Gatal Daerah Selangkangan dan Cara Menyembuhkannya

Gatal Daerah Selangkangan 01

Gatal daerah selangkangan merupakan hal yang menjengkelkan, terutama jika ketika berada di tempat umum. Selangkangan merupakan bagian tubuh yang sering tertutup dengan udara di sekitarnya yang hangat. Selangkangan ini juga bagian yang lembab karena mudah basah. Letaknya yang dekat dengan kemaluan membuat selangkangan lebih rentan terkena gangguan gatal akibat infeksi virus, jamur, maupun bakteri pada bagian kemaluan.

Gatal pada selangkangan dapat terjadi karena beberapa alasan, salah satunya adalah karena kutu kemaluan. Kutu yang menyukai rambut kasar ini dapat tinggal di berbagai bagian tubuh dimana permukaannya rambutnya kasar seperti kemaluan, alis, bulu mata, ketiak, kumis, jenggot, hingga bulu kaki dan punggung. Selain karena kutu kemaluan, gatal daerah selangkangan juga dapat disebabkan oleh adanya alergi maupun iritasi akibat infeksi jamur pada kulit di selangkangan.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Penyebab Selangkangan Gatal

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat gatal daerah selangkangan, diantaranya adalah:

• Iritasi

Gesekan yang terjadi antara kulit pada dengan selangkangan ketika berlari maupun berjalan dapat menyebabkan iritasi, dan hal ini dapat membuat selangkangan gatal. Apalagi jika Anda menggaruk bagian yang gatal pada paha dan selangkangan, maka dapat menyebabkan peradangan pada bagian kulit luar. Selain gatal, iritasi ini biasanya ditandai dengan kemerahan, ruam, maupun kulit yang mengelupas.

Kutu kemaluan

Hal ini juga dapat menyebabkan gatal daerah selangkangan. Kutu yang bertahan hidup dengan cara menghisap darah ini, menyebabkan reaksi gatal pada kulit di sekitar kemaluan. Jika kutunya hidup di bulu kemaluan, maka rasa gatal yang dirasakan bisa sampai ke selangkangan karena lokasinya yang dekat dengan kemaluan.

Infeksi jamur

Pada dasarnya, di kulit kita memang terdapat jamur, dan itu normal. Namun, yang jadi masalah adalah ketika perkembangan jamur itu melebihi yang seharusnya. Inilah yang menyebabkan infeksi jamur. Salah satu jenis jamur yang dapat menyebabkan gatal di sekitar selangkangan adalah infeksi jamur candida. Gangguan ini disebut juga dengan Candidiasis yang salah satu gejalanya adalah gatal di sekitar kemaluan, termasuk selangkangan. Selain candidiasis, tinea cruris juga dapat menjadi salah satu penyebab gatal pada selangkangan.

Kurangnya menjaga kebersihan alat kelamin

Gatal daerah selangkangan dapat disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan alat kelamin. kondisi selangkangan yang sering tertutup sehingga suhu disekitarnya lebih hangat membuat selangkangan seringkali berkeringat. Ketika keringat bertemu dengan kuman, maka mikroorganisme ini akan lebih mudah berkembang biak dan akhirnya menyebabkan infeksi maupun iritasi.

Penyakit menular seksual

Selanjutnya ada penyakit menular seksual yang diantaranya seperti herpes genital, sifilis, kutil kelamin, klamidia, gonore, hingga trikomoniasis. Gatal daerah selangkangan yang disebabkan oleh penyakit menular seksual dapat memicu adanya gejala lain seperti nyeri pada kemaluan baik ketika buang air kecil maupun ketika berhubungan. Jika gejala gatal pada selangkangan yang Anda alami mirip dengan gejala seperti di atas, maka segeralah kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Intertrigo

Penyebab gatal selangkangan lainnya yang berisiko memicu gatal selangkangan yaitu intertrigo atau peradangan kulit pada lipatan kulit. Bagian tubuh yang biasanya mengalami kondisi peradangan ini diantaranya adalah ketiak, area genital, perut, leher, paha, dan bokong.

Gatal Daerah Selangkangan

Selangkangan Gatal Karena Kutu Kemaluan

Bagaimana jika gatal daerah selangkangan disebabkan oleh kutu kemaluan? Simak gejala sekaligus cara mengatasi gatal pada selangkangan yang disebabkan oleh kutu kemaluan. Gatal di area kemaluan yang diakibatkan oleh kutu kemaluan biasanya dapat dikenali melalui gejala yang dialami oleh penderitanya seperti di bawah ini.

