Ketahui Bahaya Kutil Kelamin Agar Dapat Mencegahnya

bahaya kutil kelamin

Untuk mencegah bahaya kutil kelamin yang dapat terjadi, segera diberikan langkah pengobatan yang tepat. Kutil kelamin adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena menyerang organ reproduksi. Wanita maupun pria dapat menderita penyakit kutil kelamin.

Penyebab penyakit kutil kelamin adalah infeksi human papilloma virus (HPV) yang dapat menyebar melalui seks oral, anal, maupun vaginal. Gejala yang dialami oleh penderita penyakit ini biasanya adalah munculnya kutil dengan bentuk dan ukuran yang beragam. Bentuk kutil terbagi menjadi beberapa macam, ada yang permukaannya rata. Sedikit menonjol, dan ada pula yang memanjang. Lama kelamaan ukuran dan jumlah kutil yang muncul akan bertambah.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Gejala Akibat Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang harus Anda waspadai. Untuk mengetahui apakah Anda terinfeksi kutil kelamin atau tidak, dapat dilihat dari ciri-ciri atau gejalanya berikut ini:

  • Tumbuh kutil di sekitar alat kelamin.
  • Kutil dapat tumbuh di penis, vagina, anus, maupun dinding rahim pada wanita.
  • Kutil bertambah jumlah dan ukurannya, mulai dari permukaannya datar hingga menonjol.
  • Kutil berkumpul dan berbentuk seperti jengger ayam.
  • Kutil seperti kembang kol.

Kutil pada kelamin biasanya tidak menyebabkan rasa gatal maupun sakit, namun jika sudah parah dapat menyebabkan rasa gatal dan perih. Kutil tersebut juga dapat menghitam lama kelamaan. Ukuran kutil kelamin dapat menjadi sebesar telur, namun hal tersebut merupakan kasus yang jarang terjadi. Jika ukurannya besar tentu akan mengganggu fungsi organ dimana kutilnya tumbuh, apalagi jika tumbuhnya kutil di bagian lubang penis yang akan membuat penis sepenuhnya tertutup dan kesulitan untuk buang air kecil.

bahaya kutil kelamin

Cara Mencegah Penyakit Kutil Kelamin

Bahaya kutil kelamin berdampak pada kesehatan tubuh penderitanya serta pasangannya. Penularan tersebut dapat terjadi melalui hubungan seksual. Penyakit menular seksual yang satu ini juga dapat menular melalui sentuhan terhadap kutilnya. Sentuhan yang dilakukan pada alat kelamin pasangan setelah menyentuh kutil kelamin tanpa mencuci tangan terlabih dahulu dapat menyebabkan penyebaran bakteri penyebab kutil kelamin.

Penularan ini dapat terjadi dari wanita ke pria maupun sebaliknya. Untuk mencegah bahaya kutil kelamin seperti penularan, hindari berhubungan seksual sebelum dinyatakan sembuh total. Tentu saja hal ini harus dibarengi dengan langkah pengobatan untuk menghindari penyebaran kutil kelamin dan menyebabkan komplikasi. Bahaya kutil kelamin yang dibiarkan dapat memicu adanya kanker vulva pada wanita dan kanker penis pada pria. Kutil kelamin yang semula tidak gatal lama kelamaan dapat menyebabkan gatal dan luka yang mempermudah adanya infeksi bakteri lain. Menghindari seks bebas tanpa memakai alat pengaman juga dapat mencegah terjadinya penyakit kutil kelamin.

Bahaya Kutil Kelamin

Jika tidak segera mendapatkan pengobatan dapat menyebabkan berbagai bahaya kutil kelamin akan muncul, seperti berikut ini:

  • Kutil kelamin bertambah dan menutupi alat kelamin sepenuhnya, jika kutilnya tumbuh di bagian saluran kencing, dapat menyebabkan aktivitas buang air kecil terganggu.
  • Kanker serviks pada wanita.
  • Kanker penis pada pria.
  • Menular kepada pasangan.

Kutil ini tidak semerta-merta hilang meskipun telah dinyatakan sembuh. Mencegah bahaya kutil kelamin bisa dilakukan dengan cara yang berbeda. Jadi, jika Anda ingin menyembuhkan kutil kelamin dan menghilangkan gejalanya, silahkan datang ke klinik kami di Klinik Utama Sentosa.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Pengobatan Terhadap Kutil Kelamin

Segera lakukan pengobatan terhadap kutil kelamin jika menemukan salah satu gejalanya. Jika ukuran kutil masih kecil, dan jumlahnya tidak banyak, itu artinya infeksi kutil belum terlalu parah. Namun, untuk wanita sebaiknya tetap memeriksakan dan mengobatinya. Pasalnya, pada wanita kutil dapat tumbuh di sekitar dinding rahim yang mana untuk mengetahui keberadaannya dibutuhkan pemeriksaan lanjutan.

Pengobatan untuk kutil kelamin dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa dengan datang langsung dan menemui dokter kami. Informasi lainnya mengenai pengobatan kutil kelamin serta pengobatannya bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi dengan dokter kami melalui layanan hotline kami di nomor 081366657878.

78010cookie-checkKetahui Bahaya Kutil Kelamin Agar Dapat Mencegahnya