Begini Bahaya Herpes Pada Kelamin Pria

herpes pada kelamin pria

Herpes pada kelamin pria biasanya ditandai dengan munculnya luka lepuh di sekitar organ kelamin. Namun, terkadang penderitanya tidak menyadari telah terinfeksi penyakit herpes karena gejalanya sulit dikenali. Herpes merupakan salah satu infeksi menular seksual yang bisa diderita oleh siapa saja dan disebabkan oleh virus. Herpes simplex virus atau HSV dapat menyebar melalui hubungan seksual secara tidak aman.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Gejala Serta Bahaya Herpes yang Mungkin Muncul

Gejala herpes pada kelamin sama seperti yang muncul pada wanita. Umumnya, gejala berupa luka lepuh akan muncul yang diserta dengan rasa sakit dan gatal. Luka lepuh ini dapat muncul 2 hari hingga 2 bulan sejak tertular virus penyebab herpes. Ciri ciri luka lepuh herpes pada kelamin pria adalah berwarna kemerahan yang muncul secara berkelompok, area luka terlihat membengkak, dan keluarnya cairan atau darah yang kemudian membentuk koreng jika luka pecah. Selain luka lepuh, beberapa gejala herpes pada kelamin pria yang perlu dikenali, seperti:

  • Demam dan flu

Herpes pada kelamin pria bisa menyebabkan penderitanya mengalami demam yang cukup tinggi. Demam sering dianggap sepele sehingga terkadang hanya diobati dengan obat penurun panas tubuh. Namun, jika Anda sering mengalami demam dengan sendirinya, segera cek area kemaluan apakah terdapat bisul atau luka yang terasa sakit.

  • Bintik kecil di kemaluan

Gejala lain akibat adanya herpes pada kelamin pria adalah bintik kecil yang berjumlah banyak dan membentuk cluster atau kumpulan. Area bintik ini jika disentuh akan terasa sakit dan terkadang menyebabkan lecet hingga pendarahan. Karena itu, jika Anda merasakan gejala tersebut segera periksakan ke dokter ahli.

Munculnya gejala herpes pada kelamin pria harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikai lebih serius. Beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat herpes pada kelamin pria adalah penyakit menular seksual lainnya, proktitis atau radang rektum, meningitis atau radang selaput otak, gangguan pada salutan kemih, dan infeksi pada bayi baru lahir.

herpes pada kelamin pria

Tangani Gejala Herpes dengan Cara Berikut

Untuk mengobati penyakit herpes, dokter akan memberikan obat antivirus yang harus dikonsumsi sesuai resep dokter. Pengobatan pada gejala herpes ini memiliki tujuan untuk mempercepat kesembuhan ketika gejala muncul pertama kali, mengurangi keparahan gejala, menghindari kekambuhan penyakit, dan meminimalkan terjadinya penyebaran infeksi pada orang lain.

Ketidaknyamanan akibat rasa gatal dan nyeri pada organ kelamin dapat diatasi secara mandiri. Beberapa cara menguranginya adalah dengan rutin membersihkan area luka dengan air biasa, kompres luka menggunakan es batu yang telah dibalut oleh handuk atau kain, gunakan pakaian yang longgar, dan konsumsi obat pereda rasa nyeri jika diperlukan. Kesembuhan akan didapatkan dengan cepat jika disertai pula dengan tindak pencegahan, seperti:

  • Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
  • Tidak bergonta ganti pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
  • Bicarakan riwayat seksual secara terbuka dengan pasangan Anda.
  • Hindari berhubungan seksual jika gejala masih kerap muncul.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air jika menyentuh area yang terinfeksi.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Lakukan Penanganan Herpes di Klinik Utama Sentosa

Cara mencegah herpes pada kelamin pria dapat Anda ketahui dengan melakukan konsultasi penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

80231cookie-checkBegini Bahaya Herpes Pada Kelamin Pria