Apa Penyebab Penyakit Kulit Selangkangan yang Gatal?

penyakit kulit selangkangan

Penyakit kulit selangkangan gatal terjadi akibat infeksi jamur di bagian terluar dari kulit. Umumnya, selangakangan akan membuat penderitanya merasakan gatal pada selangkangan. Area selangkangan yang gatal, biasanya akan terlihat memerah dan mengelupas. Gatal selangkangan ini mudah diderita oleh penderita diabetes dan obesitas.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Beberapa Penyebab Lain dari Penyakit Gatal Selangkangan

Tak hanya faktor medis tersebut, seseorang juga bisa menderita penyakit kulit selangkangan gatal karena beberapa penyebab lain. Jika Anda aktif secara seksual, penyakit gatal selangkangan bisa terjadi akibat penyakit menular seksual seperti herpes genital, sipilis, infeksi kutu, serta kutil kelamin. Berikut penyebab lain dari penyakit kulit selangkangan yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak menjaga kebersihan alat kelamin

Selangkangan merupakan salah satu area tubuh yang selalu tertutup sehingga membuatnya jauh lebih hangat. Jika Anda tidak rutin membersihkan organ kelamin, maka bisa membuat daerah tersebut berkeringat dan lembab. Selain itu, bisa pula disebabkan adanya rambut kelamin yang membuat keringat, sel kulit mati, dan kuman rentan berkembang biak.

  • Mengalami iritasi

Terjadinya gesekan antara paha dan selangkangan dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif dan meradang. Peradangan pada lapisan kulit luar ini bisa menyebabkan kemerahan, ruam seperti luka bakar, hingga gatal berlebih. Jika dibiarkan dan tidak segera diobati, maka lecet akan semakin parah terutama saat kulit basah atau mudah lembab.

  • Dermatitis kontak

Dermatitis kontak dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun, terutama pangkal paha, Ada dua jenis dermatitis kontak, yakni alergi dan iritasi. Biasanya, dermatitis kontak alergi muncul pada orang-orang yang sensitif terhadap zat tertentu. Sementara, dermatitis kontak iritasi terjadi ketika kulit alergi terhadap zat tertentu hingga mengalami peradangan.

penyakit kulit selangkangan

Cara Menyembuhkan Gatal yang Terjadi di Selangkangan

Timbulnya gejala penyakit kulit selangkangan gatal bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak nyaman dan terganggu ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Karena itu, untuk mengatasi penyakit kulit selangkangan ini Anda perlu memeriksakannya ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan resep obat krim atau salep antijamur pada penderita.

Selain itu, sebaiknya Anda juga selalu mencuci bersih area yang terinfeksi dengan sabun dan air sebelum mengaplikasikan obat tersebut. Meski gejala sudah mereda, jangan hentikan pemakaian obat dan tetap ikuti durasi penggunaan sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter. Hindari menggaruk area yang gatal karena bisa menyebabkan terjadinya infeksi bakteri lain. Beberapa upaya pencegahan penyakit kulit selangkangan yang gatal lainnya, yakni:

  • Jangan berbagi handuk atau pakaian dengan penderitanya.
  • Segera ganti celana dalam jika dirasa sudah terasa lembab.
  • Gunakan kondom ketika berhubungan seks dengan orang lain.
  • Pakai alas kaki ketika berada di kamar mandi umum.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik untuk penyakit kulit selangkangan yang gatal akibat infeksi dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Klinik ini dilengkapi dengan peralatan medis canggih berteknologi modern sehingga proses penyembuhan dapat berlangsung dengan cepat.

Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan maksimal selama perawatan maupun pemeriksaan rutin sehingga pasien mendapatkan kepuasaan dan kenyamanan. Sebelum perawatan dilakukan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu guna mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

196490cookie-checkApa Penyebab Penyakit Kulit Selangkangan yang Gatal?