Cara Pencegahan Herpes Genital Paling Tepat

cara pencegahan herpes

Salah satu cara pencegahan herpes adalah tidak berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Namun, apakah kalian tahu apa itu penyakit herpes? Penyakit herpes merupakan salah satu penyakit menular seksual yang cukup berbahaya. Gejala herpes ditandai dengan munculnya bentol-bentol berair pada organ kelamin, anus, ataupun mulut akibat penularan yang terjadi melalui sentuhan fisik atau kontak seksual.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apa Saja Gejala Khas Penyakit Herpes Genital?

Gejala atau ciri penyakit harus diketahui agar cara pencegahan herpes mudah dilakukan. Beberapa penderita herpes tidak mengetahui adanya infeksi karena gejala muncul tanpa disadari. Namun, terdapat beberapa gejala khas dari penyakit herpes, antara lain:

  • Nyeri hingga gatal di area organ kelamin atau bokong.
  • Terdapat benjolan merah kecil atau lenting kecil putih.
  • Luka akan terbentuk setelah lenting tersebut pecah.
  • Munculnya koreng yang terbentuk setelah luka sembuh.
  • Terasa nyeri ketika buang air kecil.
  • Gejala seperti flu, seperti pembengkakan kelenjar getah bening.

Benjolan berair yang merupakan gejala herpes biasanya akan muncul di sekitar mulut, area anus, serta sekitar organ kelamin. Gejala herpes genital berbeda-beda setiap orang, ada yang mengalami beberapa kali dalam setahun atau beberapa tidak mengalami gejala sama sekali. Herpes genital disebabkan oleh virus herpes simpleks yang akan tinggal dalam tubuh dan dapat kembali aktif beberapa kali. Terdapat 2 tipe virus herpes, yakni virus herpes simpleks tipe 1 dan virus herpes simpleks tipe 2.

cara pencegahan herpes

Pengobatan Herpes Genital Serta Pencegahannya

Sebelum cara pencegahan herpes serta pengobatan dilakukan, diagnosis harus dijalani terlebih dahulu. Tes atau pemeriksaan guna mendapatkan hasil diagnosis, antara lain pemeriksaan kultur virus guna mengonfirmasi adanya virus, tes polymerase chain reation guna memastikan tipe virus, dan pemeriksaan darah untuk mendeteksi adanya infeksi herpes sebelumnya.

Cara pencegahan herpes harus diawali dengan tindak penanganan bersama dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat antivirus untuk menghilangkan gejala herpes. Beberapa manfaat dari obat ini adalah mempercepat penyembuhan, mengurangi frekuensi kekambuhan penyakit, mengurangi tingkat keparahan serta durasi gejala, dan mengurangi kemungkinan penularan pada orang lain.

Perubahan gaya hidup juga menjadi salah satu cara pencegahan herpes genital. Selain memanfaatkan obat herpes kulit, perawatan di rumah juga dapat membantu meredakan rasa nyeri dan gatal. Misalnya dengan mandi menggunakan air dingin yang telah dicampurkan cairan antiseptik. Herpes genital dapat mengganggu aktivitas penderitanya karena menimbulkan rasa tidak nyaman. Karena itu, cara pencegahan herpes perlu dilakukan sejak dini, seperti:

  • Tidak berhubungan seksual sebelum penyakit dinyatakan sembuh total.
  • Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
  • Bicarakan riwayat seksual dengan pasangan secara terbuka dan jujur.
  • Cuci tangan menggunakan sabun dan air jika menyentuh area yang terinfeksi.
  • Periksakan kondisi kesehatan Anda dan pasangan seksual dengan dokter.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara pencegahan herpes dapat Anda ketahui dengan melakukan konsultasi penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

138140cookie-checkCara Pencegahan Herpes Genital Paling Tepat