Pengertian Penyakit Kutu Kelamin dan Pencegahannya

Penyakit kutu kelamin bisa diderita oleh pria maupun wanita karena biasa tumbuh pada rambut manusia. Kutu kelamin berbentuk seperti serangga yang merupakan parasit kecil dan hidup dengan cara menghisap darah melalui kulit. Hal inilah yang menimbulkan munculnya rasa gatal pada area yang dijangkiti. Kutu kelamin berukuran sangat kecil sehingga dapat bertahan pada rambut yang bertekstur kasar dan tebal.

Apa Saja Gejala Akibat Terinfeksi Kutu Kelamin?

Seseorang yang menderita penyakit kutu kelamin akan merasakan gejala utama berupa gatal di beberapa bagian. Gatal tak hanya terasa di kelamin, namun juga area anus pada 5 hari setelah munculnya kutu dan akan semakin parah pada malam hari. Gejala lainnya yang mungkin dirasakan oleh penderita penyakit kutu kelamin, antara lain:

  • Tubuh mengalami demam namun dengan suhu yang rendah.
  • Mudah marah dan merasa kurang energi.
  • Muncul bintik kecil berwarna merah kebiruan pada bekas gigitan.
  • Terdapat bintik kecokelatan pada celana dalam yang merupakan kotoran kutu.
  • Terjadi peradangan dan iritasi akibat terlalu sering digaruk.
  • Peradangan pada mata karena infeksi terjadi di mata atau rambut alis.

Sebelum melakukan pengobatan, penyebab penyakit kutu kelamin perlu diketahui terlebih dahulu. Kutu kelamin dapat menyebar ke orang lain melalui kontak intim, termasuk hubungan seksual. Selain itu, Anda juga bisa tertular penyakit kutu kelamin karena menggunakan handuk, seprai, atau pakaian secara bergantian dengan penderitanya.

Bagaimana Pencegahan Terhadap Kutu Kelamin?

Penyakit kutu kelamin dapat disembuhkan dengan melakukan pengobatan dan menerapkan pola hidup yang sehat. Cara utama yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan diri, pakaian, handuk, atau seprai secara teratur. Beberapa cara lain untuk menangani kutu pada kelamin, adalah sebagai berikut:

  • Gunakan pelembap atau sampo khusus

Pelembap dan sampo khusus ini dapat membantu membasmi kutu dari tubuh, namun tetap dengan resep yang disarankan dokter. Jika kondisi masih termasuk ringan, Anda hanya perlu mencuci rambut kemaluan hingga bersih.

  • Lakukan perawatan secara bersamaan

Jika salah satu anggota keluarga terinfeksi kutu kelamin, maka perawatan atau pemeriksaan harus dilakukan secara bersamaan. Cara ini dilakukan agar penyakit tidak menular kembali pada orang lain.

  • Bersihkan seluruh rumah dan perlengkapan

Biasakan untuk mengganti beberapa barang, seperti handuk dan seprai secara berkala. Sedot seluruh rumah dan bersihkan kamar mandi dengan larutan pemutih. Cuci semua handuk, seprai, dan pakaian dengan air panas lalu keringkan menggunakan mesin dengan pengaturan tinggi.

Untuk mendapatkan kesembuhan penyakit secara maksimal, pencegahan bisa Anda lakukan. Beberapa pencegahan tersebut adalah menghindari berbagi handuk, pakaian, serta seprai dengan orang yang terinfeksi. Periksakan kesehatan kelamin secara teratur, dan tidak melakukan hubungan seksual jika belum dinyatakan sembuh oleh dokter.  

Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan tepat untuk menyembuhkan penyakit kutu kelamin adalah dengan berkonsultasi bersama dokter Kami di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik terbaik dan terpercaya yang berada di daerah Jakarta. Klinik kesehatan khusus penyakit kulit dan kelamin ini telah menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern sehingga penanganan segala penyakit dapat berjalan dengan maksimal.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa langsung menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Segera lakukan perawatan bersama dengan Klinik Utama Sentosa sebelum penyakit semakin parah. Membiarkan penyakit terus menerus berada di dalam tubuh hanya akan membuat keadaan Anda semakin memburuk. Untuk itu, segera konsultasikan bersama dokter ahli di klinik Kami.

70260cookie-checkPengertian Penyakit Kutu Kelamin dan Pencegahannya