Jenis Jenis Operasi Kutil Kelamin

operasi kutil kelamin

Kutil akibat penyakit kutil kelamin hanya bisa dihilangkan dengan operasi kutil kelamin. Kutil ini tidak dapat hilang sendiri meskipun virusnya berhenti menginfeksi. Termasuk salah satu penyakit menular seksual, kutil kelamin ini bisa menular jika dibiarkan tanpa pengobatan. Namun, jangan khawatir karena ada metode operasi yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutil kelamin. Tak hanya menginfeksi pria, kutil kelamin juga dapat terjadi pada wanita.

Penyakit yang dapat memicu kanker serviks dan kanker penis ini ditandai dengan munculnya kutil di sekitar alat kelamin. Kutil pada kelamin dapat muncul di sekitar penis, vagina, anus, maupun dinding rahim pada wanita. Kutil pertama muncul dalam ukuran kecil dan tak kasat mata. Namun, lama kelamaan kutil dapat bertambah besar dan jumlahnya lebih banyak. Kutil yang berdekatan dan membesar akan terlihat seperti kembang atau jengger ayam. Bentuk kutil pada setiap penderita kutil kelamin bisa saja berbeda.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Tanda dan Bahaya Kutil Kelamin

Kutil kelamin ini menyebabkan gejala berupa kutil yang bukan hanya kutil biasa. kutil ini tidak dapat hilang hanya karena virus penyebabnya telah diatasi. Dibutuhkan operasi kutil kelamin untuk menghilangkan kutil yang tumbuh di sekitar kelamin kita. Kutil pada kelamin biasanya tumbuh di sekitar penis dan anus pada pria. Sedangkan pada wanita, kutil ini bahkan dapat tumbuh di dinding rahim yang merupakan organ bagian dalam tubuh. Jika kutilnya tumbuh di dalam tubuh, maka kita akan kesulitan untuk mendeteksinya.

Biasanya penyakit kutil kelamin dapat kita kenali dari tanda atau gejala yang muncul. Gejala kutil kelamin yang paling mudah dikenali adalah tumbuhnya benjolan kecil mirip kutil di area kemaluan. pada pria, kutilnya dapat tumbuh di kepala penis, batang penis, bahkan hingga di bagian ujung penis dekat dengan saluran kencing. Jika kutil tumbuh di bagian saluran kencing, maka lama kelamaan kutilnya dapat mengganggu aktivitas buang air kecil. Kutil ini awalnya berukuran kecil dan cenderung tidak kasat mata. Semakin lama kutil kelamin akan tumbuh membesar, begitu pula dengan jumlahnya. Kutil dapat tumbuh berdekatan maupun menyebar. Kutil yang berdekatan dan membesar dapat berbentuk seperti kembang kol. Jika memungkinakan, atasi kutil kelamin sebelum kutil jengger ayam atau kembang kol muncul. lebih cepat diobati, akan lebih baik. Pasalnya operasi kutil kelamin yang dibutuhkan untuk menghilangkan kutilnya juga tidak terlalu memakan waktu.

Sedangkan untuk bahaya dari kutil kelamin selain menutupi bagian kemaluan Anda adalah memicu terjadinya kanker baik pada pria maupun wanita. Kanker serviks, kanker vulva, kanker anus, dan kanker penis merupakan beberapa bahaya yang dapat muncul akibat kutil kelamin yang tidak diobati. Kutil kelamin yang diderita wanita hamil dapat memicu infeksi pada masa kehamilan. Apalagi jika kutilnya tumbuh di bagian dinding rahim. Selain mengurangi peregangan vagina ketika melahirkan, kutil juga dapat menyebabkan pendarahan ketika mengejan. Untuk menghindari bahaya tersebut, Anda bisa melakukan operasi kutil kelamin untuk menghilangkan kutilnya. Ada beberapa metode operasi kutil pada kelamin yang bisa dilakukan, dan jika Anda ingin menjalani operasi ini, sebaiknya Anda mempersiapkannya dengan baik.

operasi kutil kelamin

Persiapan Menjalani Operasi Kutil Kelamin

Adakah persiapan yang diperlukan untuk menjalani operasi kutil kelamin? Jika kutilnya masih kecil dan jumlahnya tidak banyak, maka waktu yang dibutuhkan untuk operasi juga lebih sedikit. Sedangkan bagi Anda yang terlanjur memiliki kutil pada kelamin Anda, sebaiknya lakukan pengobatannya segera. Agar proses operasi kutil pada kelaminnya lancar, silahkan lakukan persiapan dengan baik sebelum menjalani operasi kutil di kelamin. Apa saja hal yang perlu dipersiapkan? Simak informasinya berikut ini:

• Berkonsultasi dengan dokter
Salah satu langkah penting dalam mempersiapkan diri dalam menjalani operasi kutil di kelamin adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Sampaikan kondisi Anda seperti apakah Anda sedang hamil, mengonsumsi obat tertentu, ataupun penggunaan kondom. Pasalnya hal ini untuk menghindari adanya risiko operasi kutil pada kelamin yang dapat menyebabkan penyakit lainnya.

