Penyebab Kutu Kemaluan dan Solusinya

penyebab kutu kemaluan

Penyebab kutu kemaluan dapat disebabkan oleh adanya kebiasaan sehari-hari yang kurang baik. Beberapa kebiasaan tersebut, seperti sering berbagi barang yang sama dengan orang lain. Kutu kemaluan berbeda dengan kutu pada rambut biasa. Kutu ini berukuran sangat kecil dan sulit ditemukan. Apalagi tempat tinggalnya juga tidak biasa. kutu kemaluan biasa hidup di bagian kemaluan, alis, kelopak mata, maupun tempat dengan permukaan rambut yang kasar.

Jadi ketika Anda merasakan ada keanehan di bagian tubuh dengan rambut yang kasar seperti rasa gatal yang intens maka waspadalah. Bisa jadi gatal tersebut disebabkan oleh adanya kutu kelamin. Kutu ini biasanya berwarna abu-abu atau coklat yang hampir sama dengan rambut membuatnya semakin sulit untuk dideteksi. Terkena gejala yang ditimbulkannya kurang disadari oleh penderitanya dan akhirnya kutu menular ke bagian lain maupun orang di sekitarnya. Tanpa kita sadari, kutu telah berkembang biak dan menginfeksi ke berbagai bagian tubuh kita. Padahal penyebab kutu kemaluan bisa saja dari kebiasaan buruk kita.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Bentuk Kutu Kemaluan

Kutu kelamin biasanya menempel erat pada rambut dan tidak mudah jatuh. Namun jika Anda menemukan binatang serangga parasit pada rambut kemaluan, bisa jadi itu adalah kutu. Ukurannya yang sekitar 1-2 mm memang membuatnya sulit untuk ditemukan. Belum lagi warnanya yang mirip dengan rambut menyamarkan keberadaannya. Jadi, untuk mengetahui ada kutu kemaluan atau tidak pada tubuh kita dapat dilihat dari telur kutu yang terlihat seperti kutu di bagian rambut.

Mengetahui ada kutu atau tidak di kemaluan dapat dilakukan dengan cara mengenali gejala yang mungkin muncul. Di bawah ini gejala yang mungkin muncul ketika kutu mulai hidup dan menghisap darah untuk berkembang biak di tubuh kita. Penyebab kutu kemaluan dapat hidup di tubuh kita bisa jadi karena menular dari orang lain atau Anda kurang bisa menjaga kebersihan kemaluan.

penyebab kutu kemaluan

Tanda Ada Kutu di Kemaluan

Bahkan pada alis maupun bulu mata yang ukurannya pendek juga bisa jadi tempat hidup kutu kemaluan ini. Ketika kutu kemaluan ada di tubuh kita, maka biasanya muncul gejala seperti:

  • Muncul rasa gatal pada kulit sebagai reaksi dari gigitan kutu pada kulit yang memburuk saat malam hari.
  • Bekas gigitan berupa bintik kecil merah kebiruan.
  • Bercak coklat di sekitar pakaian dalam akibat kotoran kutu.
  • Terkadang terlihat telur kutu maupun kutu di sekitar rambut, namun hal ini jarang terjadi karena tempat hidup kutu kemaluan kebanyakan di tempat yang sulit dilihat.
  • Ketika sudah parah, kutu ini juga dapat menyebabkan demam.

Selain tanda awal, penyebab kutu kemaluan seperti sering menggunakan barang yang sama dengan penderita kutu kelamin sebaiknya juga Anda ketahui. Setelah kutu mulai menginfeksi, maka dapat terjadi gejala iritasi pada kulit akibat garukan ketika merasa gatal. Jika terjadi gejala radang di bagian kelopak mata, maka mata akan berwarna merah dan hal ini dapat mengganggu pandangan. Untuk itu menghilangkan penyebab kutu kemaluan merupakan hal yang harus segera dilakukan agar tidak memperburuk gejala yang sudah muncul sejak awal.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Cara Menghilangkan Kutu di Kemaluan

Untuk menghilangkan kutu di kemaluan dapat dilakukan dengan berbagai jenis obat, mulai dari yang berbentuk sampo anti parasit, krim, maupun lotion. Obat ini biasanya Anda dapatkan jika memeriksakan diri di klinik. Selain menggunakan obat, hindari juga penyebab kutu kemaluan seperti pemakaian  pakaian, handuk, maupun sprei yang sama dengan orang yang terkena kutu kemaluan. Selain itu jika Anda merasakan gejala kutu kemaluan, lakukanlah pemeriksaan dengan anggota keluarga Anda atau orang yang berada satu rumah dengan Anda. Hal ini untuk memeriksa apakah kutu kemaluan telah menular atau belum. Untuk informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi dokter Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.

137110cookie-checkPenyebab Kutu Kemaluan dan Solusinya