berbentuk spiral. Untuk menghindari terjadinya radang panggul akut pada wanita, maka penyebab penyakit harus diketahui terlebih dahulu, yakni sebagai berikut:

  • Alat kontrasepsi dalam rahim

Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim meningkatkan risiko terkena radang panggul akut sebesar dua hingga empat kali lipat. Karena itu, sebagian besar wanita yang menggunakan alat kontrasepsi spiral (IUD) berpotensi menderita penyakit radang panggul.

  • Aktivitas seksual

Infeksi primer penyakit radang panggul bisa disebabkan karena aktivitas seksual yang terlalu berlebihan. Melakukan hubungan seksual dengan penderita penyakit menular seksual, seperti klamidia dan gonore berisiko mengakibatkan tertularnya bakteri penyebab radang panggul.

  • Memiliki riwayat radang panggul

Wanita yang memiliki riwayat radang panggul kemungkinan mengalami kekambuhan. Sekitar 20 hingga 25 persen pasien yang memiliki riwayat radang panggul akan mengalami infeksi berulang pada leher rahim.

radang panggul akut

Pengobatan Pada Penyakit Radang Panggul Wanita

Penyakit radang panggul kebanyakan diderita oleh wanita berusia 15 sampai 24 tahun yang sedang aktif secara seksual. Gejala radang panggul yang sering dirasakan penderitanya adalah sakit di perut bagian bawah, muntah, demam, hingga pingsan. Namun, gejala umum yang paling terlihat sebagai ciri radang panggul adalah sebagai berikut.

  • Keluarnya darah menstruasi yang tidak normal.
  • Panggul terasa sakit ketika melakukan hubungan seks.
  • Organ kelamin mengeluarkan cairan asing.
  • Tubuh mengalami demam tinggi.
  • Mengalami infertilitas atau ketidaksuburan.

Penanganan penyakit radang panggul bergantung pada penyebab dan gejala yang dialami. Jika radang panggul akut disebabkan oleh infeksi menular seksual, maka dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotik untuk mengurangi bakteri penyebab infeksi. Namun, jika radang panggul sudah semakin parah, tindakan operasi perlu dilakukan sebelum penyakit menyebabkan komplikasi yang lebih parah.

Karena itu, pencegahan sejak dini pada penyakit radang panggul harus diterapkan. Beberapa tahap pencegahan yang dapat dilakukan, seperti pemeriksaan rutin pada organ reproduksi, menggunakan alat kontrasepsi yang aman untuk organ kelamin, dan hindari pemakaian produk kewanitaan pada organ kelamin. Penggunaan produk ini dapat mengganggu pertumbuhan bakteri baik di dalam organ reproduksi.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Segera Lakukan Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui penanganan radang panggul akut lebih lanjut, lakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan maksimal karena peralatan yang digunakan sudah canggih serta berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, seperti layanan konsultasi online. Melalui konsultasi, Anda bisa mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda dapat berkonsultasi atau segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

76730cookie-checkSimak, Begini Cara Menangani Radang Panggul Akut