Apa Selangkangan Gatal dan Perih Bisa Dihindari?

selangkangan gatal dan perih

Selangkangan gatal dan perih umumnya disebabkan oleh adanya infeksi karena adanya jamur. Jamur yang biasanya menginfeksi adalah jamur tinea dan tumbuh pada tubuh yang hangat dan lembab, seperti bagian selangkangan. Pemakaian celana yang terlalu ketat juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit gatal selangkangan. Selangkangan gatal dan perih akan tampak kemerahan dan mengelupas. Keadaan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa gatal yang tidak tertahan.

Penyebab Penyakit Gatal Selangkangan

Selain karena infeksi dari jamur, selangkangan gatal dan perih juga bisa terjadi akibat iritasi pakaian dalam yang terlalu ketat dan infeksi bakteri pada organ kelamin. Gejala selangkangan gatal dan perih berisiko lebih tinggi dialami oleh penderita penyakit diabetes dan obesitas. Penyebab lain dari selangkangan gatal dan perih, antara lain:

  • Menderita penyakit menular seksual

Bagi seseorang yang aktif secara seksual, selangkangan gatal dan perih bisa disebabkan karena menderita penyakit menular seksual. Beberapa penyakit menular tersebut, antara lain herpes genital, sifilis, kutil kelamin, dan infeksi kutu pada kemaluan.

  • Adanya gesekan antar kulit

Gesekan yang terjadi pada kulit paha saat berjalan atau berlari dapat memicu munculnya rasa gatal pada area selangkangan. Gesekan ini akan menyebabkan iritasi hingga kulit menjadi lebih sensitif, mengalami peradangan, serta  timbul kemerahan.

  • Tidak menjaga kebersihan organ kelamin

Selangkangan merupakan area yang cukup banyak mengeluarkan keringat sehingga bakteri dapat tumbuh dengan baik di sekitar organ kelamin. Jika tidak dibersihkan dengan benar, maka akan menimbulkan rasa gatal dan perih akibat terinfeksi bakteri.

Penanganan Tepat Pada Gatal Selangkangan

Penanganan terhadap gatal di daerah selangkangan dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi obat-obatan antibiotik. Selain itu, obat oles juga berguna untuk mengurangi rasa gatal akibat infeksi oleh bakteri. Beberapa cara tepat untuk menangani rasa gatal dan perih di daerah selangkangan, di antaranya:

  • Gunakan krim antijamur

Gatal selangkangan dapat terjadi akibat dari adanya infeksi jamur tertentu. Untuk itu, penanganan yang bisa dilakukan untuk masalah ini adalah dengan menggunakan krim antijamur. Krim oles ini bisa ditemukan dengan mudah di apotek dan dapat digunakan tanpa resep dari dokter.

  • Oleskan lotion gatal

Obat gatal berbentuk lotion bisa Anda dapatkan di toko obat dengan mudah. Lotion ini harus diaplikasikan pada area yang terasa gatal guna mengurangi munculnya ruam dan kemerahan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan lotion secara rutin selama gejala masih muncul.

  • Konsultasikan dengan dokter

Rasa gatal pada area selangkangan yang sudah memasuki tahap parah harus segera dilakukan tindak perawatan bersama dokter. Jika sudah mengindikasi adanya penyakit menular seksual, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu guna mengetahui jenis perawatan yang tepat.

Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik untuk selangkangan gatal dan perih adalah melakukan pemeriksaan dengan dokter Kami di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik terbaik yang berada di Jakarta. Klinik kesehatan ini sudah terpecaya dalam menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan kelamin karena telah menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.

Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan medis terbaik pada perawatan serta pemeriksaan rutin sehingga pasien merasa puas dan nyaman. Selain itu, biaya perawatan di klinik ini terjangkau dan disesuaikan dengan kantong masing-masing. Untuk itu segera lakukan konsultasi sebelum penyakit bertambah parah. Informasi lebih lanjut, hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

56660cookie-checkApa Selangkangan Gatal dan Perih Bisa Dihindari?