Penyebab Gatal Selangkangan adalah Jamur, Benarkah?

penyebab gatal selangkangan

Penyebab gatal selangkangan, baik pada pria maupun wanita bisa berbeda-beda. Salah satu penyebab gatal selangkangan adalah adanya infeksi oleh jamur  bernama Tinea Inguinalis. Jamur ini sering ditemukan dengan mudah di tempat yang basah dan lembab, seperti lipatan paha dan paha bagian dalam. Penyebab selangkangan gatal oleh jamur dapat mengakibatkan munculnya beberapa gejala, berupa bentol, luka, iritasi, dan kemerahan akibat peradangan.

Penyebab Utama Adanya Masalah Gatal Selangkangan

Daerah selangkangan merupakan tempat yang baik bagi jamur untuk berkembang biak. Jamur sangat menyukai tempat yang lembab dan hangat, seperti paha bagian dalam dan juga bokong. Karena itu, biasanya gatal pada selangkangan dialami oleh orang yang memiliki berat badan berlebih karena banyak lipatan tubuh yang lebih rapat dan lembab. Penyebab gatal selangkangan yang perlu Anda ketahui, yakni:

  • Tidak menjaga kebersihan alat vital

Penyebab gatal selangkangan yang paling utama bisa berawal dari kurangnya menjaga kebersihan organ kelamin. Selangkangan adalah salah satu area tubuh yang cukup banyak mengeluarkan keringat sehingga jamur berkembang biak dengan mudah.

  • Terdapat kutu pada kemaluan

Kutu berada pada kemaluan menjadi penyebab gatal selangkangan lainnya. Gejala akibat adanya kutu kemaluan, dapat berupa iritasi hingga peradangan, gatal berlebih, dan muncul bintik putih kecil di rambut kemaluan.

  • Peradangan akibat lipatan kulit

Peradangan karena banyaknya lipatan pada kulit atau biasa disebut intertrigo merupakan salah satu penyebab gatal selangkangan. Area yang paling sering mengalami peradangan, yaitu ketiak, bawah payudara, pangkal paha, leher, area genital, dan perut.

  • Penyakit Menular Seksual

Gatal pada area selangkangan dapat disebabkan karena menderita penyakit menular seksual. Biasanya, penyakit kelamin memiliki gejala umum, berupa gatal pada organ kelamin, nyeri ketika buang air kecil, dan sakit saat melakukan hubungan seksual.

Penanganan Tepat Terhadap Gatal Selangkangan

Penanganan untuk penyakit gatal selangkangan, baik yang diderita wanita atau pria harus dilakukan bersama dokter. Biasanya, dokter akan memberikan beberapa resep obat guna mengurangi gejala yang muncul. Gejala gatal selangkangan umumnya disembuhkan dengan cara sebagai berikut:

  • Gunakan krim topikal

Gatal pada selangkangan yang sudah menyebabkan kulit menghitam dapat dilakukan dengan mengoleskan krim topikal secara rutin. Krim ini berguna untuk meredakan rasa gatal jika digunakan selama 2 hingga 4 minggu.

  • Konsumsi obat oral

Obat oral yang dikonsumsi biasanya merupakan resep dari dokter. Gatal selangkangan yang menahun dapat ditangani dengan meminum obat oral secara teratur. Namun, Anda perlu waspada karena obat ini memiliki efek samping sehingga butuh arahan dokter ahli.

  • Oleskan krim antijamur

Gatal selangkangan akibat infeksi jamur dapat disembuhkan dengan menggunakan krim antijamur. Gatal karena infeksi jamur akibat menderita penyakit diabetes bisa diatasi dengan krim antijamur. Sementara itu, gatal akibat adanya infeksi bakteri dapat diberikan obat antibiotik.

Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik pada penyebab gatal selangkangan dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Klinik ini dilengkapi dengan peralatan medis canggih berteknologi modern sehingga proses penyembuhan dapat berlangsung dengan cepat.

Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan maksimal selama perawatan maupun pemeriksaan rutin sehingga pasien mendapatkan kepuasaan dan kenyamanan. Sebelum perawatan dilakukan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu guna mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

56060cookie-checkPenyebab Gatal Selangkangan adalah Jamur, Benarkah?