Apa Penyebab Gatal Gatal di Sekitar Kemaluan?

gatal gatal di sekitar kemaluan

Jika Anda merasakan gatal gatal di sekitar kemaluan, bisa jadi itu terjadi akibat adanya kutu. Kutu pada kemaluan merupakan serangga yang berukuran sangat kecil sehingga sulit dideteksi. Kutu ini hidup dengan cara menghisap darah manusia yang akhirnya menyebabkan munculnya rasa gatal. Penyakit kutu kelamin bisa menyebar dengan mudah melalui hubungan seksual yang tidak aman.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Penyebab Serta Gejala Penyakit Kutu Kemaluan

Rasa gatal gatal di sekitar kemaluan bisa terjadi karena kutu ditularkan melalui kontak intim, termasuk hubungan seksual. Selain itu, kutu juga bisa berpindah dari satu orang ke orang lain melalui selimut, handuk, seprai, atau pakaian. Meski mudah menular, kutu kemaluan tidak bisa menyebar karena menggunakan toilet duduk yang sama. Pada anak-anak, penularan kutu kemaluan dapat terjadi karena tidur di atas kasur yang sudah terpapar serta dapat juga menandakan adanya kemungkinan pelecehan seksual. Selain gatal gatal di sekitar kemaluan, berikut beberapa gejalanya:

  • Adanya bintik kecil berwarna merah kebiruan pada kulit bekas gigitan.
  • Terdapat bintik cokelar pada pakaian dalam yang merupakan kotoran kutu.
  • Terlihat kutu beserta telornya pada rambut manusia yang terinfeksi.
  • Mengalami peradangan dan iritasi akibat terlalu sering menggaruk.
  • Terjadi peradangan pada mata karena kutu menginfeksi bulu mata dan alis.

Gatal gatal di sekitar kemaluan akibat kutu lebih banyak ditemukan pada orang yang memiliki riwayat infeksi menular seksual. Namun, kondisi bisa dicegah dengan mengurangi faktor-faktor risikonya. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk mendiskusikan bersama dokter untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai metode penyembuhan kutu kelamin.

gatal gatal di sekitar kemaluan

Penyembuhan Gatal Akibat Kutu di Kemaluan

Penanganan gatal gatal di sekitar kemaluan diawali dengan menggunakan obat topikal, seperti losion, krim, dan juga sampo antiparasit. Beberapa obat ini digunakan hanya pada area yang terinfeksi kutu atau seluruh tubuh bagian luar. Perawatan dengan menggunakan obat resep dokter ini memerlukan pengulangan setelah 9 sampai 10 hari. Hal ini dilakukan untuk memastikan keberadaan kutu atau telor yang mungkin masih tertinggal. Cara menangani gejala kutu kemaluan yang bisa Anda lakukan, yakni:

  • Gunakan pelembap atau sampo khusus

Perawatan untuk mengatasi gatal gatal di sekitar kemaluan adalah menggunakan pelembap atau sampo khusus. Pelembap dan sampo ini hanya digunakan pada daerah yang terinfeksi atau bagin luar tubuh saja.

  • Lakukan perawatan rutin

Kutu kemaluan harus segera ditangani jika sudah menular kepada anggota keluarga lainnya. Perawatan pada setiap orang di waktu bersamaan dapat mencegah risiko penularan kutu pada kelamin.

  • Bersihkan rumah dan kamar mandi

Untuk menghindari penularan, sedot seluruh rumah serta bersihkan kamar mandi dengan menggunakan larutan pemutih. Selain itu, cuci juga seluruh seprai, handuk, dan pakaian dengan air panas lalu keringkan dengan mesin berpengaturan tinggi.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Gatal gatal di sekitar kemaluan dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih yang berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa memberikan kemudahan pada pasien yang ingin melakukan penanganan penyakit dengan memberikan layanan konsultasi secara online dan gratis. Melalui konsultasi ini, Anda akan mengetahui apa saja penyebab penyakit serta jenis pengobatan yang cocok untuk dilakukan. Karena itu, tak perlu ragu dan segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

191580cookie-checkApa Penyebab Gatal Gatal di Sekitar Kemaluan?