• Melakukan pemeriksaan kesehatan
Sebelum menjalani operasi kutil pada kelamin, Anda perlu melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui adakah gangguan kesehatan yang Anda derita dan dapat menghambat prose operasi kutil kelamin. Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik tempat Anda memutuskan menjalani kutil kelamin.

• Mempersiapkan mental
Sama halnya dengan prosedur operasi lain, tentunya operasi kutil juga memiliki risiko yang mungkin terjadi selama proses operasi maupun setelahnya. Jadi, untuk menjalani operasi ini juga dibutuhkan persiapan mental.

• Menyiapkan biaya operasi
Persiapan lainnya terkait biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalani operasi. Biaya yang perlu disiapkan tergantung pada metode operasi apa yang Anda pilih untuk menghilangkan kutil kelaminnya.

Itulah beberapa persiapan yang perlu dilakukan jika ingin menjalani operasi kutil kelamin. Jika persiapannya sudah terpenuhi, maka Anda hanya perlu mencari klinik kutil kelamin yang tepat. Salah satu klinik kutil kelamin yang dilengkapi dengan alat medis yang canggih dan tenaga medis yang profesional adalah Klinik Utama Sentosa.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Beberapa Metode Operasi Untuk Menghilangkan Kutil Kelamin

Kutil kelamin dapat dihilangkan dengan beberapa metode. Berikut ini metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutil pada kelamin.

• Eksisi
Metode yang pertama yaitu eksisi yang merupakan metode menghilangkan kutil kelamin dengan cara memotong kutil menggunakan pisau bedah. Efek samping yang dirasakan setelah menghilangkan kutil kelamin dengan metode ini biasanya adalah rasa nyeri.

• Krioterapi
Metode selanjutnya yaitu krioterapi yang memanfaatkan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat celcius. Metode ini biasanya digunakan untuk menghilangkan kutil yang ukurannya kecil. Pasalnya dibutuhkan beberapa kali prosedur kemoterapi jika ingin menghilangkan kutil yang ukurannya besar.

• Electrocautery
Metode operasi kutil kelamin berikutnya menggunakan listrik. Metode ini bertujuan membuang jaringan abnormal seperti kutil. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan kutil, metode electrocautery juga sering digunakan untuk menghentikan pendarahan yang terjadi setelah operasi maupun mencegah terjadinya infeksi.

• Bedah Laser
Metode operasi kutil kelamin yang terakhir adalah metode bedah laser. metode ini menggunakan laser untuk menghancurkan pembuluh darah yang da di dalam kutil. Dengan begitu kutil akan mati, dan mudah diangkat. Tidak hanya menghilangkan kutilnya, metode ini juga berfungsi untuk membunuh virus penyebab kutil kelamin.

operasi kutil kelamin

Prosedur Operasi Kutil Kelamin dengan Laser


Di antara beberapa metode operasi kutil kelamin, memang metode dengan laser ini yang paling dikenal. Pasalnya metode ini digunakan untuk mengatasi kutil pada kelamin baik yang kecil, besar, bahkan yang letaknya tidak terjangkau. Ketika kutil tumbuh di dalam dinding rahim, maka metode ini dapat digunakan untuk menghilangkan kutil.

Prosedur laser ini memiliki efek samping yaitu menyebabkan terbentuknya jaringan parut pada bagian yang dibedah. Perlu diingat juga jika ada beberapa pantangan jika sedang menjalani pengobatan untuk kutil pada kelamin. Salah satunya adalah merokok. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai operasi kutil kelamin dengan bedah laser maupun metode lainnya, silahkan hubungi dokter kami. Ada layanan hotline yang dapat Anda gunakan untuk berkonsultasi dengan dokter kami di nomor 081366657878.

202970cookie-checkJenis Jenis Operasi Kutil Kelamin

Bagikan Artikel ini :

  • tombol share ke instagram