Kenapa Ada Bintik-bintik di Penis?

Bintik-bintik di penis Klinik Utama Sentosa

Munculnya tanda pada alat kelamin berupa bintik-bintik pada penis bisa jadi adalah tanda adanya penyakit kelamin. Apabila Anda menemukan masalah semacam itu, datang saja ke klinik kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan pengobatan bintik-bintik di penis di Klinik Utama Sentosa. 

Bagi pria yang mengalami gejala semacam itu, Anda mungkin akan bertanya-tanya mengenai penyebabnya. Berikut ini ada beberapa masalah kelamin yang mungkin memiliki gejala berupa bintik-bintik di penis.

Penyebab bintik-bintik di penis

  • Sifilis

Penyebab munculnya penyakit sifilis adalah Treponema pallidum yang menyebar melalui hubungan seks yang tidak aman. Salah satu gejala yang bisa menjadi tanda adalah munculnya bintik merah di kemaluan. Bintik merah akibat sifilis biasanya disertai dengan tanda benjolan kecil seperti bisul yang apabila tidak  mendapat penanganan medis akan menyebar ke seluruh tubuh.

Apabila sudah menginfeksi seseorang, penyakit ini akan bertahan dalam tubuh melalui empat tahap yakin tahap primer, sekunder, laten dan tersier. Pengobatan bintik merah di kemaluan di Klinik Utama Sentosa merupakan pilihan tepat.

  • Hirsutis corona glandis (Pearly Penile Papules)

Tanda seorang pria mengalami Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules) biasanya tampak melalui tanda-tanda berupa bintik-bintik berkubah, warnanya bisa seperti kulit atau tampak keputih-putihan. Kondisi ini biasanya muncul di kepala penis dan tidak berbahaya, serta tidak menular saat berhubungan seksual.

  • Moluskum kontagiosum

Moluskum kontagiosum biasanya ditandai secara umum oleh benjolan kecil pada bagian kulit yang terinfeksi virus penyebebnya seperti pada kelopak mata, wajah, ketiak, badan, dan area selangkangan. Telapak tangan, telapak kaki, dan mulut bukan area yang lazim bagi moluskum kontagiosum. Cirinya adalah berukuran 2 sampai 5 mm, tidak meradang kecuali digaruk atau digosok. Jika Anda ragu, segera konsultasikan untuk mendapatkan pengobatan bintik-bintik di penis di Klinik Utama Sentosa.

  • Herpes Genitalis

Salah satu ciri infeksi herpes genitalis pada penis adalah bintik-bintik berupa lenting yang bisa muncul di area seperti anus, dan sekitar kelamin alat kelamin. Tiap orang bisa saja menemukan gejala yang berbeda. Tanda herpes genitalis ini bisa hilang muncul selama bertahun-tahun. Apabila Anda khawatir, Anda bisa datang mendapatkan informasi terkait bintik-bintik di penis di Klinik Utama Sentosa. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan gejala herpes genital tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

  • Infeksi Jamur

Infeksi jamur umumnya ditandai oleh bintik-bintik tipis mengandung cairan. Bintik-bintik ini biasanya muncul di sekitar kepala penis dan mahkota korona. Infeksi jamur biasanya terjadi karena ditularkan oleh pasangan yang terinfeksi selama hubungan seksual.

  • Hand-Foot-and-Mouth Disease

Penyakit ini disebut juga sebagai Flu Singapura biasanya timbul dengan tanda seperti bintik-bintik dengan cairan jernih di area yang meradang. Penyakit ini umumnya tidak muncul di daerah genitali, tetapi pada beberapa kasus juga ditemukan didaerah genital. Biasanya tidak terdapat di daerah genitalia, namun pada beberapa kasus ditemukan juga pada daerah genitalia. Penyakit kaki, tangan dan mulut adalahh infeksi virus dari famili  icornaviridae.

  • Skabies

Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik kemerahan yang isinya berupa cairan jernih atau nanah. Bintik-bintik biasanya muncul di sela-sela jari tangan, pergelangan tangan bagian dalam, siku bagian luar, lipat lengan bagian dalam, pusar, bokong dan perut bagian bawah. Penyakit ini menyebar baik melalui kontak langsung maupun secara tidak langsung barang-barang yang digunakan penderita misalnya baju, bantal dan sebagainya.

  • Kutil Kelamin

Penyakit menular seksual ini ditandai juga oleh bintik-bintik yang muncul di area selangkangan. Cirinya berupa benjolan dengan permukaan berjonjot dan bertangkai dengan warna kemerahan dan atau kehitaman. Penyakit ini dipicu oleh human papilloma virus dan menyebar melalui hubungan seksual tanpa menggunakan kondom dengan orang yang terinfeksi. Perihal kutil ini, sebaikanya diperiksa secara medis agar bisa diketahui dengan pasti.

Pengobatan penyakit-penyakit yang ditandai dengan bintik-bintik di penis bisa dilakukan di Klinik Utama Sentosa. Pengobatan bintik-bintik di penis di Klinik Utama Sentosa tersedia sebagai pilihan paling tepat untuk solusi penyakit kelamin. Apabila Anda menemukan adanya gejala bintik merah pada kelamin, Anda bisa langsung datang ke klinik kami. Anda juga bisa mengonsultasikan keluhan Anda secara online dengan petugas medis kami atau dengan menghubungi nomor 081366657878.

218570cookie-checkKenapa Ada Bintik-bintik di Penis?