Apakah Penyakit Herpes Berbahaya dan Dapat Menular?

apakah penyakit herpes berbahaya

Masih banyak orang yang mempertanyakan apakah penyakit herpes berbahaya. Pada dasarnya, penyakit menular seksual seperti herpes sangat berbahaya jika tidak segera diobati. Penyakit herpes bisa menular dengan mudah karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Penyebab utama penyakit herpes adalah herpes simpleks virus atau HSV.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apa Saja Gejala Penyakit Herpes Secara Umum?

Sebelum pertanyaan mengenai apakah penyakit herpes berbahaya terjawab, kenali terlebih dahlu gejalanya. Gejala dari herpes genital tidak terlalu terlihat secara spesifik sehingga sering tidak disadari penderitanya. Namun, Anda dapat mengetahui apakah penyakit herpes berbahaya dengan melihat gejala yang muncul. Gejala umum dari penyakit herpes yang perlu diketahui, antara lain:

  • Adanya sensasi panas serta terbakar di organ kelamin.
  • Merasakan sakit serta nyeri ketika buang air kecil.
  • Gejala seperti flu, yaitu demam, sakit kepala, dan lelah.
  • Terjadi pembengkakan di kelenjar getah bening.
  • Lepuhan berisi cairan di sekitar daerah yang terinfeksi.
  • Terdapat luka di area sekitar organ kelamin.

Penyebab herpes genital adalah penyebaran virus herpes simplex lewat kontak langsung dengan penderitanya. Virus ini menular melalui bagian lembab dari tubuh, seperti dinding kulit kelamin, mulut, dan juga anus. Selain itu, virus juga dapat menginfeksi penderitanya karena menggunakan alat atau mainan seksual yang telah terkontaminasi.

apakah penyakit herpes berbahaya

Cara Mencegah Penyakit Herpes Agar Tidak Menular

Apakah penyakit herpes berbahaya atau tidak bisa Anda ketahui setelah berkonsultasi bersama dokter. Namun, sebelumnya dokter akan melakukan diagnosis terhadap penderita herpes. Beberapa pertanyaan mengenai gejala akan dokter ajukan sebagai acuan untuk pemeriksaan fisik selanjutnya. Sampel cairan dari luka herpes akan diambil dan kemudian diteliti di laboratorium. Selain itu, tes darah dan tes reaksi berantai polisemare juga dilakukan. Tes darah berguna untuk mengetahui keberadaan antibodi dalam tubuh, sedangkan tes reaksi bertujuan memeriksa tipe virus.

Keraguan Anda mengenai apakah penyakit herpes berbahaya bisa terjawab dengan melakukan penanganan medis, yaitu mengonsumsi obat-obatan antivirus guna mengurangi gejala dan mencegah virus untuk berkembang biak. Selain penanganan medis, penyakit herpes genital dapat Anda tangani sendiri dengan perawatan mandiri di rumah. Beberapa penanganan penyakit herpes secara mandiri yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan luka dengan menggunakan air biasa guna mempercepat proses penyembuhan.
  • Tempelkan es batu yang telah dibalut kain pada area yang luka guna meringankan nyeri.
  • Perbanyak konsumsi air putih dan gunakan krim penghilang rasa sakit secara rutin.
  • Jangan gunakan pakaian ketat dan usahakan mengenakan pakaian longgar guna menghindari infeksi semakin parah.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, tindak pencegahan perlu disertai, seperti menggunakan pengaman atau kondom ketika berhubungan seksual, tidak memiliki lebih dari satu pasangan seksual, perhatikan kebersihan serta kesehatan organ genital, hindari konsumsi obat-obatan terlarang, dan tidak menggunakan jarum sutik yang sama secara bergantian dengan orang asing.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Apakah penyakit herpes berbahaya bisa Anda ketahui setelah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di wilayah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh tim dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang telah canggih serta berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa juga menawarkan kepada pasiennya berbagai kemudahan, salah satunya konsultasi secara online dan gratis. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit serta perawatan yang cocok dilakukan. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan karena biaya perawatan terjangkau untuk segala kalangan. Untuk informasi lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.

191910cookie-checkApakah Penyakit Herpes Berbahaya dan Dapat Menular?