• Rasa gatal pada kulit akibat reaksi dari gigitan kutu kemaluan yang menjadi lebih intens ketika malam hari. Kutu kemaluan biasanya menjadi lebih aktif dalam menghisap darah pada malam hari.
• Bekas gigitan kutu kemaluan yang berupa bintak merah kebiruan
• Bintik coklat pada pakain dalam yang merupakan kotoran dari kutu kemaluan
• Adanya telur kutu dan kutu di bulu kemaluan maupun bagian lain yang rentan dihinggapi kutu kemaluan
• Peradangan pada mata
• Demam.
• Iritasi akibat digaruk

Selain gatal daerah selangkangan, gejala kutu kemaluan juga dapat menyerang bagian mata. Jika kutu hidup di bagian sekitar mata seperti alis maupun bulu mata, maka dapat menyebabkan peradangan pada mata. Kondisi ini disebut dengan Blefaritis. Gejala blefaritis ini diantaranya adanya kemerahan dan bengkak di kelopak mata dan mata merah yang disertai gatal di sekitar kelopak mata. Jika dibiarkan, hal ini dapat mengganggu penglihatan serta mata berair maupun menjadi kering. Untuk mengatasi kutu kemaluan ini silahkan kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Pengobatannya dapat dilakukan dengan menggunakan obat berupa shampoo, gel, maupun bentuk pil tergantung dokter Anda.

Gejala Gatal Selangkangan Akibat PMS

Beda halnya dengan gatal selangkangan yang disebabkan oleh adanya infeksi penyakit menular seksual. Gejala yang mungkin dialami oleh penderitanya bisa saja beragam, tergantung dari jenis penyakit menular seksual yang dideritanya. Selain gatal, gejala yang mungkin muncul adalah keputihan tidak normal dimana cairan yang keluar dari kemaluan berwarna dan berbau tidak sedap. Jika gejala yang muncul sudah dibarengi dengan gejala nyeri dan terbakar pada kemaluan terutama keritak digunakan untuk berhubungan seksual maupun buang air kecil, maka jangan remehkan. Hal ini bisa jadi merupakan gejala gatal daerah selangkangan yang disebabkan oleh penyakit menular seksual.

Penyakit menular seksual menyebarkan bakteri maupun penyebabnya melalui aktivitas berhubungan seksual. Jadi, secara tidak langsung, penyakit ini menular dari seseorang ke pasangannya. Namun, kemungkinan menularnya PMS kepada janin dari wanita hamil juga dapat terjadi. Jika gatal selangkangan dikarenakan PMS, maka pasangan juga dapat berisiko mengalami gejala yang sama.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Mengobati Gatal Selangkangan

Gatal daerah selangkangan dapat diatasi tergantung dari penyebabnya, jika disebabkan oleh kutu kemaluan, maka dapat dilakukan pengobatan terhadap kutu pada kemaluannya. Sedangkan untuk gatal selangkangan akibat penyakit menular seksual, maka dapat dilakukan pengobatan di klinik kelamin seperti Klinik Utama Sentosa. Penyakit menular seksual ini harus segera diobati agar tidak menyebabkan penularan pada pasangan maupun orang disekitar penderita.

Obat yang dapat digunakan untuk mengobati gatal pada selangkangan akibat penyakit menular seksual adalah obat antivirus maupun antibiotik yang berfungsi mencegah penularannya. Sedangkan gatal daerah selangkangan akibat kutu kemaluan maupun infeksi jamur dapat Anda ketahui obat dan perawatan gejalanya dengan berkonsultasi dengan dokter kami. Masalah gatal pada selangkangan dapat menyebabkan selangkangan menghitam dan mengelupas. Untuk itu, segera lakukan pengobatan agar tidak gejalanya tidak semakin berlanjut. Apalagi jika disebabkan oleh penyakit menular seksual dimana penyakit yang sudah parah dapat menyebabkan penularan kepada orang lain dan juga komplikasi yang berbahaya. Segera konsultasikan jika Anda mengalami gejala gatal pada selangkangan dengan layanan hotline kami di nomor 081366657878.

179620cookie-checkGatal Daerah Selangkangan dan Cara Menyembuhkannya