Mencegah Radang Panggul Kronis

radang panggul kronis

Penyakit radang panggul kronis adalah penyakit yang dapat menyerang wanita akibat infeksi pada sistem reproduksi wanita. Bagian sistem reproduksi yang jika terinfeksi dapat menyebabkan radang panggul diantaranya adalah ovarium, tuba falopi, serviks, ataupun uterus (rahim). Penyakit radang panggul ini sering diderita oleh wanita yang telah aktif berhubungan seksual sejak masih muda.

Penyakit radang panggul dapat menyebabkan berbagai bahaya, salah satunya yaitu infertilitas atau kemandulan jika tidak segera diatasi. Jika radang panggul terjadi pada wanita hamil, maka dapat menyebabkan terjadinya kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik adalah kondisi dimana janin tumbuh dan berkembang di luar rahim sehingga tidak dapat tumbuh dengan normal. Bahkan disarankan untuk melakukan pengangkatan karena kehamilan ini dapat membahayakan janin dan juga ibunya.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Penyebab Radang Panggul

Salah satu penyebab dari radang panggul ini adalah Infeksi menular seksual. Bakteri penyebab infeksi menular seksual gonore, Neisseria gonorrhoeae merupakan salah satunya. Selain itu bakteri chlamydia trachomatis yang menyebabkan penyakit menular seksual chlamydia juga merupakan penyebab radang panggul. Tak hanya menginfeksi vagina, bakteri penyebab penyakit menular seksual ini juga dapat menyebar dan naik hingga ke organ reproduksi bagian atas.

Selain penyakit menular seksual, ada juga beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya radang panggul yaitu pernah mengalami keguguran atau aborsi. Menggunakan alat kontrasepsi spiral yang dipasang pada rahim dapat memicu terjadinya gejala radang panggul. Jika Anda memiliki kebiasaan berganti pasangan seksual tanpa menggunakan kondom, maka radang panggul dapat mengancam.

Radang Panggul Kronis

Gejala Radang Panggul Kronis

Penyakit radang panggul terbagi menjadi dua jenis yaitu penyakit radang panggul kronis dan radang panggul akut. Dimana radang panggul kronis biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti berikut:

• Keputihan abnormal, dimana cairannya berwarna dan berbau tidak sedap
• Rasa nyeri di sekitar perut, panggul, maupun punggung bagian bawah
• Rasa nyeri ketika berhubungan seksual
• Menstruasi tidak teratur
• Nyeri saat buang air kecil
• Nyeri punggung bawah
• kelelahan
• Demam dan mual

Ketika gejala radang panggul ini terjadi, maka pengobatan tidak boleh lagi ditunda. Tak hanya gejalanya yang mengganggu kenyamanan, namun juga bahaya yang lebih dari penyebaran bakterinya ke organ reproduksi bagian atas. Untuk mengatasi radang panggul, Anda perlu datang menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan. Diagnosis diperlukan untuk mengetahui penyebab radang panggul kronis serta seberapa parah kondisi radang panggul yang Anda alami. Untuk pengobatannya dapat digunakan obat antibiotik yang didapat setelah memeriksakan diri ke dokter. Penggunaan obat antibiotik untuk menyembuhkan radang panggul sebaiknya tidak sembarangan. Ikuti saran dokter agar tidak salah melakukan pengobatan.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Mengobati Radang Panggul

Pengobatan terhadap radang panggul sebaiknya lakukan di klinik yang terpercaya. Sebelum gejala radang panggul, jika Anda menderita penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan radang panggul, segeralah diobati. Pasalnya chlamydia dan gonore juga dapat menyebabkan berbagai bahaya. Salah satunya adalah penularan yang dapat terjadi melalui hubungan seksual. Belum lagi jika infeksinya telah menyebar ke organ lain, maka gangguan radang panggul kronis akan mulai muncul.

Radang panggul yang dibiarkan tanpa pengobatan dapat bertambah parah gejalanya. Bahkan yang paling buruk adalah bahaya infertilitas atau kemandulan yang akan menyebabkan Anda dan pasangan kesulitan mendapatkan keturunan. Segera lakukan pengobatan ke Klinik Utama Sentosa agar radang panggul segera sembuh. Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai radang panggul dan pengobatannya, maka gunakan layanan konsultasi kami di nomor 081366657878.

173710cookie-checkMencegah Radang Panggul Kronis