Catat! Apa Itu Cystitis dan Cara Pencegahannya

apa itu cystitis

Apa itu Cystitis? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasannya. Wanita sebaiknya mengetahui penyakit yang satu ini, karena cystitis merupakan salah satu masalah kesehatan yang biasa menyerang kaum wanita. Namun cystitis ini juga dapat dialami oleh pria, meskipun penderitanya kebanyakan adalah wanita. Cystitis adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Cystitis bukanlah masalah kesehatan yang serius meskipun disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.

Meskipun tidak serius, namun gejala yang ditimbulkan oleh cystitis ini bisa sangat mengganggu. Wanita paling banyak mengalami cystitis, hal ini karena bentuk uretra dari wanita lebih pendek jika dibandingkan dengan lelaki. Itulah yang membuat bakteri di anus lebih mudah masuk ke dalam bagian kandung kemih. Untuk mengenalinya, silahkan simak informasi mengenai gejala, penyebab, maupun bahaya dari cystitis ini.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Ciri-Ciri Terjadinya Cystitis

Tak hanya dialami oleh orang dewasa, apa itu cystitis juga dapat terjadi pada wanita. Tanda bahwa seseorang terkena cystitis biasanya mengalami beberapa gejala seperti berikut ini :

  • Jumlah urin yang dikeluarkan lebih sedikit, namun frekuensinya menjadi bertambah.
  • Rasa terbakar dan sakit saat kencing.
  • Demam dan tidak enak badan.
  • Rasa nyeri di sekitar perut bagian bawah.
  • Terdapat darah pada urin.

Jika cystitis terjadi pada anak-anak, biasanya akan disertai gejala lain seperti muntah, lemas, rewel, sering mengompol, serta demam tinggi. Saat gejala tersebut dibiarkan tanpa pengobatan, maka akan memicu terjadinya komplikasi seperti infeksi ginjal dan hematuria atau pendarahan yang terjadi pada saluran kemih.

Penyebab Sekaligus Faktor Risiko Cystitis

Apa itu cystitis? Yaitu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh adanya perkembangbiakan bakteri yang melebihi batas normal. Bakteri ini sebenarnya memang telah ada di kulit maupun usus. Biasanya bakteri ini masuk ke anus melalui aktivitas membersihkan alat kelamin yang salah. Seharusnya membersihkan kelamin dilakukan dari depan ke depan, namun saat aktivitas membersihkan dilakukan dari anus ke depan, maka bakteri bisa saja ikut dan masuk ke kandung kemih dan menyebabkan adanya peradangan.

Selain hal tersebut, berikut juga ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan risiko cystitis, yaitu :

  • Penyakit tertentu seperti pembesaran prostat pada pria, batu ginjal, maupun peradangan prostat yang sudah kronis.
  • Dampak menjalani kemoterapi.
  • Penggunaan bahan kimia yang biasanya terdapat pada sabun pembersih organ intim.
  • Menggunakan obat-obatan untuk radioterapi.

Untuk mencegah cystitis, maka Anda harus menjauhi hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya cystitis. Ada berbagai macam bakteri yang menyebabkan adanya cystitis ini, hanya saja yang paling sering ditemukan adalah bakteria E.coli.

apa itu cystitis

Pencegahan Terhadap Cystitis

Meskipun bukan penyakit yang serius, namun jika cystitis sering kambuh dengan gejalanya, maka hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan dalam aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa hal seperti berikut ini dan mengenal lebih jauh mengenai apa itu cystitis.

  • Jangan menahan buang air kecil.
  • Biasakan untuk buang air kecil setiap kali selesai berhubungan seksual.
  • Gunakan sabun mandi ataupun sabun pembersih organ intim dengan bahan kimia yang aman.
  • Memakai celana dalam dengan bahan yang nyaman dipakai.
  • Membersihkan anus dengan cara yang benar yaitu dari depan ke belakang untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam anus dan akhirnya menginfeksi kanudng kemih.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Langkah Pengobatan Untuk Cystitis

Setelah mengetahui apa itu cystitis, gejala, serta penyebabnya, maka Anda sebaiknya juga mengetahui tentang bagaimana mengobati jika cystitis terjadi. Langkah pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Klinik Utama Sentosa merupakan tempat dimana Anda dapat melakukan pemeriksaan, konsultasi, sekaligus pengobatan terhadap berbagai masalah kesehatan terutama yang berkaitan dengan kesehatan kelamin.

Klinik kami dilengkapi dengan alat pengobatan medis yang lengkap serta dokter yang professional. Sampaikan masalah kesehatan Anda dengan datang langsung ke klinik kami atau dengan menggunakan layanan konsultasi gratis kami. Anda dapat berkonsultasi secara gratis untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai apa itu cystitis melalui nomor 081366657878.

73950cookie-checkCatat! Apa Itu Cystitis dan Cara Pencegahannya