Apa Yang Menjadi Bahaya Pada Orkitis?

bahaya orkitis

Setiap orang yang terlibat dalam perilaku seksual yang dapat berisiko tinggi menularkan orkitis. Penyimpangan saluran kemih kongenital juga dapat meningkatkan risiko untuk menularkan kondisinya, komplikasi bisa saja menjadi serius. Para pria kondisi peradangan yang disebut orkitis dapat menyebabkan pembengkakan pada salah satu atau kedua buah pelir.

Orkitis sangat menyakitkan dan terkadang bisa menyebabkan kemandulan atau infertilitas. Ensefalitis (radang otak atau umumnya karena infeksi), meningitis (radang selaput otak dan sumsum tulang belakang biasanya disebabkan oleh infeksi) dan gangguan pendengaran adalah salah satu komplikasi yang langka lainnya yang dapat terjadi pada usia berapapun. Komplikasi dari orkitis adalah kondisi yang sekunder, gejala atau kelainan lain yang disebabkan oleh orkitis.

Komplikasi Orkitis Meliputi:

  • Masalah vaskular akibat peningkatan dari tekanan intratesticular.
  • Abses epididymitis (peradangan saluran dibelakang testis yang menyimpan dan membawa sperma).
  • Abses testis.
  • Radang testis (orkitis) pada pria yang telah mencapai pubertas. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesuburan .
  • Radang otak (ensefalitis).
  • Radang jaringan yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang (meningitis).
  • Radang ovarium (ooforitis) dan jaringan payudara (mastitis).
  • Tuli.

Namun Ada Juga Komplikasi Dari Infeksi Urin

Kuman (bakteri) seperti E. Coli yang dapat menyebabkan infeksi urine yang terkadang vas deferens (sebuah tabung yang dimiliki dan berfungsi menyalurkan sperma dari epididymitis saat ejakulasi) dapat menyebabkan orkitis. Hal seperti ini dapat terjadi pada usia berapapun dan merupakan penyebab orkitis yang paling umum pada pria berusia diatas 35 tahun.

Bisa karena penyumbatan sebagian aliran urine menjadi lebih umum dengan bertambahnya usia karena pembesaran prostat atau penyempitan uretra. Uretra adalah tabung yang mengalir keluar urine dari kandung kemih. Penyumbatan urin sebagian membuah lebih rentan terkena infeksi urine. Komplikasi infeksi urin juga merupakan penyebab orkitis pada anak laki-laki.

51530cookie-checkApa Yang Menjadi Bahaya Pada Orkitis?