Cara Menyembuhkan Penyakit Orchitis Pada Pria

cara menyembuhkan penyakit orchitis

Cara menyembuhkan penyakit orchitis bisa berbeda-beda berdasarkan pada faktor penyebabnya. Namun, apakah kalian tahu apa itu orchitis? Orchitis merupakan peradangan yang terjadi pada salah satu atau kedua testis di dalam skrotum. Penyakit ini biasanya akan menyebabkan testis atau buah zakar mengalami pembengkakan akibat adanya infeksi virus gondok.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apa Saja Faktor Risiko dan Gejala yang Mungkin Muncul?

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menyembuhkan penyakit orchitis yang tepat, maka penyebab serta gejala harus dikenali. Penyebab utama penyakit orchitis adalah bakteri serta virus yang dapat mengakibatkan penyebaran infeksi. Seorang pria bisa menderita penyakit orchitis karena adanya beberapa faktor risiko, seperti belum pernah mendapatkan vaksin gondok, memiliki riwayat infeksi saluran kemih, melakukan bedah yang berhubungan dengan organ genital, adanya kelainan bawaan pada saluran kemih, serta melakukan hubungan seksual yang tidak aman.

Orchitis yang disebabkan infeksi virus biasanya akan muncul 4 hingga 7 hari setelah seseorang terkena penyakit gondongan. Penderita orchitis akan mengalami gejala, berupa merasakan sensasi nyeri atau pembengkakan pada skrotum. Selain itu, terdapat beberapa gejala lain yang bisa menandakan adanya infeksi penyebab orchitis, yakni sebagai berikut:

  • Nyeri pada bagian selangkangan.
  • Keluarnya darah pada cairan semen.
  • Terjadi pembengkakan pada testis.
  • Sakit kepala serta tubuh merasa demam.
  • Mengalami mual hingga muntah.
  • Rasa tidak nyaman pada testis.
  • Terasa sakit pada buah zakar ketika seks.
cara menyembuhkan penyakit orchitis

Diagnosis Serta Penanganan Penyakit Orchitis

Cara menyembuhkan penyakit orchitis akan diketahui setelah melakukan diagnosis bersama dokter. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan klinis berdasarkan gejala yang ditimbulkan. Beberapa tes yang akan dilakukan untuk mendapatkan hasil diagnosis, antara lain:

  • Tes urin, yang berguna untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit menular seksual.
  • Tes darah, berfungsi untuk mengetahui apakah penderita terinfeksi virus HIV.
  • USG testis, dilakukan agar dokter dapat melihat aliran darah pada testis.
  • Pemeriksaan colok dubur, dilakukan untuk mengecek apakah ada pembengkakan.
  • Tes pencitraan testis, berguna untuk memastikan ada tidaknya infeksi orchitis.

Jika hasil diagnosis sudah didapatkan, dokter akan segera memberikan beberapa cara menyembuhkan penyakit orchitis. Salah satu pengobatan yang biasa dilakukan adalah menggunakan obat, seperti antibiotik, obat anti peradangan, dan obat penghilang rasa sakit. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, pengobatan perlu disertai dengan beberapa tindak pencegahan, yakni:

  • Gunakan selalu pelindung atau kondom jika tidak yakin pasangan Anda bersih dari penyakit menular seksual.
  • Konsultasikan bersama dokter apakah Anda atau pasangan perlu melakukan vaksinasi gondongan.
  • Bicarakan dengan dokter ahli jika terdapat gejala yang merujuk pada infeksi saluran kemih.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara menyembuhkan penyakit orchitis bisa Anda ketahui setelah melakukan konsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan penanganan terbaik bersama dokter ahli yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.

Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada perawatan sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit juga akan berlangsung dengan cepat karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih dan modern. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

145810cookie-checkCara Menyembuhkan Penyakit Orchitis Pada Pria