Benarkah Nyeri Testis Pertanda Penyakit Orkitis?

nyeri testis

Nyeri testis yang kerap dirasakan kaum pria bisa menandakan adanya penyakit orkitis. Orkitis merupakan peradagan pada salah satu atau kedua testis yang berada di dalam skrotum. Penyakit ini akan menyebabkan testis atau buah zakar mengalami pembengkakan akibat infeksi virus gondok. Penyebab penyakit orkitis juga bisa terjadi akibat tertular infeksi menular seksual karea berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Tanda dan Gejala yang Dirasakan Penderita Orkitis

Penyakit orkitis menginfeksi tubuh akibat infeksi bakteri dan virus. Biasanya, penderita orkitis adalah remaja laki-laki yang sudah melewati masa pubertasnya. Gejala orkitis berupa nyeri testis karena infeksi virus gondok ini berkembang dalam waktu 4 hingga 6 hari setelah gondokan. Selain itu, orkitis juga bisa terjadi pada saluran kemih dan bagian epididimis.

Beberapa faktor risiko lain bisa meningkatkan seseorang merasakan nyeri testis, yakni belum pernah mendapatkan vaksin gondok, memiliki infeksi pada saluran kemih, melakukan bedah yang berhubungan dengan alat kelamin, adanya kelainan bawaan pada saluran kemih, dan melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Selain nyeri testis, penderita orkitis juga bisa merasakan beberapa gejala lainnya, berupa:

  • Sakit serta bengkak pada bagian skrotum.
  • Merasakan mual hingga tubuh mengalami demam.
  • Sakit ketika buang air kecil.
  • Bagian yang terinfeksi terasa sangat berat.
  • Keluarnya darah bersamaan dengan sperma.
  • Buah zakar atau testis terasa sakit jika disentuh.

Orkitis yang menyebabkan nyeri testis ini bisa juga terjadi karena infeksi epididimitis. Pria yang memiliki riwayat penyakit menular seksual berisiko tinggi terkena penyakit orkitis. Karena itu, pengobatan penyakit orkitis harus segera dilakukan bersama dokter ahli sebelum menyebabkan bahaya yang lebih parah.

nyeri testis

Bagaimana Penanganan Tepat Pada Orkitis?

Sebelum nyeri testis disembuhkan, biasanya dokter akan melakukan diagnosis pada peradangan yang terjadi. Penderita orkitis akan menjalankan beberapa tes, berupa tes darah, tes ultrasonografi atau USG, tes untuk mendeteksi gonore atau klamidia, urinalisi, dan tes urin. Setelah hasil diagnosis diketahui, barulah dokter memberikan pengobatan yang dilakukan bergantung pada penyebabnya, seperti:

  • Obat antibiotik, yang diberikan jika terinfeksi bakteri penyakit menular seksual.
  • Memberikan obat anti peradangan agar penyakit tidak berkembang lebih parah.
  • Menggunakan obat penghilang rasa sakit guna mengurangi ketidaknyaman.
  • Beristrirahat dengan cukup dan disertai kegiatan mengompres bagian testis.

Pengobatan nyeri pada testis ini bisa dilakukan di rumah secara mandiri untuk mengatasi orkitis. Pengobatan rumahan yang bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara mempercepat penyembuhan, yakni gunakan cawat pelindung pada penis dan testis, konsumsi banyak air serta konsumsi obat-obatan sesuai resep dokter, gunakan kondom untuk menghindari penularan infeksi menular seksual, dan berikan vaksin gondok pada anak laki-laki.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyembuhan nyeri testis akibat terinfeksi orikitis bisa Anda lakukan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan penanganan terbaik bersama dokter ahli yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.

Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada perawatan sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit juga akan berlangsung dengan cepat karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih dan modern. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

188940cookie-checkBenarkah Nyeri Testis Pertanda Penyakit Orkitis?