Apa Saja Gejala Sistitis Secara Umum?

gejala sistitis

Gejala sistitis normalnya ditandai dengan perubahan pada air urin yang keluar dari organ kelamin. Sistitis merupakan peradangan atau inflamasi yang terjadi di kandung kemih. Masalah ini rentan diderita oleh wanita karena memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan pria. Infeksi terjadi akibat berpindahnya bakteri dari anus atau belakang ke dalam saluran kemih atau depan. Gejala sistitis yang masih ringan akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Beberapa Gejala Akibat Penyakit Sistitis

Gejala penyakit sistitis bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Pada umumnya, gejala yang diderita oleh orang dewasa lebih mudah dikenali, seperti keinginan buang air kecil yang berlebih, sakit serta perih ketika buang air kecil, urin yang keluar disertai dengan darah, dan perubahan warna urin menjadi keruh. Beberapa gejala yang umum dirasakan penderita penyakit sistitis, yaitu:

  • Munculnya rasa nyeri di perut bagian bawah.
  • Badan terasa mudah lelah disertai dengan demam.
  • Urin yang keluar berbau menyengat atau tidak sedap.
  • Intensitas urin yang dikeluarkan cenderung sedikit.

Pada anak-anak, gejala sistitis biasanya ditandai oleh demam dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celsius. Penderita sistitis yang masih berusia anak-anak juga bisa mengalami gejala lainnya, seperti lemas, mual atau muntah, rewel, dan sering mengompol. Jika gejala terus berlanjut, segera lakukan konsultasi bersama dengan dokter ahli.

Penyebab Serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Penyebab utama penyakit sistitis terjadi akibat infeksi salah satu bakteri yang tinggal di pencernaan, yakni Escherichia coli atau E.Coli.  Bakteri ini dapat menyebar dengan mudah pada wanita yang aktif secara seksual. Namun, wanita yang tidak aktif juga memiliki potensi besar mengalami infeksi karena area genital sering menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab sistitis. Selain infeksi bakteri, penyebab lain pada masalah sistitis ini, antara lain:

  • Penggunaan obat tertentu, seperti kemoterapi.
  • Baru selesai melakukan radiasi di daerah panggul.
  • Memakai kateter urin dalam jangka waktu panjang.
  • Penyakit tertentu, seperti diabetes dan batu ginjal.
  • Memakai sabun pembersih kelamin dengan bahan kimia.

Penanganan penyakit sistitis tergantung pada tingkat keparahan suatu penyakit. Pada kasus yang masih ringan, proses penyembuhan penyakit ini menjadi lebih singkat hanya dalam beberapa hari. Namun, jika gejala sistitis tak kunjung mereda maka dokter akan memberikan obat antibiotik. Penetapan dosis antibiotik akan disesuaikan oleh dokter dengan melihat jumlah bakteri dalam urin. Obat antibiotik untuk menangani sistitis diresepkan selama 3 sampai 7 hari dan seluruh obat harus dihabiskan.

Penyakit sistitis dapat dicegah dengan melakukan perubahan pada pola atau gaya hidup. Tindak pencegahan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti tidak terlalu sering menahan air urin di dalam kandung kemih, hindari penggunaan sabun pembersih dengan kandungan parfum, mengenakan pakaian dalam yang berbahan dasar katun, dan selalu membersihkan organ kelamin dari arah yang benar.

Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala sistitis dapat disembuhkan dengan melakukan perawatan penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.

Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan. Sebelum menentukan untuk melakukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi bersama staf medis berpengalaman di bidangnya guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

55210cookie-checkApa Saja Gejala Sistitis Secara Umum?