Begini Cara Penularan Penyakit Gonore

Selain hubungan seksual, cara penularan penyakit gonore juga dapat terjadi pada wanita hamil. Untuk mencegah hal ini, begitu menemukan gejala penyakit gonore segera lakukan langkah pengobatan. Hindari pula hal-hal yang dapat menambah risiko penularan penyakit gonore. Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai cara penularan penyakit gonore, maka mari kita kenali terlebih dahulu apa itu gonore.

Penyakit gonore, dikenal juga dengan kencing nanah adalah salah satu penyakit menular seksual. Penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae yang ditularkan melalui hubungan seksual dengan penderita. Yang rentan terkena penyakit gonore ini adalah mereka yang suka melakukan seks bebas atau bergonta-ganti pasangan. Salah satu gejala khasnya adalah keluarnya cairan seperti nanah dari alat kelamin, hal inilah yang membuat gonore juga dikenal dengan penyakit kencing nanah.

Disebabkan Oleh Apakah Gonore?

Penyakit gonore adalah penyakit menular seksual yang segera setelah menyadari gejalanya harus segera diperiksakan. Pasalnya jika tidak, penyakit ini dapat menular kepada orang lain serta menyebabkan penyakit bahaya lainnya. Penyebab utamanya adalah bakteri, namun faktor berikut ini yang merupakan cara penularan penyakit gonore yang dapat menambah risiko menularnya penyakit gonore :

  • Berhubungan seksual dengan penderita gonore.
  • Pernah menderita penyakit gonore.
  • Tidak memakai kondom saat berhubungan seksual.
  • Gonta-ganti pasangan seksual.
  • Sedang hamil.

Faktor-faktor di atas dapat menyebabkan terjadinya penularan gonore, cara penularan gonore yang paling sering terjadi adalah melalui hubungan seksual baik seks oral, anal, maupun vaginal. Masa inkubasi bakteri penyebab gonore ini juga cukup pendek sehingga gejalanya mulai muncul setelah 2-10 hari setelah bakterinya menginfeksi.

Menghindari Penularannya Melalui Gejala Gonore

Penyakit gonore dapat dicegah penularannya jika kita dapat mengenali gejala yang dialami penderitanya serta menghindari hal yang merupakan cara penularan penyakit gonore. Gejala yang paling sering tampak diantaranya adalah :

  • Keluar cairan seperti nanah dari vagina, penis, maupun anus.
  • Frekuensi buang air kecil meningkat dan terburu-buru.
  • Kencing terasa tidak tuntas.
  • Alat kelamin terasa panas dan gatal di bagian saluran kencing.
  • Muncul luka memerah dan bengkak di bagian penis dan kulup pria.

Setiap orang tidak memiliki gejala yang sama. Bahkan ada yang tidak mengalami gejalanya namun bisa menularkan bakteri penyebab gonore. Jika sudah infeksi, maka bakteri dapat masuk ke aliran darah dapat memicu adanya infeksi pada organ tubuh bagian dalam dan mengalami komplikasi.

Bahaya Jika Terjadi Penularan Gonore

Saat bakteri dapat berkembang melalui cara penularan penyakit gonore seperti yang telah disebutkan di atas, maka bahaya penyakit gonore di bawah ini bisa dialami oleh penderita gonore :

  • Epididmitis.
  • Orchitis.
  • Prostatitis atau radang prostat.
  • Pembengkakan pada skrotum.
  • Lubang kencing menyempit.
  • Ejakulasi dini dan impotensi.
  • Infertilitas atau kemandulan.

Bahaya tersebut dapat terjadi jika setelah gejala awal gonore muncul tidak segera dilakukan pengobatan. Sayangnya kebanyakan orang kurang terlalu menyadari gejala awalnya. Pasalnya nanah yang keluar tidak selalu banyak. Ada pula yang hanya berupa cairan lengket di sekitar penis yang mirip dengan sperma. Makanya perlu dilakukan pemeriksakan lebih lanjutan untuk mengetahui penyebab keluranya nanah dari kelamin. Beberapa bahkan mengira bahwa nanah tersebut hanyalah keputihan pada wanita.

Cara Mengobati Tertular Gonore

JIka Anda tertular penyakit gonore, yang perlu diketahui adalah segera memeriksakannya ke dokter. Dokter akan memeriksa penyebab terjadinya gonore untuk menentukan pengobatan yang tepat. Jika telah didiagnosis dan positif, maka hindari cara penularan penyakit gonore yang berisiko menyebarkan bakterinya ke pasangan. Gonore sendiri dapat menular melalui cairan yang dikeluarkan dari alat kelamin.

Jika penderita menyentuh nanah lalu memegang alat kelamin pasangannya, maka bakterinya dapat menular kepada pasangannya tadi. Pengobatannya dapat dilakukan dengan obat maupun metode lainnya yang bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Sentosa. Datang saja langsung ke klinik kami, atau bisa juga melakukan konsultasi dengan dokter kami lewat layanan hotline gratis di 081366657878.

68940cookie-checkBegini Cara Penularan Penyakit Gonore